Semua orang yang tumbuh dengan konsol video game Nintendo pasti mengenal Donkey Kong. Diciptakan langsung oleh legenda Shigeru Miyamoto, Donkey Kong alias DK adalah seekor kera berwarna cokelat yang pertama kali muncul pada tahun 1981 sebagai antagonis di game Donkey Kong. Di game tersebut DK melemparkan banyak gentong kayu untuk menggagalkan misi Mario yang ingin menyelamatkan seorang wanita.

Walaupun sempat melakukan debutnya sebagai sosok kera yang menyeramkan, saat ini Donkey Kong lebih dikenal sebagai sosok protagonis yang sesekali menjadi sekutu Mario di banyak game Nintendo. Pada tahun 2020 lalu, Nintendo mengumumkan bahwa sebuah film animasi yang berfokus pada karakter Mario akan segera mereka garap bersama Illumination Studios (Despicable Me dan Minions). Selain Mario, film animasi Super Mario Bros. juga akan melibatkan Donkey Kong yang disuarakan oleh Seth Rogen.

Menariknya, sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Donkey Kong dari Seth Rogen akan mempunyai film solonya sendiri yang digarap juga oleh Illumination Studios. Kabar baik ini pertama kali diberitakan oleh GiantFreakinRobot, yang juga mengatakan bahwa Donkey Kong bukan satu-satunya kera di film solonya tersebut. Ada banyak Kong lain yang berpotensi muncul di film Donkey Kong, seperti Donkey Kong Jr., Diddy Kong, dan Cranky Kong yang di film Super Mario Bros. disuarakan oleh Fred Armisen.

Sebelum muncul di film solonya nanti, Donkey Kong dipastikan akan muncul terlebih dahulu di film animasi Super Mario Bros. yang akan dirilis pada tanggal 21 December 2022. Selain Seth Rogen, film Super Mario Bros akan dibintangi juga oleh Chris Pratt sebagai Mario, Anya Taylor-Joy sebagai Princess Peach, Charlie Day sebagai Luigi, Jack Black sebagai Bowser, Keegan-Michael Key sebagai Toad, Fred Armisen sebagai Cranky Kong, Kevin Michael sebagai Kamek, dan Sebastian Maniscalco sebagai Foreman Spike.

Sepertinya Nintendo akan cukup serius dalam menggarap film-film animasinya ini. Hal tersebut kemungkinan mengarah pada Nintendo Cinematic Universe dengan banyak karakter ikonik Nintendo di dalamnya, termasuk Mario dan Donkey Kong. Untuk saat ini film animas Donkey Kong masih dalam tahap pengembangan, sehingga paling cepat kemungkinan akan dirilis pada tahun 2023.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.