Jougan merupakan salah satu misteri terbesar di seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan merupakan salah satu Doujutsu atau jutsu mata yang masih belum diketahui banyak mengenai informasinya. Sejauh ini, diketahui baru Boruto saja yang memiliki mata ini. Namun, kabarnya juga kemampun ini merupakan juga Dojutsu milik klan Otsutsuki.

Kekuatan dari Jougan sendiri belum dijelaskan secara sempurna, tetapi sejauh apa yang dihadirkan dalam ceritanya diketahui ketika diaktifkan Boruto bisa mengendalikan ruang dan waktu, serta mampu melihat lokasi titik lemah dari musuhnya. Kita juga masih belum tahu dari mana Boruto mendapatkan mata tersebut, meskipun banyak teori yang beredar di kalangan fans mencoba memecahkan misteri tersebut.

Berbicara mengenai Doujutsu Jougan, ada kemungkinan juga bahwa mata tersebut merupakan mata milik “dewa Otsutsuki.” Hal ini diperlihatkan dalam chapter 55 kemarin, ketika Isshiki memberikan informasi dan perintah kepada Code sebelum dia benar-benar menghilang. Isshiki memerintahkan Code untuk mencari Kawaki dan Boruto untuk kemudian diserahkan kepada jyuubi.

Apa Fungsi Sebenarnya Jougan Boruto? | Greenscene

Tujuannya tidak lain adalah memanen buah chakra dari pohon suci. Isshiki meminta Code untuk terus memanen pohon suci di berbagai planet, sampai kemudian Code berubah menjadi sosok ‘dewa Otsutsuki.’ Dalam salah satu panel yang mendukung perkataan dari Isshiki Otstsuki, kita melihat ada sosok besar dengan tiga mata di wajahnya dan juga banyak sekali mata di sekelilingnya.

Meskipun secara seni panel tersebut terlihat luar biasa, yang menarik adalah mata yang ada di panel tersebut. Mengingat mata di panel itu mirip dengan Jougan, banyak kemudian yang berasumsi bahwa mata tersebut adalah Jougan. Dengan kata lain, Jougan sebenarnya adalah mata yang dimiliki oleh dewa Otsutsuki, yang artinya bahwa Boruto memiliki mata seorang dewa.

Kemiripannya sendiri bisa dilihat dari warna pupilnya yang putih, mirip dengan pupil Jougan. Karena masih sangat sedikit informasi yang dihadirkan mengenai Jougan, ini masih sekedar spekulasi. Jika kemudian memang Jougan adalah mata dari dewa Otsutsuki, maka artinya Boruto akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat dan Boruto akan menjadi salah satu shinobi terkuat di dunia.

Criticism of Boruto 01

Hal ini memunculkan pertanyaan yang sempat dibahas di atas, yaitu dari mana Boruto mendapatkan mata tersebut dan bagaimana Boruto bisa mewarisi mata tersebut. Garis keturunan Boruto memiliki indikasi kuat kemungkinan dia mewarisi mata Jougan. Ibunya, Hinata Hyuga, merupakan bagian dari klan Hyuga yang merupakan keturunan dari Hamura Otsutsuki. Hinata juga mendapatkan chakra milik Hamura dalam Naruto: The Last Movie.

Ayahnya, Uzumaki Naruto, merupakan reinkarnasi dari Ashura Otsutsuki. Dia juga pernah menerima chakra dari Hagoromo Otsutsuki dan memiliki chakra Kurama di dalam tubuhnya. Gabungan dari gen Hinata dan Hyuga kemudian diwariskan kepada Boruto, yang mana hal itu kemudian bisa menjadi potensi bangkitnya Jougan. Jika memang benar begitu, artinya Boruto juga mewarisi chakra Kaguya Otsutsuki.

Everything We Know About the Otsutsuki God - YouTubePertanyaan selanjutnya adalah seberapa kuat kemudian kekuatan Jougan? Ketika Toneri Otsutsuki membantu Boruto untuk membangkitkan Doujutsu tersebut, dia mengatakan bahwa Boruto harus menggunakan mata ini pada masa yang akan datang untuk bisa selamat dan juga agar dia bisa menggunakan kekuatan Jougan secara maksimal. Momoshiki pun bahkan terkejut dan menunjukan ekspresi ketakutan, yang memberikan petunjuk seberapa dahsyat kekuatan Jougan.

Di sisi lain, Momoshiki pun mengatakan bahwa mata Jougan tersebut akan membawa kehancuran bagi semua orang, dan membawa penderitaan bagi pemiliknya. Masih harus kita tunggu seperti apa potensi sebenarnya dari Jougan, dan apakah Jougan akan memiliki peran besar dalam pertarungan melawan Code ini. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!