Dune adalah salah satu masterpiece Denis Villeneuve yang baru saja dirilis beberapa hari lalu. Film sci-fi fenomenal ini mengadaptasi setengah cerita dari novel populer berjudul Dune karya Frank Herbert pada tahun 1965. Dune dibintangi oleh Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides, Rebecca Ferguson sebagai Lady Jessica, Oscar Isaac sebagai Duke Leto Atreides, Jason Momoa sebagai Duncan Idaho, Josh Brolin sebagai Gurney Halleck, Zendaya sebagai Chani, Javier Bardem sebagai Stilgar, Dave Bautista sebagai Glossu Rabban, Stellan Skarsgård sebagai Baron Vladimir Harkonnen, dan masih banyak lagi.

Dirilis lebih awal di Indonesia pada tanggal 13 Oktober 2021, disusul seminggu kemudian di Amerika Serikat, sejauh ini Dune telah mengumpulkan pendapatan sebesar 223 juta dolar atau sekitar 3,1 triliun rupiah di seluruh dunia. Sebagai bagian pertama dari kisah keseluruhan Dune, filmnya masih menyisakan banyak pertanyaan dengan akhir yang menggantung. Awalnya Villeneuve ingin mengerjakan film Dune dan sekuelnya secara bersamaan, tetapi karena anggaran yang besar, hal tersebut dianggap terlalu beresiko jika dilakukan. Sehingga sekuelnya hanya bisa dikerjakan jika film Dune pertama sukses.

Syukurnya, tanpa harus menunggu terlalu lama, Legendary Pictures baru saja mengumumkan bahwa sekuel Dune alias Dune: Part Two akan segera digarap. Melalui akun Twitter resmi mereka, Legendary mengucapkan terima kasih pada penggemar yang telah menyaksikan filmnya, sekaligus menegaskan bahwa film Dune adalah sebuah kisah permulaan yang akan segera dilanjut pada masa depan. Simak twitnya di bawah ini:

Film Dune: Part Two kemungkinan besar akan melanjutkan kisah Paul Atreides bersama ibunya di planet gurun Arrakis, di mana mereka akan mengumpulkan kekuatan untuk menyelesaikan apa yang sudah seharusnya menjadi tugas House of Atreides, yaitu mengelola Planet Arrakis dan menyejahterakan semua penduduk di dalamnya. Sebagai penduduk asli Arrakis, Fremen sepertinya akan membantu sosok Paul yang mereka anggap sebagai Lisan al Gaib atau juru selamat.

Dengan kesuksesan film Dune di era pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, bukan tidak mungkin filmnya akan langsung digarap dengan para kru dan aktor dari film pertamanya. Sementara film pertama Dune tercatat telah menghabiskan anggaran sekitar 2,3 triliun rupiah, ada kemungkinan film keduanya nanti akan menelan biaya yang hampir sama atau bahkan jauh lebih besar lagi karena akan memperlihatkan adegan klimaks dari keseluruhan cerita Dune. Saat ini Legendary Pictures dan Warner Bros. menjadwalkan Dune: Part Two untuk rilis di bioskop pada tahun 2023 mendatang.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.