Semua penggemar setia DC pasti mengenal Joker sebagai salah satu supervillain paling gila sekaligus paling keren di DC Universe. Sebagai musuh Batman, Joker sudah cukup sering menjadi ancaman nyata bagi Kota Gotham dan bahkan Bumi secara keseluruhan. Kejahatannya bahkan diakui oleh para superhero lain di Justice League, termasuk Superman. Namun, ternyata di balik sejarah panjangnya menjadi penjahat DC paling terkenal, Joker pernah melakukan perbuatan heroik yang membuatnya layak disebut sebagai pahlawan. Berikut 10 momen Joker menjadi pahlawan di DC Universe!

Menyembunyikan Identitas Rahasia Batman

Bisa dibilang Joker adalah supervillain yang sangat mencintai Batman. Dia tidak akan rela Batman dikalahkan oleh orang lain. Di komik Detective Comics #475 (1978), identitas rahasia Batman diketahui oleh Rupert Thorne. Joker yang juga mengetahui bahwa Rupert akan menggunakan pengetahuannya untuk menjebloskan Batman ke penjara, langsung mendatangi Rupert dan mengancamnya untuk tidak memberitahukan identitas Batman ke publik.

Rupert yang sangat sayang pada hidup dan kariernya langsung menuruti kemauan Joker tanpa berpikir panjang. Walaupun tindakan Joker ini sengaja dilakukan agar dia tetap bisa “bermain” dengan Batman, secara tidak langsung dia telah melakukan sebuah tindakan yang menyelamatkan banyak nyawa, termasuk nyawa Bruce Wayne alias Batman.

Berkianat Pada Red Skull

Di balik sifat jahat dan gilanya, ternyata Joker sangat tidak menyukai perbuatan rasis. Di komik crossover DC dan Marvel yang berjudul Batman & Captain America (1996), diceritakan bahwa dua superhero tersebut saling bekerja sama untuk mengalahkan musuh. Di sisi lain, pihak musuh juga terdiri dari dua supervillain yang memutuskan untuk bekerja sama, mereka adalah Joker dan Red Skull.

Setelah sempat bekerja sama untuk beberapa saat, Joker memutuskan berkhianat karena mengetahui bahwa Red Skull adalah bagian dari Nazi. Komik ini secara tidak langsung menjelaskan bahwa rasisme adalah sesuatu yang jauh lebih buruk dari Joker.

Menyelamatkan Umat Manusia

Menyelamatkan umat manusia adalah tugas berat yang harus dipikul oleh superhero. Namun, jika superhero saja tidak sanggup, maka siapa lagi yang bisa melakukannya? Di komik Superman: Distant Fires (1998), Joker pernah melakukan perbuatan heroik untuk menyelamatkan umat manusia.

Diceritakan bahwa Joker yang sudah bertobat menjadi salah satu orang penting di masyarakat. Dia menggunakan semua kemampuannya demi kepentingan bersama. Joker dan Superman bahkan beberapa kali melakukan kerja sama yang sangat baik. Dengan hadirya Joker baik ini, tampaknya masa depan Bumi jauh lebih cerah daripada sebelumnya.

Romantis Pada Harley

Di kisah Superman: Emperor Joker (2000), diceritakan bahwa Joker secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan sakti dari Mr. Mxyzptlk. Kekuatan tersebut memungkinkan Joker mendesain ulang alam semesta berdasarkan pikirannya. Saat akan mengakhiri alam semesta, Joker sempat berbicara dengan anak buahnya yang paling setia, yaitu Harley Quinn.

Setelah berbicara dengannya, Joker memutuskan untuk tidak menghapus Quinn begitu saja dari alam semesta. Dia mengubah Quinn menjadi sekumpulan bintang-bintang di ruang angkasa, di mana bintang-bintang tersebut dapat terlihat membentuk wajah Quinn yang sedang tersenyum.

Menyelamatkan Batman

Di komik Batman: Europa (2006), hubungan antara Batman dan Joker lebih dieksplorasi lagi sampai pada titik di mana Joker menyelamatkan nyawa Batman. Diceritakan bahwa Batman dan Joker sama-sama terjangkit racun yang perlahan membunuh mereka. Untuk menyembuhkannya, mereka berdua pergi ke Kota Paris, di mana mereka bertarung melawan sekelompok penjahat.

Ketika penjahat tersebut menyuntikan sebuah serum yang membuat Batman berhalusinasi sampai terjatuh dari atas sebuah gereja, Joker langsung menyelamatkannya dengan melemparkan grappling hook pada Batman. Sekilas mungkin Joker melakukan ini agar dia bisa mendapatkan penawar racunnya, tetapi jika dia tidak menolong Batman, mungkin akhir kisah mereka berdua akan jauh lebih buruk.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.