Peningkatan kekuatan diperlihatkan oleh beberapa karakter dalam arc Wanokumi ini. Misalnya adalah Luffy, yang mana setelah kalah dari Kaido, Luffy berusaha keras untuk berlatih. Dia bahkan mempelajari tingkatan lainnya dari Armament Haki di Wano, tepatnya bersama Hyougoro ketika berada di penjara Udon. Berkat hal itu, dia memiliki kemampuan untuk menghancurkan benda dari dalam.

Bahkan, bukan hanya sekali. Luffy mendapatkan peningkatan kekuatan dua kali, di mana peningkatan kedua Luffy muncul di tengah-tengah pertarungan ketika Luffy mampu menggunakan Advanced Haoshoku Haki yang membuat langit terbelah. Zoro pun mendapatkan peningkatan, meskipun bukan dari segi kekuatan fisik.

Zoro kini memiliki salah satu pedang terhebat, yang bahkan menjadi satu-satunya benda yang pernah melukai Kaido yaitu pedang Enma. Pedang tersebut sangat dahsyat dan sulit dikendalikan. Sekali tebasan pedang Enma, membuat tebing yang ada di wilayah Wano langsung terbelah. Pedang ini juga membuat Kaido kembali terluka dan bahkan menghancurkan topeng milik King.

Sanji juga baru saja mendapatkan peningkatan kekuatan di mana tubuhnya menjadi sekuat baja. Hal ini diduga karena efek rekayasa genetik yang dilakukan oleh Judge dahulu kepada anak-anaknya. Karakter lainnya yang sempat diduga akan mendapatkan peningkatan di arc ini adalah Eustass Kid. Salah satu dari Worst Generations ini merupakan sosok bajak laut yang kuat.

Kid memiliki kekuatan buah iblis Jiki Jiki di mana dia bisa menarik seluruh benda-benda terbuat dari besi dan menjadi senjatanya. Tangannya seolah berubah menjadi magnet. Dia juga mampu melemparkan atau menghalau objek berupa besi. Ada alasan khusus mengapa Kidd diduga akan memiliki peningkatan di Wano ini. Seperti yang diperlihatkan di chapter 968, ketika Oden kembali pulang ke Wano dia merasa heran karena hampir di setiap desa terdapat sebuah pabrik untuk pembuatan senjata.

Dan senjata-senjata tersebut terbuat dari besi dan baja. Berdasarkan hal tersebut, terdapat sebuah teori yang menarik dimana Kid bisa memaksimalkan kekuatannya dan menjadi mini magnetar. Apa itu magnetar? Magnetar merupakan magnet terkuat yang ada di alam raya ini. Magnetar berada di atas atmosfer, dan mampu memunculkan badai listrik di seluruh dunia dan jika hal tersebut terjadi gravitasi di bumi akan sangat kacau.

Untuk referensi yang lebih umum lainnya, dengan kata lain Kid bisa berubah menjadi Magneto, di mana dia mampu mengeluarkan inti besi yang ada dalam darah dan mineral di bumi. Ketika hal itu terjadi, Kid mungkin akan menarik seluruh besi yang ada di pabrik senjata tersebut – dan kemungkinan seluruh Wano – juga menarik besi yang digunakan oleh para pasukan Kaido di Onigashima.

Dengan jumlahnya yang banyak tentunya besi-besi tersebut bisa memberikan daya hancur yang cukup kuat untuk bisa mengalahkan Big Mom. Yang menarik adalah Yamato sendiri mengatakan bahwa di salah satu bagian di Onigashima terdapat gudang senjata dan juta gudang bahan peledak, yang mana secara tidak langsung membuat Onigashima menjadi sebuah bom waktu yang besar.

Kid tentunya bisa memanfaatkan hal tersebut untuk peningkatan kekuatannya. Dan yang juga menarik, dalam bocoran One Piece untuk chapter yang akan datang disebutkan bahwa Kid akan mengalami peningkatan kekuatan berupa bangkitnya kekuatan buah iblis miliknya. Berdasarkan hal tersebut, teori ini mungkin bisa masuk akal untuk terjadi.

Anime & JRPG Fan — Wow, Great job Kid! I doubt he did much damage,...

Dengan awakening tersebut, setidaknya Kid akan mampu mengikuti perkembangan kekuatan dari Luffy. Kid memang sempat kalah telak dari Kaido, seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan pertamanya di mana dia tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengalahkan Kaido. Dia juga nampak tidak berdaya ketika Big Mom menghajarnya – karena Hawkins mengendalikan tubuhnya.

Tetapi, setelah peningkatan kekuatan berupa bangkitkan kemampuan buah iblis miliknya maka kemungkinan Kid memenangkan pertarungan melawan Big Mom pun semakin besar. Menarik tentunya untuk melihat akan seperti apa dan sekuat apa sosok Kid setelah dia berhasil meningkatkan kemampuan buah iblis miliknya.