Monkey D. Dragon adalah salah satu karakter yang paling misterius dalam seri One Piece. Sejauh ini, para fans baru mengetahui sedikit informasi mengenai sosok Dragon. Yang kita ketahui tentang sosok Dragon adalah dia merupakan pemimpin dari Pasukan Revolusi, dia yang membentuk organisasi tersebut. Dragon juga adalah anak dari Monkey D. Garp dan ayah dari Monkey D. Luffy.

Namun, kita tidak pernah tahu sampai sejauh mana kekuatannya. Apakah Dragon adalah pemakan buah iblis? Atau hanya mengandalkan Haki seperti halnya Rayleigh dan Roger? Darimana dia mendapatkan kekuatannya? Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya mengenai sosok Dragon. Salah satu pertanyaan yang juga masih menjadi misteri jawabannya adalah mengapa Dragon pergi ke Logue Town dan menyelamatkan Luffy dari tangan Smoker?

Salah seorang fan mencoba membeberkan teorinya mengenai hal ini, di mana menurut teori tersebut alasan Dragon berada di Logue Town pada saat itu adalah karena Luffy. Mengapa Luffy? Dragon sengaja pergi ke Logue Town untuk menjemput Luffy dan menjadikannya bagian dari Pasukan Revolusi. Jika memang begitu, mengapa Dragon tidak jadi melakukannya?

Hal ini dikarenakan Dragon sadar bahwa Luffy sedang mengejar kebebasannya, cita-cintanya, yaitu sebagai seorang bajak laut. Dragon sendiri pernah mengatakan satu kalimat tentang Luffy, “(menjadi) seorang bajak laut? Itu boleh juga..” Mengapa Dragon mengatakan “..boleh juga” karena memang sedari awal Dragon berencana menjemput anaknya dan menjadikannya bagian dari Pasukan Revolusi.

Alasan ini menjadi cukup masuk akal karena Dragon rela bepergian jauh dari Baltigo menuju East Blue. Dan di tengah perjalanan dia menemukan poster buruan anaknya, dan berdasarkan hal itu Dragon akhirnya tidak jadi mengajaknya bergabung bersama mereka karena Dragon merasa bahwa Luffy sudah menemukan kebebasannya sendiri. Dragon sendiri senang karena Luffy menjadi sosok yang “sama” seperti dirinya, dan bukan seperti kakeknya.

Teori ini mungkin lebih dirasa masuk akal, karena semua terdengar logis. Lagipula, Dragon sendiri pernah mengatakan bahwa akan tiba waktunya jika mereka berdua bertemu. Dragon sendiri tidak akan memaksakan kehendak atau takdir, karena jika memang sudah waktunya maka pasti akan terjadi. Itulah mengapa Dragon dan Luffy lebih fokus pada petualangan mereka masing-masing.

Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, Pasukan Revolusi bisa menjadi salah satu kekuatan yang membantu Luffy dalam perang terakhir melawan Pemerintah Dunia. Setelah Luffy mewujudkan mimpinya untuk pergi ke Laugh Tale, menemukan One Piece, dan kemudian menjadi raja bajak laut, Luffy diteorikan akan pergi untuk bertempur melawan Pemerintah Dunia.

Ini akan menjadi pertempuran terakhir Luffy dan menjadi yang paling besar di sepanjang serinya. Luffy dan kelompok Topi Jerami tidak sendiri. Mereka akan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, contohnya adalah Straw Hat Grand Fleet. Dan yang juga diperkirakan akan membantu Luffy dalam pertarungan tersebut adalah Pasukan Revolusi.

Tentunya akan sangat dinantikan momen di mana Luffy dan Dragon bertemu. Pertemuan mereka akan menjadi salah satu momen yang menarik dari seri One Piece. Juga akan menarik melihat bagaimana reaksi Luffy saat pertama kali bertemu dengan ayahnya. Dan ketika momen ayah dan anak ini bertemu, bisa dipastikan akan sangat epik. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!