Belakangan ini, genre anime memang tengah beken. Semakin banyak orang yang menyaksikan tayangan-tayangan anime, dari mulai kalangan remaja hingga dewasa. Sebenarnya genre anime sudah ada sejak lama. Anime yang pertama bahkan lahir di Jepang tahun 1917. Sepanjang perjalanannya, tahun 80-an sepertinya menjadi era keemasan anime. Ada beberapa anime populer yang lahir pada era 80-an. Bahkan kepopulerannya masih bertahan hingga sekarang. Nah berikut 10 anime tahun 80-an terbaik yang bisa membuat kalian bernostalgia. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Urusei Yatsura 2: Beautiful Dreamer (1984)

Urusei Yutsura 2: Beautiful Dreamer merupakan salah satu anime yang cukup populer di tahun 80an. Animenya menceritakan tentang para siswa SMA Tomobiki-cho yang akan mengadakan pentas seni, namun ditengah-tengah persiapannya mereka mengalami fenomena aneh yang sangat mengejutkan. Kisahnya yang unik membuat film ini laris manis di pasaran. Kesuksesan film ini membuat tenar nama sutradaranya di tahun itu yaitu Oshii.

Vampire D Hunter (1985)

Vampire D Hunter adalah anime tahun 80-an yang diadaptasi dari novel karya Hideyuki Kikuchi. Menceritakan tentang seorang gadis muda yang meminta bantuan vampir hunter untuk membunuh vampir yang telah menggigitnya. Vampire D Hunter merupakan salah satu film anime paling sukses di Jepang ketika tahun perilisannya, dan menjadi film yang pertama kali memperkenalkan genre Dark Fantasy pada penikmat anime. Kepopuleran film ini menginspirasi beberapa anime di era sekarang, seperti Jojo Bizzare Adventure, Hellsing, Castlevenia, dan lain-lain.

Wicked City (1987)

Hideyuki Kikuchi adalah penulis yang cukup produktif menghasilkan karya pada tahun 80-an. Selain Vampire D Hunter, ada sebuah film anime yang juga berasal dari light novel miliknya yaitu Wicked City. Wicked City Menceritakan tentang keadaan dunia manusia dan dunia arwah yang telah membuat perjanjian perdamaian, hingga suatu ketika ada beberapa kelompok yang ingin merusak perdamaian tersebut.

Project ini menjadi film perdana bagi sang sutradara yaitu Yoshiaki Kawajiri, dan langsung menjadi film yang cukup sukses. Dia kemudian dipercaya untuk menyutradarai karya Kikuchi yang lain seperti A Wind Named Amnesia, Vampire Hunter D: Bloddlust dan lain-lain.

Grave Of The Fireflies (1988)

Grave of the Fireflies merupakan salah satu film anime dari Studi Ghibli yang hingga sekarang masih tetap terkenal. Menceritakan tentang masa-masa pasca Perang Dunia II di Jepang. Film ini mengangkat kisah yang sangat memilukan antara dua saudara yang masih terus berjuang, setelah kampung halaman mereka terkena ledakan bom atom dari Amerika. Film ini disutradarai dan ditulis Isao Tanaka, dan menjadi salah satu film anime berlatar belakang sejarah paling sukses.

Royal Space Force: The Wings Of Honneamise (1987)

Royal Space Force: The Wings of Honneamise merupakan film bergenre fiksi ilmiah yang cukup bermasalah pada tahun rilisnya. Selain karena kurang laku dipasaran, film ini juga mengalami perombakan yang cukup besar dari naskah awalnya. Royal Space Force: The Wings of Honneamise bercerita mengenai sebuah kerajaan yang ada di sebuah planet asing, dan ingin menerbangkan roket untuk pertama kalinya ke luar angkasa. Namun rencana itu ternyata mengalami banyak hambatan, salah satunya dari pihak kerajaan yang tidak suka dengan proyek itu.

Menurut kabar yang beredar sutrada dan produser film sempat bertengkar selama proses pembuatan berlangsung. Namun akhirnya pada tahun 1994 film ini kembali ditayangkan, dan menjadi cukup populer di kalangan penggemar. Film ini menginspirasi lahirnya film anime lain berjudul Neon Genesis Evangelion pada tahun 1995.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.