Manjiro Sano alias Mikey nampak berbeda dalam pertempuran terbaru di seri manga Tokyo Revengers. Jika biasanya Mikey begitu bersemangat untuk menghajar musuh-musuhnya, namun kali ini dia nampak lebih santai dan lebih banyak memperhatikan situasi dan keadaan. Apakah Mikey sedang merencanakan sesuatu yang besar? Apa yang sedang Mikey tunggu sehingga dia tidak ikut bertarung?

Pertarungan tiga geng besar di Tokyo terjadi setelah kematian sosok Draken, akibat tertembak salah satu anggota geng Rokuhara Tandai. Sebenarnya pertempuran tersebut seharusnya terjadi beberapa dalam beberapa hari lagi. Namun, kematian Draken akhirnya mempercepat semuanya. Dan pertempuran tersebut bagaikan sebuah medan perang yang besar.

Banyak karakter-karakter kuat yang ikut bertarung dan menunjukan kemampuan mereka. Kita bisa melihat bagaimana sosok Terano South yang memiliki masa lalu mengerikan, di mana dia tumbuh sebagai seorang penjahat di Brazil sebelum kemudian dia kembali ke Jepang dan membentuk Rokuhara Tandai. Kemudian kita juga melihat dua sosok legendaris dari geng Black Dragon, Benkei dan Wakasa.

Manga Tokyo Revengers - Chapter 225 Page 5

Kedua legenda tersebut diperlihatkan saling bertarung, meskipun kemudian harus diakui bahwa tenaga dan kekuatan South nyatanya lebih besar dari mereka berdua. Kemudian di chapter 229 kemarin, kita pun akhirnya melihat aksi dari sosok Kawaragi Senju yang akhirnya mulai bergerak. Tanpa diduga, meskipun dia wanita dan berbadan kecil, Senju mampu menaklukan South.

Terdapat sebuah momen “unik” dalam pertempuran ini, di mana Mikey nampak lebih pasif. Dalam chapter sebelumnya, Kokonoi sempat bertanya kepada Mikey apakah dia akan ikut serta dalam pertempuran yang terjadi. Namun, Mikey mengatakan akan menyerahkan hal itu kepada yang lain. Peristiwa “aneh” ini pun bahkan dirasakan oleh salah satu mantan rekan Mikey, Kakucho.

Di chapter 229, Kakucho mengatakan bahwa sesuatu yang sangat jarang terjadi Mikey berada di pinggir medan pertempuran. Hal inilah yang kemudian memunculkan berbagai pertanyaan di kalangan fans. Apa yang sebenarnya direncanakan oleh Mikey? Mengapa dia memutuskan untuk tidak ikut bertarung seperti yang lainnya? Satu hal yang pasti, Mikey bukan menunggu lawannya melemah.

Manga Tokyo Revengers - Chapter 225 Page 8

Menunggu lawan lemah atau lengah sebelum kemudian menyerangnya bukanlah gaya bertarung dari Mikey. Biasanya Mikey berada di garis terdepan dan siap menghadapi siapa pun musuhnya. Bahkan, terkadang Mikey yang mendatangi musuhnya. Mikey mungkin menyadari sesuatu sehingga dia lebih memilih untuk tidak dahulu ikut campur dalam pertempuran ini.

Dia menunggu momen yang pas untuk kemudian mulai bergerak. Mungkin dia sedang menunggu sosok Takemichi untuk mendatanginya. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, sebelum Takemichi kembali ke tahun 2008, dia sempat bertemu dengan sosok Mikey dari masa depan yang jahat. Mikey akhirnya setuju meminta bantuan Takemichi untuk menolongnya keluar dari lubang hitam.

Dalam artikel lain pun sempat dibahas bahwa Mikey mungkin juga adalah salah satu time-leaper atau mereka yang mampu melakukan perjalanan waktu, seperti halnya Takemichi. Mikey sadar bahwa kemunculan Takemichi di medan pertempuran ini adalah untuk menghentikannya dan mencegahnya berubah menjadi sosok yang jahat. Sehingga dia lebih memilih untuk menunggu dan tidak terlalu ikut campur dalam pertempurannya.

Manga Tokyo Revengers - Chapter 229 Page 2

Bagaimana Mikey bisa berubah menjadi jahat pada masa yang akan datang masih belum diketahui alasannya. Namun, apa yang terjadi sekarang – yaitu kematian Draken – mungkin adalah penyebab dari hal tersebut. Di sisi lain, Mikey pun mungkin memiliki rencana besar lainnya. Mikey mungkin juga bukan menunggu Takemichi untuk berbicara atau semacamnya, melainkan untuk menghabisi nyawanya.

Draken adalah teman baik dan teman masa kecil dari Mikey. Draken bisa dibilang sudah dianggap sebagai kakak dari Mikey, menggantikan peran Shinichiro Sano yang merupakan kakak kandungnya yang sudah tewas. Mikey sudah banyak kehilangan orang-orang terdekatnya, seperti Shinichiro dan juga saudaranya yang lain, Emma, serta sahabat-sahabatnya. Kehilangan sosok Draken kemungkinan menjadi puncak kesedihan dan kekecewaan dari Mikey.

hananana semi ia on Twitter: "look at their hands..at first it was mikey trying to escape takemichi's grasp, then it was mikey allowing takemichi hold him, and then finally mikey gently squeezed

Seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya, Draken tewas setelah dia berusaha melindungi Takemichi yang merupakan target utama penyerangan. Sebelum tewas, Draken sempat memberikan pesan kepada Takemichi untuk disampaikan kepada Mikey. Draken juga berpesan kepada Takemichi untuk tidak membebankan semua kejadian kepadanya, karena itu bukan salahnya.

Tetapi, lain halnya dengan sosok Mikey. Dia beranggapan bahwa kematian Draken merupakan tanggung jawab Takemichi, karena Mikey menyadari bahwa setiap kali Takemichi melakukan sesuatu atau perubahan pasti akan ada kekacauan yang muncul. Dan dalam hal ini, Draken yang kemudian harus menjadi korban dari kekacauan Takemichi tersebut. Apakah kemudian Mikey akan benar-benar menghabisi nyawa Takemichi? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter berikutnya ya Geeks!