Haki adalah sebuah sumber kekuatan yang ada di dunia One Piece. Kekuatan Haki berasal dari tekad seseorang. Semakin besar tekad pengguna Haki, maka kekuatan Hakinya akan semakin besar. Sejatinya, semua makhluk memiliki Haki yang terpendam di dalam dirinya masing-masing. Namun tidak semua orang bisa membangkitkan Haki yang mereka miliki.

Perlu sebuah usaha dan kerja keras yang sangat tinggi untuk bisa membangkitkan Haki. Terbukti Luffy memerlukan waktu sekitar dua tahun untuk menyempurnakan Hakinya dengan Rayleigh. Zoro dan Sanji juga memerlukan waktu yang sama untuk membangkitkan Haki dengan mentornya masing-masing di tempat yang berbeda.

Nama Haki memang lebih sering disebut setelah time skip. Padahal jauh sebelum time skip, ada seorang karakter yang telah memperkenalkannya. Dia adalah Akagami no Shanks. Shanks pertama kali menggunakan Haki ketika menyelamatkan Luffy kecil dari serangan monster laut. Kemudian dia kembali menggunakan Haki ketika mendatangi kapal Shirohige, untuk mendiskusikan tindakan Ace yang mencari Teach. Bahkan saat itu, Shirohige juga menggunakan Haki untuk menghadapi Shanks, dan membuat langit di atas mereka terbelah menjadi dua.

Saat itu, Haki memang belum dijelaskan dengan detail. Baru kemudian Rayleigh menjelaskan mengenai Haki, pada Luffy dan kawan-kawan setelah menyelamatkan Camie dari cengkraman Tenryuubito. Sehingga para penggemar baru mengetahui mengenai Haki, jauh setelah Shanks menggunakannya terlebih dulu ketika menyelamatkan Luffy dan mendatangi Shirohige.

Setelah itu di Perang Besar Marineford, Luffy tidak sengaja mengaktifkan Haki untuk pertama kali dan membuat semua pihak terkejut. Kelompok Angkatan Laut langsung menganggap Luffy sebagai calon orang yang paling berbahaya di masa depan. Itulah sebabnya Akainu sangat ingin membunuh Luffy sebelum hal buruk terjadi bagi pihak Pemerintah Dunia.

Setelah timeskip Haki menjadi salah satu sumber kekuatan baru bagi kelompok bajak laut Topi Jerami. Haki membuat Zoro, Luffy dan Sanji menjadi lebih kuat dan sanggup melawan musuh yang sangat berbahaya seperti Big Mom, Doflamingo, Kaido dan lain-lain. Bahkan Luffy berhasil menguasai ketiga jenis Haki sekaligus secara bertahap.

Meski Shanks adalah orang yang pertama kali menggunakan Haki, namun hingga sekarang dia tidak diperlihatkan kembali. Hanya beberapa kali Shanks nampak diperlihatkan, seperti saat mendengar kabar perkembangan Luffy mengalahkan lawan-lawannya yang sulit. Padahal Shanks tergolong tokoh penting bagi Luffy, karena dia telah menyelamatkan Luffy dan mempengaruhinya untuk menjadi bajak laut.

Oda selaku penulis One Piece sempat menyampaikan bahwa sebentar lagi Shanks akan bergerak, dan mungkin dia akan bertindak setelah perang Wano selesai. Jika Shanks bertindak setelah perang Wano berakhir, mungkin saja dia memiliki tujuan untuk menemui Luffy dan membahas mengenai Pemerintah Dunia.

Shanks adalah salah satu bajak laut yang memiliki hubungan misterius dengan para Gorosei,  dan hingga sekarang dia masih menjaga jarak dengan Luffy yang telah menjadi incaran Pemerintah Dunia. Bisa jadi pertemuan perdana Shanks dan Luffy setelah sekian tahun lamanya, akan berhubungan dengan polemik yang diciptakan Pemerintah Dunia. Lantas bagaimana menurut kalian, apa kira-kira yang akan dibahas Luffy dan Shanks jika nanti bertemu kembali?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.