Patlabor The Movie (1989)

Patlabor merupakan waralaba yang berasal dari manga ciptaan sebuah grup bernama “Headger”. Grup ini terdiri dari beberapa anggota, salah satunya adalah Oshii dan Masami Yuki. Ketika mereka merilis Patlabor sebagai film anime, Oshii tentu menjadi sutradara dan Masami menjadi penulis skenario. Patlabor bercerita tentang kondisi kota Tokyo tahun 1999 yang carut-marut karena angka kriminal tinggi. Untuk menangani hal itu pihak pemerintah Jepang merancang robot canggih, untuk menekan kondisi yang tidak terkendali.

Meski film ini diawali dengan beberapa adegan yang cukup membosankan, namun pertarungan Mecha yang ada di dalamnya sangat menakjubkan. Beberapa penggemar menegaskan, satu-satunya yang bisa menyaingi pertarungan Mecha yang ada di film Patlabor hanyalah film Gundam.

Robot Carnival (1987)

Robot Carnival adalah salah satu film anime yang sangat populer dan absurd. Alur ceritanya yang aneh membuat para penonton menjadi penasaran, dan sangat sulit untuk menebak alur ceritanya. Robot Carnival adalah film antologi, jadi di dalamnya ada beberapa cerita yang berbeda namun sebenarnya memiliki satu hubungan yang sama. Seperti kisah seorang gadis muda yang jatuh cinta pada petugas taman hiburan yang berpakaian seperti robot, hinga kisah aneh mengenai seorang pria yang meninggalkan istrinya demi menikahi robot perempuan.

Kiki Delivery Service (1989)

Kiki Delivery Service adalah salah satu film Studio Ghibli yang sangat populer. Film ini disutradarai, ditulis, dan diproduksi Hayao Miyazaki. Kesuksesan Kiki Delivery Service membuat Walt Disney meliriknya dan merilis film ini dalam dubbing bahasa Inggris. Menceritakan tentang seorang penyihir bernama Kiki yang bercita-cita untuk menjadi penyihir sejati, dan memilih merantau selama satu tahun.

Sebenarnya Kiki Delivery Service diadaptasi dari sebuah light novel dengan judul yang sama karya Eiko Kadono. Namun Miyazaki selaku sutradara, produser dan penulis naskah film ini membuat pendekatan yang sedikit berbeda, dan hampir membuat film ini batal dibuat karena sempat diprotes penulis aslinya. Namun setelah berunding cukup panjang, akhirnya sang penulis menyerah dan mengijinkan pembuatan film ini tetap berjalan hingga sukses di pasaran.

Akira (1988)

Akira menjadi salah satu film anime paling terkenal pada masanya. Bahkan pihak luar negeri merilis film ini dalam dubbing bahasa Inggris, agar lebih mudah dinikmati semua orang. Akira menceritakan tentang keadaan kota Tokyo pasca terjadi perang nuklir yang semakin kacau. Ditengah-tengah kekacauan itu banyak bermunculan geng motor yang menguasai beberapa wilayah. Pada tahun 2020 Akira sempat rilis ulang dengan kualitas 4K, dan menjadi salah satu film yang masuk dalam deretan ketiga box office di Inggris.

Angel’s Egg (1985)

Angel’s Egg adalah salah satu film yang cukup aneh dengan dialog yang tergolong sedikit. Bahkan ada sebuah scene yang menampilkan kembali soundtrack film, dan ditambahi dengan suara angin yang cukup panjang. Angel’s Egg membahas tentang seorang gadis kecil yang selalu membawa telur di dalam pakaiannya. Disetiap perjalannya si wanita itu mengambil sebuah air untuk dibawa, hingga suatu ketika dia bertemu dengan seorang pejuang yang tertarik dengan telur tersebut.

Konon kabarnya film ini merupakan gambaran dari perasaan sang sutarada yaitu Oshii mengenai keimanannya sendiri. Bagi Oshii film ini dibangun perbadasarkan Feel pribadinya yang sangat mendalam mengenai agama yang dianutnya.

1
2