Rasanya hampir tidak ada orang yang tidak mengenal dua franchise populer di dunia yaitu One Piece dan Dragon Ball. Kepopuleran dua franchise tersebut bukan hanya terjadi di Jepang saja, melainkan juga ke luar Jepang. Meskipun usia kedua franchise ini sudah lebih dari dua dekade, kepopulerannya masih belum luntur. Justru saat ini Dragon Ball dan One Piece semakin banyak dikenal, khususnya bagi penggemar baru anime dan manga.

Menghadirkan karakter dari franchise lain di sebuah seri manga atau anime memang bukanlah sesuatu yang baru di industri anime atau manga atau komik. Para mangaka dan juga komikus biasanya menunjukan penghormatan mereka terhadap satu sama lain dengan menghadirkan referensi dari karakter ciptaan mangaka atau komikus yang mereka hormati.

Eiichiro Oda, selaku kreator dari seri One Piece, pernah mengakui bahwa Akira Toriyama, kreator dari franchise Dragon Ball, merupakan salah satu inspirasi terbesarnya dalam membuat manga. Bahkan, cerita dari seri One Piece pun memiliki pengaruh dari jalan cerita Dragon Ball. Namun, bagaimana jika kemudian Akira Toriyama mampu “memprediksi” kehadiran dari seri One Piece, yang mana dalam hal ini adalah sosok Monkey D. Luffy?

Salah seorang fan Dragon Ball dari Tiongkok tidak sengaja menemukan sosok “Luffy” dalam cerita di seri tersebut, ketika dia sedang membaca ulang chapter-chapter lama. Dalam sebuah panel yang memperlihatkan Cell sedang menginvasi sebuah desa, seorang penduduk dari desa tersebut terlihat mirip dengan sosok Monkey D. Luffy dengan menggunakan pakaian dan topi jerami.

Sebagian fans mungkin beranggapan bahwa hal ini merupakan bentuk penghormatan dari Akira Toriyama terhadap penerusnya, Eiichiro Oda. Apalagi, kedua mangaka ini berada di bawah satu perusahaan yang sama, sehingga kemunculan karakter dari manga lainnya bisa dianggap sebagai cameo, dan hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Namun, sebenarnya hal ini bukanlah sesuatu yang biasa.

Manga Dragon Ball sendiri berakhir pada 1995, sedangkan manga One Piece baru dirilis pada 1997 untuk manganya dan 1999 untuk animenya. Ada selisih dua tahun dari kedua seri manga tersebut, yang artinya sangat kecil peluang Akira Toriyama untuk menghadirkan sosok tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada Eiichiro Oda – meskipun bisa jadi juga Akira Toriyama sudah tahu terlebih dahulu karena Oda Sensei konsultasi kepada Toriyama Sensei.

Memang, kemungkinan besar dan paling masuk akal semua hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak disengaja. Tetapi, mengingat Oda Sensei merupakan penggemar dari Akira Toriyama, bisa jadi bahwa sosok dalam panel tersebut merupakan inspirasi dari Oda Sensei untuk menggambar sosok Monkey D. Luffy. Sehingga kemiripan dari bentuk karakter dan desain antara Luffy dan penduduk desa tersebut.

One Piece dan Dragon Ball sendiri sebenarnya pernah beberapa kali berkolaborasi, dan mempertemukan dua karakter utama mereka, Goku dan Luffy. Kolaborasi tersebut menjadi salah satu hal menarik yang pernah muncul dalam kedua seri manga tersebut, di mana Luffy dan Goku bisa saling berinteraksi. Ini juga seolah menjadi sebuah kolaborasi menarik antra Akira Toriyama dan juga Oda Sensei.

Menarik tentunya untuk melihat kolaborasi lainnya antara kedua franchise ini, karena para fans tentu akan sangat senang melihat hal tersebut dan menjadi sesuatu yang sangat dinantikan. Bahkan, mungkin kedua franchise ini bisa berkolaborasi dengan seri populer terbaru lainnya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah Akira toriyama memang “memprediksi” kemunculan Luffy?