John Wick adalah waralaba film aksi yang cukup fenomenal. Dimulai dengan John Wick (2014) yang menceritakan sekelompok pembunuh anjing, berakhir dengan kisah terbarunya di John Wick: Chapter 3 – Parabellum (2019) yang bercerita tentang perburuan John Wick (Keanu Reeves) secara besar-besaran oleh para pembunuh bayaran di seluruh dunia. Awal tahun depan Wick akan kembali mengamuk di film John Wick 4: Hagakure, setelah sebelumnya dibuang oleh para High Table.

Dengan masalah yang sepertinya tidak pernah ada habisnya, nasib John Wick kedepannya menjadi sulit untuk diprediksi. Kesatu karena banyak musuh yang memburunya, kedua karena Wick sendiri sangat sulit mati. Mengingat Lionsgate sudah mengonfirmasi bahwa John Wick: Chapter 5 akan digarap pada masa yang akan datang, film tersebut bisa menjadi akhir yang tepat bagi John Wick. Namun, akhir seperti apa yang “tepat” untuk John Wick? Berikut 3 kemungkinan ending waralaba John Wick!

John Wick Menghancurkan High Table

Cukup jelas bahwa John Wick menghadapi masalah yang terus meningkat dari film ke film. Di film John Wick dia awalnya hanya menghadapi sekelompok pencuri yang berakhir dengan para mafia Rusia. Kemudian di John Wick: Chapter 2, dia harus menghadapi gangster Italia berskala internasional. Dan di John Wick: Chapter 3 – Parabellum dia harus berhadapan dengan High Table dan para pembunuh bayaran di seluruh dunia. Namun, pada akhirnya sang Baba Yaga selalu berhasil mengatasi semua masalah, berapa pun besarnya.

John-Wick-Parabellum-Artist-Poster.jpg (1400×700)

Kemungkinan besar di film John Wick 4 Hagakure nanti, Wick dan Bowery King akan menemukan cara untuk mengalahkan para High Table yang telah membuang mereka di Parabellum. Karena Wick sudah terbiasa dengan masalah yang membesar di setiap filmnya, pada akhirnya Wick bisa saja menghancurkan High Table dengan membunuh kedua belas bos penjahat yang merupakan anggotanya. Karena hanya dengan begitu Wick bisa bebas dari para pembunuh yang memburunya. Walaupun mungkin ada kemungkinan juga Wick akan tewas setelah menghancurkan kelompok regulator pembunuh tersebut.

John Wick Menjadi High Table

Skemanya hampir sama seperti teori John Wick menghancurkan High Table. Namun di sini, pada akhirnya Wick akan tetap hidup sebagai pelaku, saksi, sekaligus korban pertempurannya bersama High Table. Setelah membunuh kedua belas anggota High Table, termasuk sang pemimpin yang disebut The Elder, Wick akan menjadi orang paling kuat dan disegani di semesta John Wick. Dengan begitu tidak ada jalan lain bagi para pembunuh bayaran yang tersisa, untuk memilihnya menjadi pemimpin baru High Table menggantikan The Elder.

Walaupun secara kepemipinan masih perlu di asah, tetapi Wick bisa mengelilingi dirinya dengan orang-orang kepercayaannya yang bisa melengkapi kepemimpinan di High Table, salah satunya Bowery King. Dan dengan posisi barunya ini, Wick akan dengan mudah membuat peraturan baru High Table di mana para pembunuh bayaran bisa pensiun dan berkeluarga seperti dirinya, tetapi dengan aturan tambahan bahwa mereka tidak boleh diganggu oleh siapa pun, bahkan oleh pencuri seperti yang telah membunuh anjingnya. Tampaknya Wick akan dengan mudah menjadi sosok pemimpin High Table yang ditakuti.

John Wick Berdamai Dengan Takdirnya

Rasanya tidak mungkin kedamaian dapat dirasakan oleh seorang pembunuh bayaran seperti John Wick. Satu-satunya cara untuk merasakan hal tersebut adalah dengan “berdamai dengan ketidak-damaian”. Wick hanya bisa berdamai jika pada akhirnya dia menerima dengan ikhlas hidupnya yang penuh dengan kekerasan, darah, dan peluru. Dengan begitu dia akan mencapai tahap akhir dari siklus yang disebut Five Stages of Grief (Lima Tahap Kesedihan).

Jika diperhatikan, Geeks, perjalanan hidup Wick di filmnya mirip seperti siklus Five Stages of Grief, yang dimulai berurutan dari penolakan, marah, memilah, depresi, sampai akhirnya menerima. Di film John Wick, Wick mengalami “penolakan” terhadap fakta kematian istrinya, kemudian anjingnya, dan mobilnya yang hilang. John Wick: Chapter 2 lebih fokus pada perasaan “marah” Wick yang membunuh dengan membabi buta. Dan di film John Wick: Chapter 3 – Parabellum, dia berusaha untuk lari dari kejaran para pembunuh sambil mencari cara untuk bisa terbebas dengan “memilah” kesepakatan yang bisa dia ambil.

Dari siklus Five Stages of Grief tinggal tersisa “depresi dan menerima”. Di mana kemungkinan di film John Wick 4 Hagakure, Wick akan merasakan “depresi” terdalamnya ketika dia tidak memiliki apapun selain dirinya, sedangkan di hatinya ada perasaan marah dan luka yang menganga akibat dikhianati dan dilecehkan di film Parabellum. Sampai nanti di akhir film, Wick diperlihatkan bisa “menerima” fakta bahwa takdirnya memang sebagai seorang pembunuh bayaran yang tidak bisa bahagia.

Kedepannya perasaan “menerima” John Wick yang diperlihatkan di ending John Wick 4 Hagakure bisa menjadi modal awal cerita Chapter 5. Setelah melewati semua siklus Five Stages of Grief ini, pada akhirnya John Wick baru bisa mati dengan tenang. Itu pun kalau ada yang bisa membunuhnya ya, Geeks. 

Bagaimana, Geeks, apakah kalian setuju dengan 3 kemungkinan ending John Wick 4 Hagakure ini? Memang benar bahwa pada akhirnya hanya penulis film Hagakure yang bisa menentukan ending filmnya sendiri. Namun, bukan berarti 3 kemungkinan di sini tidak akan pernah terjadi. Karena penonton adalah segalanya, sehingga bukan tidak mungkin naskahnya akan mirip seperti teori para penggemar, tiga diantaranya yang sedang kita bahas ini. Untuk membuktikannya jangan lupa saksikan John Wick 4 Hagakure saat perilisannya di bioskop pada tanggal 27 Mei 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.