Luffy terkenal sebagai pengguna buah iblis Gomu gomu no Mi sejak awal serial One Piece. Dia menjadi lebih kuat, dan bisa bertahan hingga sekarang melawan banyak musuh yang kuat berkat kekuatan buah iblis tersebut. Namun ternyata kekuatan buah iblis ini mempunyai beberapa kelemahan yang cukup berbahaya. Bahkan efek samping dari buah iblis ini sempat membuat Luffy kerepotan. Berikut tiga kelemahan yang dimiliki buah iblis Gomu gomu no Mi.

Kekuatan Elastis yang Terbatas

Meski kekuatan dasarnya adalah karet, namun Gomu gomu no Mi tidak selamanya bisa membuat tubuh penggunanya menjadi sangat elastis. Buah iblis ini memiliki batasan tertentu, sehingga Luffy tidak bisa selamanya mengubah tubuhnya menjadi sangat elastis seperti karet. Terbukti ketika di arc Whole Cake Island, kulit Luffy perlahan robek dan berdarah ketika dia berusaha melepaskan diri dari dunia buku ciptaan Charlotte Mont d’or. Saat itu, dia mencoba melepaskan diri dengan cara memanjangkan tubuhnya hingga sangat tipis, namun akhirnya gagal. Jika Luffy terus mengandalkan kekuatan elastis dari Gomu gomu no Mi maka mungkin saja tubuhnya akan melemah seiring berjalannya waktu.

Dampak Besar dari Teknik Gear

Sejak awal Gomu gomu no Mi bukanlah buah iblis yang bisa membuat penggunanya menjadi kuat secara instant. Jadi Luffy harus mengakalinya, salah satunya dengan membuat teknik Gear. Gear adalah kreasi Luffy sendiri ketika dia bertarung di Enies Lobby. Teknik ini memiliki beberapa bentuk yang bisa membuat Luffy menjadi lebih kuat daripada sebelumnya.

Dengan gear, pembuluh darah Luffy menjadi sangat elastis layaknya karet, sehingga dia bisa menjadi sangat cepat, mampu memperbesar salah satu bagian tubuhnya, dan bisa mengkombinasikannya dengan Haki. Namun karena yang dia ubah menjadi karet adalah pembuluh darah, maka dampaknya pada kesehatan Luffy juga sangat besar. Stamina Luffy akan terkuras sangat cepat ketika dia menggunakan teknik Gear, sehingga dia memiliki batasan waktu tertentu.

Rentan Terkena Serangan Balik

Dengan memanfaatkan kekuatannya, Luffy bisa menyerang musuhnya dengan sangat cepat. Namun jika serangannya gagal, maka dia bisa terkena serangan balik dari lawan. Luffy memang bisa menyerang lawan dengan sangat cepat, dengan melayangkan tinju jarak jauh, namun diperlukan waktu yang cukup lama agar tangan atau anggota tubuh lainnya kembali ke posisi semula. Itu berarti, ada beberapa detik yang bisa digunakan lawan untuk menyerang balik anggota tubuh Luffy. Di beberapa pertarungan, Luffy sempat direpotkan karena efek ini, seperti ketika bertarung melawan Buggy, Sweet Commander dari bajak laut Big Mom, dan lain-lain. Nampaknya Luffy harus memikirkan cara terbaik untuk mengatasi kelemahan dari Gomu gomu no Mi.

Itu dia Geeks berbagai kelemahan fatal dari buah iblis Gomu Gomu. Walau memberikan kekuatan yang dahsyat, tetapi bukan berarti Gomu Gomu tanpa kelemahan. Terbukti dalam beberapa pertarungan, Luffy masih tetap kewalahan walau menggunakan kemampuan buah iblisnya. Apakah di masa depan Luffy akan mampu mengatasi kelemahannya? Kita tunggu aja ya Geeks di chapter terbarunya nanti.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.