Marvel Universe adalah semesta Marvel yang sudah terbentang selama bertahun-tahun sejak Marvel Comics pertama kali berdiri. Di dalam semesta tersebut terdapat ribuan karakter Marvel, dari mulai superhero, supervillain, anti-hero, anti-villain, sampai entitas kosmik yang biasanya misterius. Dari sekian banyak entitas kosmik, Celestials adalah makhluk misterius yang sudah ada sebelum Marvel Universe lahir. Namun, apakah benar Celestials adalah entitas tertua, atau ada yang jauh lebih tua lagi dari Celestials? Berikut 5 entitas kosmik yang konon lebih tua dari Celestials!

Beyonder

Pertama kali muncul di komik Marvel Super Heroes Secret Wars #1 (1984), Beyonder adalah entitas kosmik yang kehadirannya tidak pernah diharapkan oleh siapa pun di Marvel Universe. Karena setiap dia hadir, selalu terjadi perang antara universe, seperti yang terjadi di komik Secret Wars dan Secret Wars II. Terkenal sebagai makhluk yang sangat kuat dan tidak masuk akal, Beyonder selalu hadir dengan keinginan dan tujuan yang misterius.

Dalam kemunculan pertamanya, diceritakan bahwa dia tertarik dengan para karakter superhero dan supervillain di Marvel Universe, dia kemudian saling mengadu karakter Marvel tersebut di sebuah planet khusus untuk pertempuran yang disebut Battleworld. Beyonder bukan entitas asli Marvel Universe, dia datang dari lokasi yang melampaui alam semesta. Tidak ada yang tahu dari mana dia dan sejak kapan dia lahir, kemungkinan besar Beyonder jauh lebih tua dari Celestials.

Phoenix Force

Phoenix Force adalah entitas kosmik yang melambangkan kelahiran dan kebangkitan alam semesta. Pertama kali diceritakan di komik X-Men #101 (1976), Phoenix Force adalah sebuah sumber kekuatan yang sangat besar di Marvel Universe. Beberapa karakter Marvel yang pernah merasakan kekuatan Phoenix Force, pasti tidak akan bisa dikalahkan oleh siapa pun.

Konon Phoenix Force telah melakukan pengembaraan sejak alam semesta pertama kali dilahirkan. Dia adalah makhluk abadi yang akan kembali hidup setelah mati, jadi tidak ada yang tahu sejak kapan Phoenix Force lahir. Dengan keabadiannya, kemungkinan Phoenix Force sudah ada sebelum Celestials diciptakan.

First Firmament

Konon sebelum Marvel Universe tercipta, hanya ada satu entitas kosmik yang telah eksis, dia adalah First Firmament atau yang sering disebut sebagai First Cosmos. Meskipun dia baru melakukan debutnya pada tahun 2016 di komik Ultimates Vol. 3 #5, First Firmament adalah pencipta sebenarnya dari entitas kosmik Celestials.

Diceritakan bahwa pada awal mula Marvel Universe, First Firmament menciptakan dua jenis kehidupan, yaitu entitas hitam putih yang disebut Aspirants, dan entitas warna-warni yang disebut Celestials. Namun, penciptaannya tidak berakhir seperti yang dia rencanakan, karena pada akhirnya Celestials mengusir First Firmament keluar dari alam semesta. Dengan sejarahnya ini, cukup jelas bahwa First Firmament jauh lebih tua dari Celestials yang merupakan ciptaannya.

Living Tribunal

Sebagai salah satu makhluk yang menyaksikan penciptaan alam semesta, Living Tribunal adalah entitas kosmik yang keberadaannya tidak terbatas ruang dan waktu. Pertama kali melakukan debutnya di komik Strange Tales #158 (1967), Living Tribunal terkenal sebagai makhluk yang sering bertindak sebagai makhluk mahakuasa di Marvel Universe, tidak jelas apa alasan dan tujuan saat dia melakukan sesuatu.

Tidak ada yang tahu juga siapa yang menciptakan Living Tribunal dan seberapa tua umurnya, yang jelas dia jauh lebih tua dari “waktu” itu sendiri. Dia bahkan mempunyai kekuatan yang memungkinkannya bisa melihat awal dan akhir suatu alam semesta, termasuk Marvel Universe. Satu-satunya yang ditakuti oleh Living Tribunal adalah entitas kosmik One Above All. Apakah pencipta Living Tribunal adalah One Above All? Untuk saat ini belum ada informasi yang menjelaskan hal tersebut.

One Above All

Perlu dicatat bahwa One Above All yang dimaksud di sini bukan One Above All versi Celestials. OAA di sini adalah entitas kosmik yang jauh lebih kuat dari Celestials, bahkan dari semua makhluk di Marvel Universe. Pertama kali diceritakan di komik Doctor Strange #13 (1976), OAA adalah makhluk yang digambarkan sebagai Tuhan-nya Marvel. Dia adalah makhluk terkuat dan tercerdas yang bertanggung jawab atas terciptanya seluruh kehidupan yang ada di multiverse Marvel.

Konon OAA adalah representasi Stan Lee atau Jack Kirby di dalam kisah Marvel. Seperti yang kita tahu, Stan Lee dan Jack Kirby adalah orang pertama yang menghidupkan Marvel Comics sejak pertama kali berdiri dengan karya-karyanya. Jadi secara usia, sangat mungkin jika OAA adalah yang paling tua di antara semuanya.

Dengan sejarah kelima entitas kosmik ini, cukup jelas bahwa Celestials tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka, baik dari segi umur, maupun kekuatan. Menariknya, jika Celestials saja terkenal sebagai entitas kosmik yang sangat kuat dan mahakuasa, maka seberapa kuat entitas kosmik di daftar ini? Hanya Marvel yang mengetahuinya. Menurut kalian siapa lagi entitas kosmik yang lebih tua dari Celestials, Geeks?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.