Pernahkah kalian bertanya-tanya masa lalu Monkey D. Dragon? Dia memang terkenal sebagai ayah Luffy dan pemimpin pasukan Revolusioner, namun masih banyak masa lalunya yang janggal dan belum dijelaskan hingga sekarang. Ayah Dragon, Garp, juga dikenal sebagai orang paling terpandang di Angkatan Laut, dan Garp sangat keras dalam mendidik keturunannya. Terbukti, ketika Luffy bercita-cita menjadi bajak laut, Garp adalah orang yang paling menentang keinginan Luffy.

Mungkin di masa lalu, Garp juga pernah memaksa Dragon untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut. Terbukti, beberapa orang dari Angkatan Laut seperti Smoker langsung mengenali Dragon ketika pertama kali bertemu. Padahal Dragon telah menyimpan identitasnya dengan sangat rapi, karena ia adalah seorang pemimpin pasukan Revolusioner, yang identitasnya sangat dirahasiakan.

Melihat reaksi Smoker ketika pertama kali bertemu di Loguetown, nampaknya Smoker telah mengenal Dragon cukup lama. Bisa jadi, mereka berdua di masa lalu adalah partner yang cukup solid di Angkatan Laut. Bahkan bisa jadi Dragon sempat menduduki kursi Admiral sebelum akhirnya memutuskan keluar dari Angkatan Laut.

Ada petunjuk lainnya bahwa Dragon adalah mantan Admiral. Seperti yang kita ketahui, ada tiga Admiral yang pernah menjabat sebelumnya yaitu Akainu, Aokiji, dan Kizaru. Oda yang suka memasukan hal-hal yang berkaitan mitologi mungkin melambangkan ketiganya sebagai tiga hewan mitologi Cina (sebenarnya empat hewan) yang merupakan penjaga empat lautan, yaitu lautan timur, barat, utara dan selatan. Laut Utara dijaga monyet kuning (Kizaru), Laut Selatan dijaga burung biru (Aokiji), Laut Barat dijaga anjing merah (Akainu) dan satu hewan lagi yaitu penjaga Laut Timur yaitu Naga Putih (Dragon).

Di mitologi tersebut, keempat hewan itu melayani seorang raja yang ternyata memiliki niat jahat. Hanya Naga Putih yang mengetahui kejahatan sang raja dan akhirnya meninggalkannya, sedangkan tiga hewan sisanya memiliki tanggapan yang beragam. Monyet kuning merasa tidak peduli dengan kejahatan sang raja dan lebih mementingkan jabatannya yang tinggi sebagai hewan penjaga. Sedangkan si burung biru mengetahui kejahatan sang raja namun malas untuk memberitahukannya pada orang lain dan berniat meninggalkan raja secara perlahan. Anjing merah yang sangat patuh, malah memilih untuk membela segala macam keputusan sang raja dengan alasan menjunjung tinggi “keadilan”.   

Jika Dragon benar-benar seorang mantan Admiral dan akhirnya berkhianat, wajar jika Akainu sangat membenci Luffy yang merupakan anak kandung Dragon. Dia mungkin khawatir akan muncul orang-orang seperti Dragon yang telah mengguncang keamanan dunia yang telah terjaga selama bertahun-tahun. Namun “keadilan” yang dianut mereka dengan Dragon nampaknya jauh berbeda.

Dragon mungkin memiliki ideologi berbeda mengenai “keadilan”. Dia mendapat pemahaman itu dari Garp, dan berharap bisa menerapkannya untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Namun tampaknya dia tidak bisa melakukannnya di Angkatan Laut karena konsep keadilannya berbeda dengan apa yang Dragon pahami. Sehingga itulah sebabnya Dragon memiliki dorongan kuat dan visi misi yang jelas untuk menjalankan organisasinya tersebut.

Tidak mungkin Dragon tiba-tiba mendirikan Pasukan Revolusioner tanpa alasan yang kuat. Dia juga telah mengkonsep visi misi organisasi agar bisa merekrut orang-orang hebat untuk membantunya hingga sekarang. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah Dragon benar-benar seorang mantan Admiral?