Eternals adalah superhero Marvel berikutnya yang akan segera melakukan debutnya di Marvel Cinematic Universe. Di MCU, Eternals diperlihatkan sebagai ras kosmik yang diciptakan oleh Celestials, mereka mempunyai tugas untuk membimbing umat manusia dan melindunginya dari ras Deviants. Di Marvel Comics, Eternals melakukan debutnya pada tahun 70-an sebagai makhluk yang mendapatkan tugas dari Celestials untuk menjaga keseimbangan Bumi. Walaupun sekilas hampir sama, ternyata ada beberapa perbedaan antara versinya di MCU dan di Marvel Comics. Berikut perbedaan tersebut!

Status Eternals di Bumi

Di Marvel Comics, Eternals adalah makhluk yang diciptakan oleh Celestials sejak satu juta tahun yang lalu, mereka adalah hasil eksperimen Celestials terhadap DNA manusia purba. Jadi sejak awal, para Eternals memang sudah berada di Bumi. Berbeda dengan di MCU, Eternals diceritakan datang dari luar Bumi menggunakan pesawat alien berbentuk segitiga. Sejak kehadirannya 7.000 tahun yang lalu, Eternals membantu umat manusia menciptakan peradaban yang lebih maju.

Beberapa Gender di TukarĀ 

Sebagian penggemar mungkin sudah sadar bahwa ada beberapa Eternals versi MCU yang gendernya tidak sama seperti di Marvel Comics. Yang paling jelas adalah Ajak (Salma Hayek), Sprite (Lia McHugh), dan Makari (Lauren Ridloff), di komiknya mereka adalah pria, sedangkan di MCU mereka diperankan oleh aktor wanita. Selain itu, untuk pertama kalinya Marvel juga memperkenalkan Makkari sebagai Eternals tunarungu di filmnya. Dari penampilan juga mereka tampak berbeda. Misalnya, sementara Kingo di komik diperlihatkan seperti samurai, versi MCU-nya adalah seorang bintang Bollywood.

Kekuatan Lebih Unik

Di Marvel Comics, diceritakan bahwa pada dasarnya Eternals mempunyai kekuatan kosmik yang sama, mereka bisa terbang, menembakan laser, dan sebagainya. Namun, mereka mempunyai pilihan yang berbeda ketika akan memfokuskan kekuatannya, sehingga terkesan mereka mempunyai kekuatan super yang berbeda-beda. Di MCU, sejak awal mereka mempunyai kekuatan super yang berbeda-beda. Di mana masing-masing Eternals mempunya kekuatan supernya sendiri yang unik dan tidak bisa ditiru oleh Eternals lain, termasuk Ikaris yang bisa terbang, kemudian Thena yang bisa menciptakan senjata.

Pemimpin Baru

Perbedaan pemimpin Eternals adalah yang paling jelas di antara yang lain. Di Marvel Comics sebenarnya Eternals dipimpin oleh Zuras, Eternal pertama dan terkuat. Zuras bahkan jauh lebih kuat dari Ikaris, konon kekuatannya setara dengan Odin. Para Eternals lain sangat menghormati dan menuruti Zuras, termasuk Ajak yang di versi MCU-nya justru menjadi pemimpin Eternals. Di MCU, Zuras diganti oleh Ajak yang mempunyai kekuatan penyembuh. Diceritakan bahwa Ajak adalah satu-satunya yang bisa berkomunikasi dengan Celestials dia juga terlihat lebih bijaksana dari Eternals lain.

Hubungan “Spesial”

Satu hal yang paling menonjol di Eternals versi MCU adalah kisah romantis di antara para Eternals. Diceritakan bahwa Ikaris mempunyai hubungan yang spesial dengan Sersi sejak Eternals tiba di Bumi, kemudian di trailer Eternasl Druig juga terlihat sangat menyayangi Makkari, dan yang terakhir adalah Thena dan Gilgamesh yang terlihat mempunyai hubungan cukup dekat, walaupun tidak terlalu intim seperti dua pasangan sebelumnya. Di Marvel Comics, Ikaris tidak pernah berhubungan dengan Sersi, begitu juga dengan yang lain. Kisah romantis di antara para Eternals tidak terlalu di eksplorasi di komiknya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.