Marvel Universe adalah tempat berkumpulnya para karakter menarik yang terdiri dari berbagai macam superhero, supervillain, dan bahkan anti-hero dengan latar belakangnya masing-masing. Setiap kisah yang mereka miliki, khususnya superhero, menjalin satu cerita utuh yang sampai sekarang sering dibahas oleh penggemar, bahkan di antaranya telah diadaptasi menjadi sebuah hiburan baru yang menyenangkan, seperti film dan game. Namun, ternyata di antara semua keputusan yang ada di kisah Marvel, beberapa di antaranya sangat kontroversial. Berikut 10 keputusan kontroversial di Marvel Universe!

Keluar Angkasa Dengan Pesawat Abal-abal (1961)

Semua orang mengetahui bahwa Reed Richards adalah superhero yang sangat cerdas. Dia selalu menggunakan otaknya untuk mengatur strategi tim Fantastic Four dan menghitung semua risiko yang bisa terjadi. Namun, ternyata dia juga pernah melakukan keputusan kontroversial di komik Fantastic Four #1 (1961). Kisahnya terjadi sebelum Fantastic Four lahir, di mana saat itu Rusia dan Amerika sedang berlomba untuk menerbangkan manusia ke ruang angkasa.

Sebagai seorang insinyur aeronautika, Reed Richards membantu America dengan menciptakan sebuah pesawat ruang angkasa yang diberi nama Marvel-1. Saat mengetahui bahwa Rusia tinggal beberapa jam lagi menerbangkan pesawat ruang angkasanya, Reed yang panik langsung mengajak Sue Storm, Johnny Storm, dan Ben Grimm untuk menerbangkan pesawat Marvel-1 tanpa di uji coba terlebih dahulu. Walaupun pesawatnya berhasil mengorbit, di ruang angkasa mereka terpapar radiasi kosmik yang membuat mereka menjadi superhero Fantastic Four.

Berpura-pura Hilang Kekuatan (1964)

Kisah kontroversial ini dilakukan oleh pemimpin para X-Men yaitu Professor X, di komik X-Men #4 (1964). Saat sedang mengejar penjahat ke markas Magneto, Professor Charles Xavier mengetahui bahwa ada sebuah jebakan yang dipasang di pintu Istana Magneto. Untuk menyelamatkan para X-Men yang lain, dia melakukan pengorbanan heroik dengan membiarkan dirinya terkena ledakan jebakan tersebut.

Konyolnya, Professor X mengaku bahwa ledakan tersebut membuat kekuatannya hilang. Hal tersebut sengaja dia lakukan untuk melihat para X-Men melakukan misi lain tanpa bantuan telepatinya. Sebuah keputusan kontroversial yang membuat Professor X terlihat ceroboh. Ditambah lagi, penyelamatan heroik yang dia lakukan sebelumnya menjadi sia-sia, karena pada akhirnya dia mengirim para X-Men ke misi berbahaya lainnya.

Berpura-pura Mati (68-70)

Entah apa yang ada di pikiran Professor X, sehingga dia sering melakukan keputusan-keputusan yang kontroversial. Setelah sebelumnya berpura-pura kehilangan kekuatan, di komik X-Men #42-65 (1968-1970), Professor X mencoba keberuntungan baru dengan berpura-pura mati. Setelah para X-Men merasa sedih melihat kematian Professor X dalam sebuah pertempuran, dia tiba-tiba muncul kembali dalam keadaan segar bugar saat para X-Men kewalahan melawan alien Z’Nox yang ingin menghancurkan dunia.

Professor X menjelaskan bahwa dia sengaja melakukan itu agar dia bisa bersiap menghadapi invasi alien Z’Nox tanpa terganggu oleh orang lain, bahkan Jean Gray yang mengetahuinya sejak awal dilarang untuk memberitahukannya kepada yang lain. Meskipun pada akhirnya dia berhasil mengalahkan alien Z’Nox dan menyelamatkan dunia, tetapi cukup jelas bahwa keputusannya agak sedikit egois. Karena saat yang lain sibuk, dia justru bersembunyi di suatu tempat.

Bertarung Saat Mabuk

Iron Man mungkin adalah salah satu superhero Marvel yang sifatnya terkenal agak ceroboh. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa jika kecerobohannya digabung dengan adiksinya terhadap alkohol justru membuatnya menjadi karakter yang kontroversial.

Di komik Iron Man #168 (1983), Iron Man yang sedang mabuk terpancing emosinya oleh Machine Man. Saat mencoba memukul Machine Man dengan sebuah tongkat besi, tongkat tersebut justru mengarah pada dua orang warga sipil yang sedang menonton. Syukurnya Machina Man menyelamatkan dua warga tersebut dengan mendorongnya. Setelah kejadian memalukan tersebut, Iron Man bahkan mengaku pada Captain America bahwa dia hampir membunuh warga biasa dengan tongkat besi.

Terlibat Dalam Pertandingan Baseball (1995)

Sebagai superhero yang akan makin kuat ketika marah, Bruce Banner alias Hulk sering kesulitan menyembunyikan identitas rahasianya. Namun, ada salah satu keputusan kontroversial yang diambil oleh Hulk, di mana hal tersebut sangat berlawanan dengan tujuannya untuk tidak mengungkap identitasnya.

Di komik Incredible Hulk #435 (1995), dia justru bergabung dengan tim bisbol dan terlibat dalam pertandingan liga kecil. Dengan tubuh Hulk dan pikiran Bruce, tidak lama setelah pertandingan dimulai dia malah bertempur dengan supervillain dan menghancurkan lapangan serta hampir membunuh para penonton.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.