Killer merupakan tangan kanan alias orang kepercayaan dan merupakan sahabat dari Eustass Kidd. Killer juga merupakan bagian dari kelompok bajak laut Kidd. Killer merupakan orang yang diketahui sangat kalem dan tenang, bahkan sangat jarang dia untuk mengeluarkan suara. Namun, hal itu bukan berarti dia lemah dalam bertarung. Justru dia adalah sosok tangguh yang selalu diandalkan oleh Kidd. Buktinya dia bisa menang menghadapi Basil Hawkins di chapter kemarin.

Sayangnya, akibat buah iblis SMILE, Killer sekarang tidak bisa menunjukan emosinya selain tertawa. Dan oleh karena itu, kemampuan bertarungnya pun sedikit menurun akibat keadaan mental yang tidak stabil. Seperti halnya para karakter lain, informasi mengenai Killer tidak terlalu banyak. Salah satu hal yang misterius dari Killer adalah mengapa dia menyembunyikan wajahnya? Hal tersebut memunculkan sebuah spekulasi di kalangan para fans bahwa Killer mungkin adalah bagian dari suku mata tiga (Three-Eye Tribe).

Wajah Killer

Ada beberapa hal yang mendukung teori tersebut. Pertama adalah wajahnya. Seperti yang disebutkan di atas, sampai saat ini kita belum pernah diperlihatkan keseluruhan wajah dari Killer. Dan hal ini mungkin sengaja dilakukan oleh Oda Sensei karena Killer “menyimpan” sesuatu. Saat Oda sensei menggambar Killer masih kecil, rambutnya hampir menutupi seluruh wajahnya. Saat menjadi Kamazo pun Oda sensei tidak memperlihatkan bagian dahi dari Killer, seperti halnya Pudding.

Dan mungkin ada alasan tertentu mengapa Killer melakukan hal tersebut. Killer sudah memperlihatkan sebagian wajahnya sebagai Kamazo, lalu mengapa dia harus menutup bagian atas kepalanya? Terdapat juga sebuah garis lurus di dahinya, ketika dia bertarung melawan Zoro. Jika memang Killer terluka, mungkin bentuk perbannya akan seperti Luffy saat di Rusukaina.

Mungkin, suku mata tiga adalah suku yang diburu oleh Pemerintah Dunia, sama seperti para cendikiawan di Ohara. Mereka diketahui mampu membaca Poneglyph. Karena itulah mereka memutuskan untuk menutupi identitasnya, dan itulah mungkin alasan mengapa Killer memakai topeng.

Mengapa Killer Adalah Suku Mata Tiga

Geeks mungkin penasaran mengapa Oda Sensei mau membuat karakter minor seperti Killer dengan berbagai hal yang spesial dan juga berbagai kemampuan yang kuat. Teorinya sendiri menyebutkan bahwa ada beberapa alasan untuk hal ini. Pertama, Kidd memang sengaja dibuat oleh Oda sensei sebagai rival bagi Luffy dan mimpi dari Kidd sendiri sama dengan Luffy.

Pin by Honey Senpai on One piece | One piece pictures, One piece images, One pieceJadi, rasanya masuk akal jika Oda sensei pun menghadirkan karakter yang bisa membaca Poneglyph di kru milik Kidd. Lagipula, untuk apa Kidd mencari keberadaan hasil salinan Poneglyph milik Big Mom (dengan asumsi bahwa itulah yang dia ambil) jika memang dia tidak memiliki seseorang yang bisa membacanya. Kidd sendiri rasanya sama seperti Luffy, mereka tidak terlalu pintar untuk membaca Poneglyph. Mereka butuh orang lain untuk melakukan hal itu.

Jika Luffy memiliki Robin sebagai sosok cerdas yang bisa membaca Poneglyph di kru Luffy, maka Kidd memiliki Killer. Selain Zoro, Killer adalah satu-satunya Worst Generation yang bukan kapten dan meskipun sangat tangguh dalam pertarungan, dia bukanlah yang terkuat. Sehingga, alasan yang paling logisnya adalah Killer memiliki “nilai” lainnya selain bertarung, yaitu kecerdasannya dan kemampuannya membaca Poneglyph.

Killer dan Kaido

Kita tahu bahwa Kaido mengetahui tentang suku mata tiga dan kekuatan mereka. Jadi, rasanya sangat aneh jika kemudian Kaido merubahnya – melalui Orochi – menjadi pengguna buah iblis SMILE tanpa alasan yang jelas. Ada dua skenario yang mungkin bisa jadi alasan mengapa Kaido kemudian merubah Killer menjadi pengguna buah SMILE.

Pertama adalah Killer kemungkinan melukai mata ketiganya, yang mana hal tersebut membuat Kaido marah dan akhirnya dia tidak lagi tertarik kepada Killer. Kaido kemudian memerintahkan Orochi untuk menyiksa Killer dan juga menjadikannya pengguna buah iblis SMILE. Skenario kedua adalah Killer menolak bekerja sama dengan Kaido, sehingga pada akhirnya Kaido memerintahkan Orochi untuk menghancurkan jiwa dan semangatnya, seperti yang dia lakukan terhadap Luffy dan Kid.

Jadi, kesimpulannya adalah Oda Sensei rasanya tidak akan menghadirkan sosok Killer jika tidak memiliki sesuatu yang “spesial” dalam dirinya. Jika Zoro ingin menjadi ahli pedang terbaik di dunia, maka Killer mungkin ingin membantu Kid mewujudkan mimpinya dengan sesuatu yang dia miliki. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah menurut kalian juga Killer adalah bagian dari suku mata tiga?