Laugh Tale merupakan sebuah pulau legendaris dan juga misterius yang diperkenalkan dalam seri One Piece. Setiap bajak laut memiliki mimpi untuk bisa pergi dan menginjakan kaki di pulau tersebut. Namun, sejauh ini baru ada satu bajak laut saja yang diketahui berhasil menuju pulau tersebut. Sosok tersebut tidak lain adalah Gol D. Roger.

Sampai sejauh ini Eiichiro Oda masih belum banyak memberikan informasi mengenai Laugh Tale dan apa saja yang ada di sana, selain diketahui ada potongan Poneglyph yang berisi berbagai sejarah dunia. Namun, ada banyak sekali teori yang sangat menarik yang berkaitan Laugh Tale. Salah satunya adalah Laugh Tale bukan hanya sekedar pulau yang menjadi tempat di mana One Piece berada.

Laugh Tale bisa jadi adalah tempat di mana Roger mendapatkan peningkatan kekuatan. Seperti yang kita ketahui, sosok Gol D. Roger merupakan karakter yang paling kuat di serinya. Kemampuannya hanya bisa disamai oleh Whitebeard. Gol D. Roger pun tidak memiliki kemampuan buah iblis. Pertanyaannya kemudian mengapa Roger bisa sangat kuat di serinya? Apakah semua itu akibat kemampuan Hakinya?

Sosok Roger semakin bertambah kuat setelah dia mencapai Laugh Tale. Artinya ada kemungkinan bahwa Laugh Tale merupakan rahasia di balik kekuatan sosok Roger. Dalam teorinya disebutkan bahwa ada tiga kemungkinan tentang Laugh Tale. Pertama, di Laugh Tale terdapat penduduk atau orang-orang yang memiliki kemampuan Haki yang sangat luar biasa.

Setelah peperangan yang terjadi berabad-abad yang lalu, mereka yang merupakan musuh dari Pemerintah Dunia tidak semuanya tewas. Sebagian dari mereka kemungkinan masih hidup dan mereka memutuskan untuk bersembunyi dari pihak Pemerintah Dunia. Dan cara terbaik untuk bisa menghilangkan jejak mereka adalah pergi ke sebuah tempat yang sangat sulit dicapai, yang mana tempat tersebut adalah Laugh Tale.

Ada kemungkinan bahwa mereka yang selamat dari peperangan tersebut beserta keturunannya masih hidup sampai sekarang di Laugh Tale. Setelah mencapai pulau misterius ini, Roger kemungkinan mengetahui tentang keberadaan mereka dan belajar tentang berbagai teknik Haki. Inilah yang kemudian menjadi jawaban mengapa Roger jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Kedua, sosok Roger bisa jadi sudah sangat kuat dengan kemampuan Hakinya. Namun, Laugh Tale berhasil meningkatkan kemampuan Hakinya. Laugh Tale bisa jadi merupakan surga bagi para pengguna Haki. Ada kemungkinan bahwa lingkungan atau alam di pulau tersebut membuat para pengguna Haki mampu dengan alami meningkatkan kemampuan Haki mereka.

Hal ini mungkin yang bisa menjelaskan mengapa Roger dan krunya memiliki kemampuan Haki yang dahsyat. Contoh nyatanya adalah Rayleigh atau Kozuki Oden. Ketiga, Laugh Tale menjadi tempat klan D berada. Seperti yang banyak diungkapkan dalam ceritanya, klan D merupakan musuh dari para “dewa” yang mana sosok yang dimaksud adalah kaum naga langit dan Pemerintah Dunia.

Sering kali klan D dianggap sebagai “pembawa bencana” dan “pembawa badai kehancuran.” Yang membuat mereka ketakutan akan klan D adalah bagaimana mereka tidak memiliki rasa takut terhadap apa pun. Dan hal tersebut bisa jadi ada kaitannya dengan kemampuan yang mereka miliki. Roger pada akhirnya bertemu dengan “leluhurnya” atau pemilik nama D lainnya di Laugh Tale, dan mereka pun kemudian mengajari Roger banyak hal.

Selain cara bertarung dan peningkatan kekuatan, mereka pun membeberkan berbagai rahasia dunia lainnya kepada Roger. Berdasarkan tiga kemungkinan tersebut wajar jika kemudian Roger jadi sosok yang paling kuat dan berbahaya di dunia setelah dia berhasil menuju Laugh Tale. Selain karena informasi yang dia ketahui tentang rahasia dunia, Roger juga diincar karena kekuatannya dianggap ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Semua itu masih sebatas teori ya Geeks. Bisa jadi tanpa itu semua, sosok Roger memang sudah sangatlah kuat sejak awal.