Doflamingo adalah seorang penjahat yang sangat kejam di dunia One Piece. Dia adalah salah satu mantan Shichibukai dan bajak laut yang terkenal sangat sadis pada setiap lawannya. Ketenaran Doflamingo bermula sejak dia masih kecil, hingga secara perlahan dia berhasil membentuk kelompok bajak lautnya sendiri.

Doflamingo juga terkenal di dunia bawah. Dia memiliki banyak koneksi ke setiap penjahat di dunia bawah. Orang-orang pun mengenalnya sebagai penjual senjata di pasar gelap. Jadi, setiap penjahat yang menginginkan senjata paling hebat bisa langsung mendapatkannya dari Doflamingo. Bahkan sesekali Doflamingo juga menyediakan buah iblis dengan harga yang sangat tinggi.

Doflamingo membangun relasinya di dunia bawah dengan cara menjual senjata secara rutin. Hampir setiap hari Doflamingo mendapatkan pasokan senjata dan buah iblis yang dia curi dari manapun. Bahkan Doflamingo sempat mencuri buah iblis buatan Dr. Vegapunk dan diedarkan secara terbuka di dunia bawah. Koneksi dunia bawah inilah yang pada akhirnya membuat Doflamingo bekerja sama dengan pemerintah dunia. Secara diam-diam, Doflaminggo mengedarkan senjata ilegal kepada mereka. Bahkan menurut informasi yang beredar, Doflamingo adalah satu-satunya orang yang menjadi perantara Pemerintah Dunia dengan Wano untuk urusan bisnis persenjataan ilegal, yang dilakukan bersama Orochi.

Padahal di masa lalu, Doflamingo adalah salah satu orang yang sangat membenci Pemerintah Dunia, terutama pihak Tenryuubito. Doflamingo adalah salah satu keturunan bangsawan yang memilih untuk keluar dari Mariejoa. Dulu, Homing (ayah Dofi) memilih keluar dari barisan Tenryuubito dan menjadi rakyat biasa. Namun karena reputasi para Tenryubito yang buruk, membuat keluarga Doflamingo sering mendapat perlakuan buruk di masyarakat. Situasi itu berlangsung sangat lama, hingga membuat ibu Doflamingo tidak kuat dan akhirnya meninggal.

Merasa sering mengalami nasib buruk, Doflamingo melimpahkan semua rasa kesalnya pada sang ayah hingga dia membunuhnya. Sejak itu sifat Doflamingo berubah menjadi dingin dan lebih kejam. Dia tidak memiliki hati nurani layaknya manusia normal, dan mementingkan uang serta kekuasaan di atas segalanya. Usaha Doflamingo membuat para penjahat tertarik untuk menjadi temannya hingga sekarang.

Doflamingo juga menjalin kerja sama yang baik dengan para bajak laut jahat. Ketika Luffy dan kawan-kawan berhasil mengalahkan kelompok Donquixote di Dressrosa, ada banyak bajak laut jahat yang mencoba mengalahkan Luffy demi membalaskan dendam Doflamingo. Bahkan para all star dari bajak laut Beast sempat menyerang kapal Angkatan Laut yang membawa Doflamingo ke Impel Down, namun serangan itu gagal membebaskan Doflamingo.

Bisa jadi hingga sekarang, secara diam-diam, ada beberapa bajak laut yang masih berusaha membebaskan Doflamingo. Tertangkapnya Doflamingo membuat rekan-rekan bisnisnya merugi. Hanya Doflamingo yang mampu memberikan keuntungan besar, sehingga banyak partner bisnisnya tidak mencari pengganti Doflamingo. Bahkan Pemerintah Dunia secara diam-diam terpaksa mengutus CP-0 untuk mengurus bisnis mereka di Wano.

Itulah alasan CP-0 masih ada di Wano hingga sekarang. Selain untuk mengawasi pertarungan yang terjadi antara pihak Kaido dan aliansi Topi Jerami, mereka juga memantau perkembangan bisnis mereka sendiri. Hasil dari pertarungan Wano juga akan ikut mempengaruhi bisnis ilegal mereka kedepan. Sehingga pihak Pemerintah Dunia telah mengutus beberapa pasukannya menuju Wano, untuk segera mengambil alih kepemimpinan di Wano jika Orochi dan Kaido ternyata kalah.