Bagaimana sosok dari kelompok Topi Jerami jika mereka dideskripsikan dalam bentuk hewan? Ini tentu menjadi sebuah pertanyaan yang sangat menarik. Kelompok bajak laut Topi Jerami adalah kelompok bajak laut yang menjadi “pemeran utama” dalam seri One Piece. Kelompok bajak laut ini dipimpin oleh Monkey D. Luffy, yang sekaligus menjadi protagonis utama serinya.

Kelompok Topi Jerami sudah menghadirkan berbagai cerita menarik dalam seri One Piece sejak pertama mereka muncul. Hubungan diantara mereka membuat para fans ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Tidak banyak sekelompok karakter dari sebuah seri manga/anime mampu memberikan pengaruh terhadap para fans mereka.

Berbicara mengenai kelompok Topi Jerami, selalu ada hal menarik yang menjadi perhatian para fans. Contohnya adalah apa yang kemungkinan menjadi pekerjaan mereka ketika mereka tidak menjadi bajak laut. Membayangkan kru dari Topi Jerami hidup layaknya seperti kehidupan normal tentunya sangat menarik. Dan rasa penasaran dari para fans sendiri tidak berhenti sampai di situ. Salah seorang fan pernah bertanya seperti apa sosok kru Topi Jerami jika mereka adalah seekor hewan.

Dalam salah satu kolom SBS, seorang fan bertanya apa hewan yang bisa mewakili atau mendeskripsikan karakter dari para kru Topi Jerami. Ketika pertanyaan ini muncul pertama kali, saat itu kru Topi Jerami masih memiliki 6 kru saja. Dalam halaman berwarna (color spread) chapter 651 Oda kemudian memberikan gambaran lain dari para hewan tersebut pasca time-skip. Sebagian ada yang tetap sama, namun sebagian ada yang berubah.

Dalam halamannya diperlihatkan bahwa ada banyak sekali binatang unik seperti harimau, kelinci, naga, burung, panda merah, dan masih banyak lainnya. Dan hal ini membuat para fans berpendapat bahwa semua itu mungkin ada kaitannya dengan zodiak dalam penanggalan China atau shio. Dalam hal ini, badak diibaratkan mirip seperti Franky. Zoro mirip seperti harimau dan Sanji mirip seperti banteng.

Usopp mirip seperti hewan reptil sejenis iguana, Brook seperti jerapah, Luffy seperti kera, Robin seperti ayam jantan atau unggas atau burung, panda merah/anjing seperti Chopper, dan Nami seperti kucing. Sayangnya, Oda belum memberikan gambaran hewan untuk sosok Jinbe yang baru bergabung dengan kru ini. Jika diperhatikan, memang para karakter tersebut memiliki kemiripan sifat seperti gambaran hewan tersebut. Contohnya adalah Zoro yang memang mirip seperti seekor harimau secara sifat – dia adalah sosok yang pemberani dan tegas.

One Piece chapter 785 – Luffy's Lion Bazooka | 12Dimension

Kemudian, kita melihat bagaimana sosok Luffy memang sangat mirip seperti kera, baik dari tingkahnya atau pun wajahnya. Bahkan, nama keluarga mereka sendiri mengandung unsur kera atau monyet di dalamnya. Berbicara mengenai para binatang ini, Oda sering kali juga mengaitkannya dengan kekuatan. Contohnya adalah berbagai serangan atau form Gear 4 milik Luffy.

Terdapat form Snake Man atau serangan Leo Bazooka yang diambil dari hewan ular dan singa, yang kemungkinan diadaptasi dari hewan-hewan yang ada di Rusukaina. Zoro juga memiliki serangan yang berkaitan dengan hewan, apalagi hewan harimau. Contohnya adalah teknik yang dia gunakan ketika berhadapan dengan salah satu admiral angkatan laut, Fujitora, yaitu Tora Gari atau “Tiger Hunting.” Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan penggambaran tersebut Geeks?