Sebagai karakter di komik superhero, sudah menjadi suatu keharusan bagi setiap karakternya mempunyai tampilan khasnya sendiri. Selain mempermudah karakternya untuk lebih dikenali, hal tersebut juga diperlukan agar karakternya tampak lebih keren. Biasanya bagian dari kostum karakter yang sering dipakai untuk membuatnya mencolok adalah jubah atau headgear. Sementara kita sudah sering melihat karakter Marvel dengan jubah, hanya sedikit karakter yang mempunyai headgear ikonik, yang secara tidak langsung membuatnya lebih unik. Untuk itu mari kita lihat 5 headgear terkeren di Marvel Universe!

Cerebro Professor X

Hampir semua penggemar setia Marvel pasti pernah mendengar Cerebro. Helm ikonik yang satu ini awalnya mempunyai ukuran yang sangat besar. Pertama kali diperkenalkan di komik X-Men #7, Cerebro adalah komputer canggih yang awalnya sebesar ruangan dan ditempatkan di X-Mansion. Cerebro dibuat oleh Profesor X dan dirancang untuk mendeteksi keberadaan mutan di seluruh dunia, di mana hal tersebut dilakukan oleh Professor X untuk mengajak para mutan bergabung di sekolah mutan yang didirikan olehnya.

Setelah mendapatkan beberapa kali pembaruan, akhirnya versi ketujuh Cerebro diperkenalkan di komik Powers of X Vol. 1 #5 (2019). Diceritakan bahwa Professor X meminta bantuan pada Forge untuk menciptakan Cerebro yang tidak hanya mendeteksi pikiran mutan saja, tetapi juga bisa menyalin setiap pikiran tersebut. Forge kemudian menggunakan teknologi bangsa Shi’ar dan berhasil menciptakan Cerebro 7.0 yang bisa dipakai sebagai helm. Membuatnya jauh lebih efektif dan efisien.

Helm Juggernaut

Sebagai mutan yang terkenal keras kepala, Juggernaut juga mempunyai kepala yang keras. Mempunyai nama asli Cain Marko, Juggernaut pertama kali melakukan debutnya di komik X-Men #12 (1965). Diceritakan bahwa dia adalah seorang preman yang bergabung dengan sekelompok pejuang mistis yang melayani Dewa Setan Cyttorak. Juggernaut memakai helm yang dibuat dari logam mistis misterius yang ditemukan di dimensi Crimson Cosmos Cyttorak. Dengan logam tersebut Juggernaut kemudian membuat headgear yang mebuat kepalanya sangat keras.

Helm Magneto

Magneto adalah mutan yang sejak awal mengenakan helm keren dan jubah sebagai ciri khasnya. Di balik bentuknya yang keren, ternyata helm yang dia kenakan bukan hanya sekadar untuk gaya. Sebagai rival dari Professor X, Magneto mengenakan helmnya untuk menangkal telepati dari Professor X, sehingga dia tidak akan bisa dikendalikan olehnya. Sementara asal-usulnya di komik tidak diceritakan, di film X‑Men: First Class (2011) diceritakan bahwa helm Magneto ini awalnya adalah milik Sebastian Shaw yang dibuat oleh ilmuwan Rusia pada awal 1960-an. Magneto mengambilnya setelah membunuh Sebastian.

Helm Reed Maker

Reed Maker adalah utimate Reed Richards dari Earth-1610 yang pertama kali melakukan debutnya di komik Ultimate Fantastic Four #1 (2004). Dia awalnya sama seperti Mister Fantastic di universe utama, tetapi sebuah kejadian mengubahnya menjadi gila dan jauh lebih sakti. Diceritakan bahwa setelah memakamkan para anggota Fantastic Four yang dibunuh oleh Doctor Doom di Latveria, Reed melamar Sue Storm dan langsung ditolak. Hal tersebut mengakibatkan tim Fantastic Four dibubarkan.

Reed yang menggila kemudian mencari kekuatan dengan berkeliling galaksi, sampai akhirnya dia dikenal sebagai “The Maker”. Sejak saat itu dia sering terlihat mengenakan kostum kerena yang meningkatkan kesaktiannya. Secara fungsi, belum jelas sejauh mana kekuatan yang dihasilkan oleh helmnya. Namun, cukup jelas bahwa helm tersebut membuatnya lebih keren sekaligus mengintimidasi.

Red Visor Smashtronaut

Kostum baru Hulk ini pertama kali diperlihatkan di komik Free Comic Book Day 2021: Avengers/Hulk #1, dalam kisah “Project: Smashtronaut”. Diceritakan bahwa Hulk menyerang markas A.I.M. dan mengalahkan M.O.D.O.K. untuk mengumpulkan bahan-bahan yang dia perlukan untuk membuat baju ruang angkasa. Dari penyerangan tersebut Hulk mendapatkan visor merah dan beberapa komponen canggih lainnya.

Menariknya, saat Iron Man yang mengenakan Hulkbuster bertarung dengan Hulk yang mengenakan Smashtronaut, Iron Man bisa melihat Bruce Banner sedang duduk memantau di balik Red Visor tersebut. Walaupun mungkin kostum Smashtronaut hanya sementara, Red Visor yang dikenakan Hulk terbukti membuatnya tampil lebih sangar sekaligus keren.

Menurut kalian Geeks, mana headgear paling keren di daftar ini, atau kalian punya bayangan sendiri tentang 5 headgear terkeren di Marvel Universe? Yang jelas dengan kelima headgear paling keren di Marvel Universe ini, dapat disimpulkan bahwa headgear memberi dampak yang signifikan terhadap para karakter yang mengenakannya, baik secara penampilan yang membuatnya tampak lebih keren, maupun secara fungsi yang membuatnya lebih sakti.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.