Optimus Prime adalah pemimpin Autobots yang kekuatannya sudah tidak diragukan lagi. Sebagai pemimpin Autobots, dia sangat disegani, dihormati, dan juga disayangi oleh para Autobots lain. Salah satu faktornya adalah karena dia lebih kuat dari Autobots lain. Optimus mampu mengangkat beban seberat 2.000 ton dengan mudah. Selain itu, dia juga termasuk cepat untuk ukuran Transformers yang berada di darat. Namun, bukan berarti dia tidak terkalahkan, karena ada beberapa Transformers yang bisa menyamai kekuatannya. Berikut 5 Transformers yang mempunyai kekuatan hampir sama dengan Optimus Prime.

Grimlock

Diantara Transformers lain, Grimlock adalah salah satu robot buas yang menakutkan. Sebagai Dinobot dia bisa berubah menjadi Tyrannosaurus rex. Konon kekuatannya setara dengan Optimus Prime dan Megatron, tetapi bedanya Grimlock mempunyai pemikiran buas yang membuatnya jauh lebih buruk. Saat berubah menjadi T-rex kekuatan gigitan rahang dan taringnya dapat merobek Transformers biasa dengan mudah. Menariknya lagi, dia bisa menyemburkan api dan menembakan sinar laser dari mulutnya.

Jetfire

Jetfire adalah Autobots pertama yang mempunyai kemampuan untuk terbang, hal itu karena mode perubahannya adalah pesawat. Walaupun Jetfire termasuk ke dalam ilmuwan Autobots, kekuatannya tidak bisa diremehkan. Kemungkinan kekuatan yang dia punya berasal dari jati diri aslinya, di mana dia awalnya adalah Decepticon. Sampai akhirnya menjadi anggota Autobots, kemampuan Jetfire mampu menyamai Optimus Prime untuk beberapa hal, seperti kepintaran dan kecepatannya.

Megatron

Perdebatan yang sering dibahas oleh para penggemar adalah siapa yang paling kuat di antara Megatron dan Optimus Prime. Hal itu karena setiap kali mereka bertarung, tidak pernah ada pemenang mutlak. Sebagai saingan Optimus, mungkin bisa dibilang Megatron lebih sering menang ketika satu lawan satu. Karena pada dasarnya Megatron memiliki kekuatan dan daya tahan yang setara dengan Optimus, tetapi dia dibekali dengan sifat licik yang kadang berhasil menipu Optimus. Selain itu, sebagai pemimpin Decepticons, Megatron juga sangat hebat dalam merancang strategi.

Shockwave

Sebagai villain yang menyebalkan, bisa dibilang Shockwave mempunyai kekuatan yang lebih besar daripada Transformers lain. Dalam sebuah pertarungan melawan Megatron, Shockwave terlihat mampu menyamai kekuatan pemimpin Decepticons tersebut. Hal itu didukung dengan persenjataannya yang lengkap. Dia mempunyai Hand Cannon yang ditenagai reaktor di punggungnya. Hal lain yang membuatnya sulit untuk dikalahkan adalah karena dia mempunyai kendaraan monster raksasa yang bernama Driller.

Ultra Magnus

Dari nama dan penampilannya saja, kita bisa mengetahui bahwa Ultra Magnus sangat kuat. Kekuatan dan kemampuannya digadang-gadang mampu mengalahkan Optimus Prime, walaupun itu tidak pernah dibuktikan karena Ultra Magnus adalah Autobots yang setia. Namun, dia pernah membuktikan kekuatannya dengan menumbangkan Decepticons Starscream dalam sekali pukul, serta mengangkat Solus Prime dengan mudah. Sementara Ultra Magnus tidak pernah bisa mengalahkan Megatron, dia cukup kuat untuk melawan Shockwave dengan satu tangan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.