Quirk adalah bentuk kekuatan yang hanya ada di serial My Hero Academia. Kekuatan ini dimiliki hampir  80% populasi umat manusia, dan setiap manusia terlahir dengan quirk yang berbeda-beda. Para pengguna quirk yang cukup kuat memilih menjadi seorang pahlawan, untuk menjaga keamanan dunia. Namun ada pula beberapa orang yang memilih menjadi penjahat karena kebutuhan ekonomi yang mendesak, atau karena latar belakang keluarganya yang cukup rumit.

Setiap quirk akan langsung bangkit ketika usia penggunanya menginjak 5 tahun. Hampir setiap manusia akan tubuh berkembang dengan quirk mereka masing-masing. Itulah sebabnya ada beberapa orang yang sangat ahli menggunakan quirknya, dan ada pula yang tidak begitu mahir menggunakan quirknya. Semua itu tergantung hasil latihan yang dilakukan masing-masing.

Bahkan apabila ada seorang pemilik quirk bisa menguasai kekuatannya hingga batas tertentu, maka quirknya akan berkembang menjadi kekuatan baru. Keadaan itu bernama Quirk Awakening. Ketika All Might masih menjadi pahlawan no.1, sangat jarang seorang pengguna quirk bisa mencapai Awakening. Pasalnya, para pahlawan pemilik quirk merasa aman dengan kehadiran All Might, sehingga mereka merasa tidak perlu bekerja keras untuk mengalahkan penjahat dan membuat insting bertarung mereka menjadi tumpul.

Salah satu syarat agar seorang pengguna quirk mencapai Awakening adalah merasa tertekan hingga mencapai batasnya. Bahkan ada beberapa orang yang mencapai Awakening karena gejolak emosi yang tidak terkendali, dan mengalami keadaan yang sangat terdesak karena harus melindungi sesuatu yang penting bagi penggunanya. Hingga sekarang hanya ada tiga orang yang sudah mencapai Quirk Awakening. Siapa saja mereka?

Shigaraki Tomura

Shigaraki Tomura adalah murid All For One. Dia memiliki quirk yang bisa membuat apapun yang disentuh menjadi berkarat dan musnah. Saat awal kemunculannya, Shigaraki langsung menjadi sorotan karena berani menantang All Might yang masih menjadi pahlawan no.1. Seiring berkembangnya cerita, Shigaraki akhirnya mendapat quirk Awakeningnya saat bertarung dengan Re-Destro.

Pertarungan Shigaraki dan Re-Destro menjadi salah satu duel epik di My Hero Academia. Ditengah-tengah duel, Shigaraki kembali mengingat kenangannya dengan keluarga, sehingga membuat mental Shigaraki sangat tertekan. Kondisi itulah yang membuat quirk Shigaraki mencapai awakening. Awakening quirk Shigaraki bisa membuat kekuatannya semakin besar. Apapun yang disentuh Shigaraki akan langsung musnah, meski hanya disentuh oleh satu jari. Kerusakan yang diakibatkan quirk Shigaraki sangat besar, dan hampir menghancurkan separuh kota, saat ia bertarung melawan Re-Destro.

Himiko Toga

Toga adalah salah satu anak buah Shigaraki di aliansi villain. Dia adalah perempuan psikopat yang sangat suka menyiksa korbannya. Quirk Toga bisa membuat dirinya menjadi orang lain, dengan cara meminum darah orang yang akan dia tiru. Quirk Toga sangat efektif digunakan dalam misi mata-mata, karena bisa meniru orang lain dengan persentasi kemiripan 100%.

Di tengah-tengah pertarungan antara kelompok Re-Destro dan Shigaraki, Toga bertarung melawan Miss Curious. Saat itu, Toga berubah menjadi Ochaco Uraraka dan berusaha lari dari serangan Miss Curious. Toga sedang dalam keadaan terdesak dan hampir dikalahkan. Tekanan yang dialami Toga membuatnya kembali mengingat masa lalunya sebagai seorang anak perempuan yang sering dihina, karena quirknya yang aneh. Akhirnya spontan Toga bisa menggunakan quirk Uraraka dan membuat Miss Curious melayang di udara. Awakening quirk Toga adalah bisa menggunakan quirk orang yang dia tiru. Namun masih dibatas tertentu, jadi tidak semua orang bisa dia gunakan quirknya.

Geten

Geten adalah salah satu anak buah Re-Destro yang quirknya mengalami awakening. Berbeda dengan Shigaraki dan Toga, Geten mengalami Quirk Awakening tidak dalam kondisi terdesak. Geten melihat Re-Destro membakar dirinya sendiri dan spontan quirknya mengalami Awakening untuk menyelamatkan Re-Destro. Awalnya quirk Geten hanya bisa mengendalikan es, namun sekarang dia bisa mengatur suhu sebuah benda seperti yang diinginkan. Bentuk Awakening Geten membuatnya bisa mengendalikan suhu sesuka hati, dan bisa menciptakan untuk dikendalikan.  

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.