New Gods awalnya direncanakan sebagai film DCEU yang akan menceritakan kisah para dewa baru dari Apokolips, yaitu Darkseid dan anak buahnya. Salah satu anggota New Gods yang pertama kali diperlihatkan di film Justice League (2017) karya Joss Whedon adalah Steppenwolf. Dia hadir sebagai villain utama yang menginvasi Bumi untuk mencari Mother Box sebagai bentuk penebusan dosanya terhadap Darkseid. Kemudian New Gods lebih dieksplorasi lagi di film Zack Snyder’s Justice League (2021) dengan kemunculan sang pemimpin Darkseid.

Setelah kampanye #ReleaseTheSnyderCut berhasil memaksa Warner Bros. untuk merilis ulang film Justice League, penggemar sangat puas dengan apa yang dihadirkan di film berdurasi 4 jam tersebut. Di akhir film, para anggota Justice League akhirnya berhasil mengalahkan Steppenwolf dan bertemu dengan New Gods lain, termasuk Darkseid, DeSaad dan Granny Goodness. Sementara penggemar sangat menantikan kisah New Gods setelah melihat versi lebih banyaknya di Zack Snyder’s Justice League, WB dan DC Films membatalkan film tersebut pada bulan April 2021.

Dan sekarang, terungkap alasan mengapa film New Gods dibatalkan. Dalam acara Radio Andy, penulis New Gods, Ava DuVernay mengatakan bahwa filmnya dibatalkan karena sebuah film lain. “Saya menyukai New Gods, yang sekarang proyeknya telah dibatalkan,” kata DuVernay. “Studio [Warner Bros.] memutuskan bahwa mereka tidak ingin menceritakan bagian tertentu dari semesta komik tersebut [New Gods] berdasarkan beberapa hal yang terjadi di film lain yang berhubungan dengan semestanya, jadi sebelum saya dan Tom King bisa menyelesaikan naskahnya, mereka menghentikannya.”

Film New Gods pertama kali diumumkan pada bulan Juli 2019, dengan DuVernay yang mengonfirmasi bahwa Darkseid akan debut di filmnya. Namun, pembatalannya pada bulan April lalu kemungkinan berhubungan dengan¬†film Zack Snyder’s Justice League¬†yang tayang perdana di layanan streaming HBO Max pada bulan Maret 2021.

Walaupun DeVurnay tidak menyebutkan secara gamblang bahwa film karya Zack Snyder adalah penyebabnya, tetapi cukup jelas karena pembatalan film New Gods diumumkan satu minggu setelah Zack Snyder’s Justice League dirilis. Pada saat itu WB juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak akan mengekplorasi lebih jauh semesta DCEU yang awalnya direncanakan oleh Zack Snyder. Tidak jelas apakah suatu saat nanti film New Gods akan kembali di garap atau tidak. Kita nantikan saja ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.