Pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki nyatanya bukanlah sebuah pertarungan yang mudah bagi Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, dan Uzumaki Boruto. Ketiganya mengalami kesulitan untuk bisa mengalahkan Isshiki, karena kekuatannya ternyata jauh di atas mereka bertiga. Bahkan, Naruto dan Sasuke pun tidak mampu memberikan serangan yang berarti ke arah Isshiki.

Naruto sendiri kemudian mengaktifkan mode terakhirnya, yaitu mode Baryon, yang mana dalam mode ini Naruto harus mempertaruhkan nyawa dari Kurama. Dan sekarang Kurama pun tewas. Isshiki sendiri berhasil dikalahkan oleh Kawaki, dengan menggunakan trik Kagebunshin yang diajarkan Naruto. Ancaman besar pun pada akhirnya berhasil dihancurkan, dan mereka semua bisa kembali ke Konoha berkat segel Karma Boruto.

Berbicara mengenai segel Karma Boruto, setelah para shinobi Konoha tersebut pulang ke Konoha, sempat ada pergolakan hebat dalam diri Naruto yang mengetahui bahwa anaknya tidak memiliki banyak waktu untuk bisa bertahan hidup. Dan seperti yang diungkapkan oleh Amado, bahwa satu-satunya cara untuk bisa menghentikan Boruto adalah membunuhnya.

Boruto: Naruto Next Generations 1×220 Review – “Remaining Time” – The Geekiary

Gaara sendiri kemudian bertanya kepada Naruto, apakah dia siap untuk membunuh anaknya sendiri. Naruto mengatakan bahwa dia sanggup melakukan hal itu, tetapi kita tentu bisa melihat bagaimana Naruto tidak akan sanggup melakukannya. Pertanyaanya kemudian apakah Naruto akan benar-benar membunuh Boruto demi bisa menyelamatkan dunia? Dari apa yang diperlihatkan dalam ceritanya, Naruto sepertinya tidak akan melakukan hal tersebut.

Seperti yang dia ungkapkan kepada Boruto saat berbicara berdua, Naruto tidak akan sanggup melakukan hal tersebut. Dia sadar bahwa dirinya adalah seorang ayah, yang mana tentu tidak akan tega jika dia harus sampai hati menghabisi nyawa anaknya sendiri. Naruto mengatakan bahwa dia akan mencari cara terbaik untuk bisa memecahkan masalah pelik ini.

Boruto Episode 221 Online Release Date And Time; Episode 220 Recap

Naruto mengatakan akan melakukan apa pun demi Boruto, meskipun itu harus mengorbankan nyawanya sendiri. Naruto pun menyatakan bahwa dia tidak akan menarik kata-katanya, yang mana artinya dia sudah berjanji kepada Boruto. Naruto sadar apa yang diucapkan oleh Sasuke, bahwa Kurama sudah tidak ada lagi di tubuh Naruto. Artinya tidak ada lagi sosok kuat yang akan membantu Naruto dalam menghadapi masalah besar seperti sekarang.

Namun, Naruto memutuskan untuk tidak menyerah dan mencoba mencari jalan lainnya yang lebih baik. Di sisi lain, dalam cerita manga untuk genre shonen sangat jarang kita melihat karakter protagonis utamanya tewas sebelum tujuan mereka atau mimpi mereka tercapai. Seperti yang kita ketahui, dalam seri Boruto: Naruto Next Generation ini yang menjadi sosok utama dalam ceritanya adalah Uzumaki Boruto.

Boruto – Naruto the Next Generations: the initia... | BitFeed.co

Meskipun ada karakter dari seri sebelumnya, peran mereka perlahan mulai dikurangi dan mulai digantikan oleh para generasi baru, sesuai dengan tujuan awal serinya. Dengan Boruto sebagai protagonis utamanya, sehingga sulit rasanya melihat Boruto tewas dalam cerita. Dan juga yang bisa menjadi petunjuk adalah bagaimana di awal serinya kita melihat sosok Boruto dan Kawaki bertarung di atas reruntuhan Konoha.

Dalam momen yang terjadi pada masa yang akan datang tersebut terlihat bagaimana Boruto dan Kawaki sudah menginjak usia remaja menuju dewasa. Meskipun tidak diketahui berapa lama lagi hal itu akan terjadi, namun ini bisa menjadi petunjuk besar bahwa pada masa yang datang Boruto tidak mati. Naruto tidak membunuh anaknya akibat proses Otsutsukifikasi. Entah apakah justru Naruto yang tewas atau ada hal lain yang terjadi masih harus kita nantikan kelanjutan ceritanya.