Sudah lebih dari dua tahun sejak musim kedua seri anime One-Punch Man selesai tayang, namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak studio mengenai pengumuman kapan musim ketiga akan dimulai. Hal ini kemungkinan dikarenakan cerita di manganya sendiri masih berada di tengah-tengah arc yang sedang berjalan. Terlepas dari hal tersebut, kemungkinan musim terbaru pun akan memiliki 12 episode seperti musim sebelumnya.

Dengan apa yang dihadirkan dalam manganya, tentunya ada lebih dari cukup material cerita yang bisa diadaptasi oleh staff produksi untuk membuat musim ketiga seri One-Punch Man. Musim kedua dari seri animenya sendiri ditutup dengan cerita di mana Garou berhasil diculik oleh salah satu monster. Di sisi lain, setelah Genos, Silver Fang, dan Bomb gagal menghancurkan Elder Centipede, Saitama pun akhirnya mampu menghancurkan ancaman tersebut.

Momen tersebut terjadi di chapter 85 dalam versi manganya, yang mana chapternya dirilis pada Desember 2017. Dan sudah lebih dari 60 chapter baru sejak chapter tersebut dirilis. Semua hal tersebut terjadi dalam arc Monster Association. Meskipun arc ini masih belum selesai, mencoba untuk mengadaptasi 60 chapter dalam 12 episode sepertinya merupakan sebuah pekerjaan yang berat.

Pilihan bijak untuk hal tersebut adalah membagi arcnya menjadi kurang lebih 24 episode. Dengan begitu, beban cerita di tiap episodenya tidak terlalu berat. Arc Monster Association yang sedang berjalan, seperti namanya, menghadirkan cerita di mana para pahlawan dari Asosiasi Pahlawan melakukan penyerbuan ke markas Asosiasi Monster yang ada di bawah tanah.

Mereka mengerahkan segala cara dan mengerahkan semua kekuatan para pahlawan untuk bisa menyelamatkan Waganma, anak dari pemimpin Asosiasi Pahlawan, yang diculik oleh para monster. Dan yang terjadi dalam ceritanya adalah sebuah perang besar yang epik yang mempertemukan kedua pihak; Asosiasi Pahlawan dan Asosiasi Monster. Mereka benar-benar adu kekuatan membuktikan siapa yang terbaik.

Ada satu hal yang menarik yang diperlihatkan dalam arc ini, yaitu kita akan melihat aksi dari para pahlawan yang jarang sekali terjadi. Dalam manganya sendiri diperlihatkan bagaimana para pahlawan dari mulai kelas C sampai kelas S bertarung menghadapi monster dari berbagai level ancaman. Banyak monster baru yang dan juga para pahlawan baru yang diperkenalkan di ceritanya.

Di sisi lain, Saitama sendiri tidak terlalu banyak muncul dalam arc ini. Dia hanya muncul sesekali saja dalam ceritanya. Kita akan lebih banyak melihat aksi dari para pahlawan lainnya dibandingkan Saitama. Dan karena hal ini juga mungkin musim ketiga serinya masih belum dibuat. Meskipun begitu, arc ini benar-benar memperlihatkan aksi epik dan heroik dari para pahlawan kelas S yang jarang terjadi.

Cerita tentang Garou juga menjadi salah satu elemen yang tentunya dinantikan oleh para fans di musim selanjutnya. Sosok Garou terakhir kali diperlihatkan dibawa oleh Phoenix Man ke markas Asosiasi Monster, dengan luka parah yang ada di tubuhnya. Di manganya sendiri, Garou diperlihatkan akan menghadapi para monster dan juga para pahlawan.

Recap One Punch Man 170: Awakened Garou Semakin Beringas | GreensceneGarou pun akan menunjukan seperti apa sosok monster sebenarnya. Dan yang menarik adalah Garou diperlihatkan akan membangkitkan kekuatannya. Musim ketiga sepertinya akan berakhir dengan pertarungan antara Saitama melawan Orochi sang raja monster. Ini bisa menjadi akhir yang menarik bagi musim ketiga karena memperlihatkan sang karakter utama menghadapi villain utama di arcnya.

Ada banyak poin-poin penting dan menarik yang tentunya tidak akan bisa dihadirkan dengan hanya menampilkan 12 episode saja. Contohnya Tatsumaki yang menghadapi dalang di balik semua yang terjadi. Kemungkinan cerita lainnya sengaja disimpan dan dipersiapkan untuk musim keempat dan seterusnya. Jadi, kesimpulannya adalah musim ketiga seri One-Punch Man memang akan menghadirkan sesuatu yang sangat luar biasa. Tetapi, peran dari Saitama dipastikan akan berkurang pada musim tersebut.