Mutan adalah ras spesial yang kisahnya sudah mendarah daging di Marvel Universe. Jika tidak ada Mutan di Marvel, mungkin Marvel tidak akan memiliki jumlah karakternya sebanyak sekarang, mengingat komik X-Men selalu menghadirkan lebih banyak karakter super dibanding komik Marvel lainnya. Mutan mempunyai kekuatan yang beragam, dari mulai membaca pikiran, meniru penampilan orang lain, terbang, dan bahkan berumur panjang.

Salah satu mutan yang umurnya panjang adalah Wolverine, berkat kemampuan healing factornya, Wolverine diceritakan sudah berusia 200 tahunan. Seakan masih kurang tua, ada juga mutan yang konon sudah hidup pada zaman Mesir kuno, dia adalah Apocalypse yang usianya sudah lebih dari 5.000 tahun. Namun, ternyata ada yang jauh lebih tua lagi dari mereka berdua, bahkan usia para karakter ini membuat Apocalypse terlihat seperti anak kecil. Siapa saja mereka? Berikut 5 Mutan tertua di Marvel Universe!

Forever Man

Dari namanya kita sudah bisa tahu bahwa Forever Man sudah hidup “selamanya”. Sejak pertama kali melakukan debutnya di komik Spider-Woman #33 (1980), Forever Man diceritakan sebagai seorang mutan yang mempunyai kemampuan untuk hidup kembali setelah mati. Umurnya diperkirakan sudah menyentuh 6.000 tahun, di mana hal tersebut dibuktikan dengan keberadaannya pada zaman mesir kuno.

Pada saat teknologi modern sudah banyak digunakan di Bumi, Forever Man kesulitan untuk beradaptasi. Dia kemudian mengajak seorang supervillain bernama Turner D. Century untuk mengambalikan kejayaan masa lampau dengan menghancurkan teknologi. Ketika gagal, dia merasa frustrasi dengan kemammpuannya dan pergi ke Matahari untuk membunuh dirinya sendiri. Bukannya mati, dia malah menjadi menjadi makhluk matahari yang kembali ke Bumi untuk membuat kekacauan, sebelum akhirnya Avengers meringkus Forever Man.

Gaia

Gaia adalah salah satu mutan wanita terkuat yang pernah ada. Dia melakukan debutnya di komik Generation X #37 (1998), sebagai mutan yang memiliki kemampuan psikokinesis, manipulasi energi, dan abadi. Konon dia telah hidup di Bumi selama 17.000 tahun. Tidak ada yang bisa menjelaskan siapa sebenarnya Gaia, ada yang percaya bahwa dia adalah makhluk dari luar Bumi, tetapi hal tersebut belum bisa dibuktikan sampai sekarang.

Selama ribuan tahun dia menjaga sebuah mesin yang disebut The Universal Amalgamator, sebuah mesin yang bisa menggabungkan banyak kehidupan menjadi satu. Namun, setelah mesin tersebut hancur, akhirnya dia bebas memilih jalannya sendiri. Dia kemudian bergabung dengan sekelompok mutan yang disebut Generation X, sebelum akhirnya mendatangi sekolah X-Men dan menjadi salah satu peneliti di sana.

Selena Gallio

Usia Selena Gallio diperkirakan hampir sama seperti Gaia. Dia lahir 15 abad sebelum masehi, artinya usianya sudah mencapai 17.000 tahun. Selena melakukan debutnya di komik New Mutants #9 (1983), dia adalah seorang supervillain yang mempunyai kemampuan telekinesis, manipulasi api, hipnosis, dan ilusi. Selena sebenarnya tidak abadi, dia justru menua dengan cepat ketika menggunakan kekuatannya, tetapi dia bisa kembali muda dengan mencuri kehidupan orang lain.

Lady Phoenix

Lady Phoenix awalnya adalah seorang manusia purba bernama Firehair. Sejak kecil dia ditinggalkan oleh orang tuanya dan diasuh oleh sekawanan serigala. Ketika remaja, Firehair menyadari bahwa dirinya adalah seorang mutan yang mempunyai kemampuan telekinesis dan telepati. Tidak bisa menguasai kekuatannya, dia kemudian mengalami kejadian tragis di mana dia secara tidak sengaja membunuh sebuah suku. Merasa marah, kemudian Firehair memaki para dewa karena takdirnya. Tidak lama setelah itu, Phoenix Force datang dari ruang angkasa dan langsung masuk ke dalam tubuhnya.

Sementara awalnya Firehair tidak bisa menguasai kekuatan Phoenix Force, pada akhirnya dia bisa mengontrol sepenuhnya kekuatan terbesar dari galaksi tersebut dan mengambil nama Lady Phoenix. Sejak menjadi Lady Phoenix, dia banyak menggunakan kekuatannya untuk kebaikan, termasuk bergabung dengan Avengers 1.000.000 BC.Selain itu dia juga menjadi orang Bumi pertama yang menguasai Phoenix Force, di mana kekuatan tersebut membuatnya hampir hidup selama 1 juta tahun.

Obliterator

Seakan Lady Phoenix masih kurang tua, mutan yang satu ini tercatat mempunyai umur 5 juta tahun. Sebagai mutan tertua, Maht Pacle alias Obliterator adalah alien jahat yang menggunakan kekuatan untuk membunuh orang-orang yang menghalangi jalannya. Pertama kali diceritakan di komik Silver Surfer Vol. 3 #4 (1987), Obliterator diceritakan menyerang banyak planet dan membunuh semua makhluk di dalamnya.

Sampai akhirnya dia bergabung dengan sebuah kelompok makhluk abadi yang disebut Elders of the Universe, termasuk di dalamnya ada karakter Grandmaster dan Collector. Melihat keabadiannya, para anggota EU memberinya energi primodial yang membuatnya makin sakti.

Kelima mutan tertua ini membuktikan bahwa mereka adalah makhluk istimewa yang bisa menggunakan kekuatannya untuk hidup berjuta-juta tahun. Dengan umur yang panjang tersebut, mereka jadi bisa memiliki banyak pengalaman dan kekuatan baru yang membuat mereka menjadi salah satu makhluk terkuat di Marvel Universe.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.