Superhero Mengaku Supervillain (2003)

Ketika Wilson Fisk alias Kingpin diperlihatkan mati di komik Daredevil #50 (2003), Daredevil merasa bersyukur akhirnya Kota New York akan lebih aman, sebelum tiga tahun kemudian Fisk kembali hidup. Untuk mencegah Kingpin kembali menguasai Kota New York, Daredevil mengambil keputusan kontroversial dengan mengaku sebagai Kingpin baru pada semua penjahat di kotanya, bahkan sampai membuka topengnya dan mengungkap identitasnya sebagai Matt Murdock. Walaupun tampaknya berhasil mencegah Kingpin kembali berkuasa sepenuhnya, keputusan yang diambil oleh Daredevil sangat berisiko.

Menukarkan Tubuh Superhero Lain

Di komik Ultimate Spider-Man #67 (2004), diceritakan bahwa Peter Parker dan Wolverine bertukar tubuh secara misterius, di mana kejadian ini mengarah pada adegan-adegan lucu, seperti Peter yang secara tidak senagaja meotong jarinya sendiri. Pada akhirnya terungkap bahwa Jean Grey sengaja menukar tubuh mereka karena merasa sangat kesal pada Wolverine. Walapun pada akhirnya tubuh mereka dikembalikan seperti semua, keputusan Jean Grey ini membuktikan bahwa dia sangat egois. Demi masalahnya dia sendiri, dia mengorbankan Peter Parker dan mungkin orang-orang yang ada didekatnya.

Menutupi Kesalahan Dengan Kebohongan (2005-2006)

Setelah sempat terlihat sembuh dari sikapnya yang kontroversial, lagi-lagi Professor X melakukan hal yang sama di komik X-Men: Deadly Genesis (2005-2006). Setelah sempat mengirim X-Men ke sebuah pulau misterius yang disebut Krakoa dan menyebabkan tim tersebut hilang, dia mencoba meyakinkan para X-Men senior untuk menyelamatkannya dan berhasil.

Namun, pada akhirnya terungkap bahwa tim yang diselamatkan tersebut bukan lah tim pertama yang hilang. Karena sebelumnya dia telah mengirim tim lain yang semua anggotanya mati di Krakoa, di mana salah satunya adalah saudara Cyclops bernama Gabriel. Untuk membuat Cyclops lupa dengan fakta tersebut, Professor X menggunakan telepatinya pada Cyclops.

Mengakui Identitas Rahasia Tanpa Tahu Konsekuensi

Salah satu keputusan konstroversial yang juga konyol pernah dilakukan oleh Spider-Man. Sebelumnya diceritakan di Marvel Comics bahwa Goblin telah membunuh kekasih Spider-Man yang bernama Gwen Stacy, hal itu bisa terjadi karena Goblin mengetahui identitas rahasia Spider-Man.

Tidak belajar dari pengalamannya, Spider-Man lagi-lagi mengakui identitasnya di komik Civil War (2006-2007). Setelah bergabung dengan tim Iron Man, Spider-Man mengikuti saran Iron Man untuk mengumumkan identitas rahasianya di TV. Dia tampak yakin dengan keputusan yang telah diambilnya, sebelum akhirnya seorang pemunuh bayaran membunuh Bibi May dan membuatnya menyesal.

Mengusir Superhero Kuat dari Bumi (2007)

Entah apa yang membuat para superhero di tim Illuminati mengambil keputusan untuk menjauhkan Bruce Banner alias Hulk dari Bumi dengan mengirimnya ke Planet Sakaar. Karena hal itu justru membuat Hulk tumbuh makin kuat dan menaruh dendam pada Illuminati. Diceritakan di kisah World War Hulk (2007), Hulk bersama pasukan gladiator Sakaar yang disebut Warbound berhasil tiba di Bumi untuk balas dendam. Karena penyerangan Hulk, Kota New York menjadi hancur lebur, begitu juga dengan para superhero yang babak belur karena tidak berhasil mengalahkan Hulk.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.