Kemunculan Marco di Wano mengejutkan banyak fans. Bagaimana tidak, Marco pada awalnya mengaku tidak bisa pergi ke Wano untuk membantu Luffy karena harus melindungi kampung halaman Whitebeard ketika Nekomamushi datang dan meminta bantuannya. Kedatangan Marco dan Nekomamushi serta Izo dalam pertempuran di Onigashima mampu membantu pasukan aliansi Luffy yang kalah jumlah.

Membantu Luffy mengalahkan Kaido dan Big Mom mungkin menjadi salah satu motivasi Marco untuk ikut dalam perang di Onigashima, namun bisa jadi Marco sebenarnya memiliki maksud lain mengapa dia kemudian mau ikut terlibat di sana. Lalu, kira-kira apa alasan lain tersebut? Terdapat sebuah teori yang menarik tentang Marco. Banyak fans meduga bahwa Marco kemungkinan adalah orang yang akan menuntun Luffy dan Topi Jerami menuju Road Poneglyph terakhir.

Road Poneglyph sendiri merupakan petunjuk penting untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Dan sejauh ini, di ceritanya sendiri sudah diperlihatkan tiga Road Poneglyph. Di mana kemudian lokasi Road Poneglyph terakhir tersebut berada? Menurut salah satu teori, bisa jadi benda paling penting tersebut disimpan di salah satu tempat teraman, yaitu pulau Sphinx yang merupakan kampung halaman Whitebeard.

Salah satu Road Poneglyph yang dianggap hilang berasal dari pulau manusia ikan, di mana Road Poneglyph tersebut sempat ditemukan oleh Roger. Terungkap bahwa dalam perjalanan Roger, sebuah Road Poneglyph tersimpan di hutan laut pulau manusia ikan, tepat di samping Poneglyph yang berisi permintaan Joy Boy terhadap para penghuni manusia ikan.

Setelah Gol D. Roger dieksekusi oleh angkatan laut, Whitebeard kemudian mengambil alih pulau manusia ikan dan menjadi salah satu wilayah yang ada di bawah kekuasaanya sampai dia tewas. Setelah Whitebeard tewas dalam peristiwa Marineford, Big Mom kemudian mengambil alih pulau manusia ikan. Big Mom sendiri memiliki satu Road Poneglyph, dan selama ini dia berlayar untuk mencari keberadaan Poneglyph terakhir.

Jika Big Mom tidak memiliki Road Poneglyph terakhir yang dimaksud, artinya Road Poneglyph tersebut menghilang ketika Whitebeard masih berkuasa. Bisa jadi Whitebeard, secara sembunyi-sembunyi, memindahkan Road Poneglyph terakhir ke pulau Sphinx demi melindungi pulau manusia ikan dari para pemburu Poneglyph. Pulau Sphinx sendiri merupakan sebuah pulau terpencil yang tidak berada di bawah kekuasaan Pemerintah Dunia.

Dengan keberadaan pulau yang tidak banyak diketahui oleh orang, membuat Whitebeard memutuskan untuk menyembunyikannya di pulau tersebut. Jadi, Road Poneglyph tersebut aman di bawah pengawasan Whitebeard, dan tidak akan ada orang yang menyadari atau bisa menemukannya. Marco kemungkinan akan membawa Luffy dan Topi Jerami ke pulau Sphinx ketika arc Wano selesai.

Selain kru bajak laut Roger, Marco juga kemungkinan memiliki pengetahuan yang lebih tentang One Piece dan juga rahasia dunia, apalagi Marco merupakan sosok yang cukup banyak dikenal oleh banyak orang sehingga dia banyak tahu tentang berbagai hal di dunia One Piece. Contohnya adalah ketika dia mengetahui tentang salah satu klan atau ras misterius yang disebutkan oleh Queen yaitu ras Lunarian.

Dengan pengetahuan yang dimiliki oleh Marco tersebut, bisa jadi Marco akan membeberkan sedikit petunjuk tentang rahasia besar tersebut. Apakah Marco pada akhirnya akan memberitahu dimana letak Road Poneglyph terakhir kepada Luffy? Kita nantikan saja ya GeeksĀ kelanjutan ceritanya!