Dari sekian banyak superhero Marvel, bisa dibilang Spider-Man adalah salah satu karakter yang terkenal karena sifatnya yang periang dan ramah, bahkan terhadap musuhnya sekali pun. Namun, bukan berarti dia selalu seperti itu, dalam beberapa titik di Marvel Universe, Spider-Man keluar dari kebiasaannya dan menjadi karakter yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Pada beberapa kesempatan, Spider-Man hadir sebagai sosok yang menakutkan, baik Spider-Man dari universe utama maupun dari universe alternatif.

Sosok menakutkan yang paling terkenal dari Spider-Man adalah versi symbiote Spider-Man. Hal itu karena symbiote meningkatkan semua perasaan negatif dari diri Spider-Man, bahkan dia cenderung lebih kuat dan brutal. Contoh menakutkan lainnya adalah Doppelganger, makhluk mengerikan yang diciptakan oleh supervillain bernama Magus untuk mengejek Spider-Man. Doppelganger hadir dengan mulut menganga dan mempunyai enam lengan, yang membuatnya tampak seperti manusia laba-laba sungguhan.

Namun, baru-baru ini, Marvel mengungkap tampilan Spider-Man lain yang jauh lebih mengerikan. Spider-Man ini terungkap saat Marvel mengumumkan sebuah series komik Spider-Man baru berjudul Savage Spider-Man. Di sampul komiknya terlihat Spider-Man yang sedang menempel di jaringnya, tetapi dengan setengah tubuh yang berubah menjadi laba-laba sungguhan. Bahkan karena sangat mengerikannya, Spider-Man yang satu ini membuat komiknya lebih terasa seperti komik horor daripada superhero.

Komik 5 issue Savage Spider-Man ini akan ditulis oleh Joe Kelly dan digambar oleh Gerardo Sandoval. Marvel mejelaskan secara singkat Spider-Man di komik baru ini sebagai “binatang buas”. Bahkan editor Marvel Comics Nick Lowe mengatakan bahwa komik ini nantinya akan menghadikan Spider-Man yang lebih mengerikan dari sebelumnya. Perhatikan sampul Savage Spider-Man #1 di bawah ini:

“Kalian mungkin berpikir bahwa kalian pernah melihat Spider-Man yang mengerikan atau ganas sebelumnya, tetapi tidak pernah seperti ini [Savage Spider-Man],” kata Nick Lowe dalam pengumuman tersebut. “Komik ini sangat menegangkan sehingga kalian harus meletakkannya untuk menarik napas.”

Jika diperhatikan bahkan Spider-Man di sampul Savage Spider-Man memiliki abdomen atau perut laba-laba di belakangnya lengkap dengan bulu-bulu halusnya. Kemudian kaki kirinya juga berubah menjadi kaki laba-laba dengan tambahan beberapa kaki lagi di belakang. Jari-jari lengannya memanjang, merobek kostumnya. Dan yang lebih mengerikan adalah setengah kepala Spider-Man berubah menjadi seperti kepala laba-laba yang menakutkan dengan tambahan mata dan gigi taring.

Tampilan Spider-Man seperti laba-laba ini sebenarnya pernah diperlihatkan juga dalam bentuk Spider-Totem bernama Great Weaver di komik Amazing Spider-Man #527 (2005). Namun, Great Weaver hanya muncul dalam mimpi Peter Parker, bukan tubuhnya sendiri yang berubah menjadi laba-laba. Belum jelas apakah komik Savage Spider-Man nanti akan berhubungan dengan Great Weaver atau tidak.

Dengan masuknya komik Savage Spider-Man nanti, berarti Marvel akan mempunyai lebih banyak lagi komik Spider-Man unggulan yang sedang berjalan, termasuk Amazing Spider-Man, Symbiote Spider-Man: Crossroads, dan Miles Morales: Spider-Man. Belum jelas juga Spider-Man mana yang akan hadir di Savage Spider-Man, antara Peter Parker, Ben Reilly atau Miles Morales. Kita lihat saja nanti ketika komik Savage Spider-Man #1 dirilis pada bulan Februari 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.