Roronoa Zoro merupakan salah satu dari tiga kekuatan utama bagi kelompok Topi Jerami. Dia dikenal karena kemampuan bertarungnya yang dahsyat. Dia merupakan seorang ahli pedang yang menggunakan teknik Santoryu, atau tiga pedang. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh ahli pedang lainnya. Selain itu, Zoro merupakan salah satu karakter yang mengalami perkembangan kekuatan yang sangat cepat, seperti halnya Luffy.

Zoro sendiri memiliki mimpi untuk menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Dan bergabungnya Zoro dengan kelompok Topi Jerami menjadi salah satu cara Zoro untuk bisa mewujudkan mimpinya tersebut. Menjadi salah satu karakter yang populer di seri One Piece, wajar jika Zoro sering mendapatkan perhatian dari para fans termasuk mengenai kebiasaan yang dia lakukan. Apa saja?

Tidur

Jika Geeks perhatikan, ketika kru Topi Jerami melakukan perjalanan – misalnya ketika mereka di laut – ketika para kru lain melakukan kegiatan seperti berenang atau memancing, maka yang Zoro lakukan adalah tertidur. Mengapa kemudian Zoro tertidur pada siang hari ketika semua kru melakukan aktivitas? Apakah Zoro adalah sosok yang pemalas? Tentu jawabannya adalah tidak.

8 Reasons Why Zoro Is Luffy's Best Crew Member in One Piece! | Dunia Games

Menurut Oda Sensei, seperti dijawab dalam kolom SBS, Zoro adalah karakter yang sulit tidur di malam hari. Menurut Oda, Zoro hanya tertidur kurang lebih sekitar tiga jam saja. Biasanya Zoro akan menjaga kapal ketika yang lain tertidur. Selain itu, Zoro juga sering kali menghabiskan waktunya untuk berlatih. Bahkan, latihan sudah menjadi hobinya. Karena itulah, Zoro sering kali tertidur akibat kelelahan.

Sering Tersesat

Rasanya Geeks sudah tahu bahwa kebiasaan Zoro yang satu ini merupakan salah satu sifat Zoro yang sangat populer di kalangan fans. Banyak karakter One Piece yang memiliki kelemahannya sendiri, dan Zoro adalah salah satunya. Zoro memiliki kelemahan terbesar dalam menentukan arah. Zoro selalu diperlihatkan gagal dalam menentukan arah, meskipun dia sudah mencoba mengingat tanda-tanda yang bisa menjadi petunjuk.

Zoro gets lost and Trafalgar mocks Zoro! One Piece 775 - YouTube

Tetapi, pada akhirnya, Zoro tetap harus kehilangan arah dan tidak tahu ke mana arah dia pergi. Kelemahan ini tentunya menjadi lelucon bagi Zoro, tetapi terkadang kelemahan ini berdampak besar bagi bajak laut Topi Jerami. Terkadang ketika Zoro dibutuhkan, Zoro akhirnya tersesat dan tidak bisa membantu kru lainnya. Oda sendiri tidak memiliki alasan spesifik mengapa Zoro memiliki kebiasaan ini, tetapi mungkin kebiasaan ini adalah salah satu lelucon yang dihadirkan Oda untuk karakter Zoro.

Jarang Akur dengan Sanji

Selain tersesat, salah satu kebiasaan Zoro yang juga banyak diketahui fans adalah bagaimana dia selalu bertengkar dengan Sanji. Sering kita melihat momen di mana Zoro dan Sanji saling bertengkar, bahkan mereka pun hampir bertarung menggunakan kekuatan mereka. Dalam artikel sebelumnya pernah dibahas bahwa ada kemungkinan hal ini dikarenakan perbedaan prinsip dari keduanya.

TimeSkip shots !! ZORO nd SANJI funny moments!! - YouTube

Contohnya adalah prinsip bagaimana mereka memandang wanita. Sanji beranggapan wanita adalah makhluk lembut yang harus dilindungi. Sementara Zoro beranggapan bahwa wanita adalah ancaman, dan sosok yang juga tidak kalah kuat. Namun, di balik semua itu, Zoro dan Sanji sendiri sering kali berjuang bersama. Seperti yang banyak disebutkan, Sanji dan Zoro adalah “sayap” bagi Luffy untuk menjadi raja bajak laut.

Minum Minuman Beralkohol

Jika Luffy memiliki satu hal yang sangat favorit yaitu daging, maka Zoro memiliki satu hal favorit yaitu minuman beralkohol, entah itu sake atau bir. Dalam berbagai cerita, sering kali Zoro diperlihatkan lebih senang minum minuman beralkohol dibandingkan makan seperti halnya Luffy atau kru lain. Yang menarik adalah meskipun Zoro sudah minum banyak minuman beralkohol, dia masih bisa mengendalikan dirinya.

Roronoa Zoro Minum Sake

Dengan kata lain, Zoro tidak pernah diperlihatkan mabuk. Berbeda dengan Kaido yang berubah menjadi sosok liar ketika dia mabuk akibat terlalu banyak minum sake. Yang juga menarik adalah meskipun Zoro banyak minum minuman beralkohol, dia tetap melakukan berbagai kegiatan latihan beratnya. Kebiasaan ini tentunya bukan sesuatu hal yang baik untuk ditiru semua orang.

Rela Berkorban

Zoro mungkin adalah sosok yang pemarah dan juga keras kepala. Namun, di balik semua sifatnya tersebut Zoro adalah sosok yang sangat setia dan rela berkorban demi teman-temannya. Dalam arc Enies Lobby, Zoro diperlihatkan membantu Usopp mengalahkan Kaku. Dan di arc Thriller bark, kita melihat bagaimana pengorbanan terbesar Zoro terhadap teman-temannya, terutama Luffy.

Pengorbanan Roronoa Zoro

Luffy yang tidak sadarkan diri akibat luka yang dia terima akibat pertarungan melawan Gecko Moria dan zombie Oars, akhirnya berhasil kembali bangkit setelah Kuma memindahkan rasa sakit tersebut kepada Zoro. Sebelumnya, Sanji yang hendak melakukan hal tersebut namun pada akhirnya Zorolah yang merelakan dirinya untuk menerima rasa sakit tersebut.