Ms. Marvel adalah superhero yang debutnya di Marvel Universe masih terbilang baru. Kamala Khan alias Ms. Marvel melakukan debutnya di komik Captain Marvel Vol. 7 #14 (2013), dan baru dikenal sebagai Ms. Marvel di komik All-New Marvel NOW! Point One #1 (2014). Kamala adalah seorang gadis muslim keturan Amerika-Pakistan yang sangat mengidolakan Captain Marvel. Karena sebuah kejadian, dia mendapatkan kekuatan superhero yang mengubah masa depan Kamala untuk selamanya.

Sejak debutnya di Marvel Universe, banyak penggemar yang langsung menyukai karakter Ms. Marvel. Sepertinya hal itu juga yang membuat Marvel Studios akhirnya memutuskan untuk menggarap serial Marvel Cinematic Universe berdasarkan karakternya. Diharapkan tayang pada tahun 2022, serial Ms. Marvel akan menceritakan Kamala Khan yang baru pertama kali mendapatkan kekuatan supernya. Namun, sementara Ms. Marvel versi komiknya terkenal dengan kemampuan fisik yang elastis, tampaknya di serialnya nanti Ms. Marvel akan diperlihatkan dengan kekuatan yang sama sekali berbeda.

Kekuatan Ms. Marvel di Marvel Comics

Di Marvel Comics, Kamala Khan diceritakan sebagai manusia biasa yang berubah menjadi Inhuman setelah kekuatannya aktif saat terpapar Terrigen Bomb. Kamala adalah salah satu superhero Marvel yang terkenal karena kemampuan polimorfnya, di mana dia bisa mengubah ukuran dan panjang anggota tubuhnya. Sel-sel di dalam tubuh Kamala memungkinkannya untuk mengubah massa tubuhnya dalam waktu yang singkat, seperti memperbesar, memperkecil, meregangkan, memadatkan, atau semuanya dalam waktu yang bersamaan.

Leher, lengan, dan kaki Kamala sangat elastis, dia bisa melenturkannya sampai ke panjang yang tidak masuk akal. Ukuran tubuhnya juga bisa membesar, dan bukan hanya sekadar membesar, tetapi tubuhnya juga menjadi sangat kuat. Kamala juga mempunyai kekuatan healing factor, yang membuat lukanya cepat sembuh setelah menyelesaikan pertarungan. Untuk beberapa kesempatan, bahkan Kamala mampu membuat bentuk dan ukuran tubuhnya menyerupai orang lain, dalam arti berubah bentuk. Namun, kemampuan berubah bentuknya ini cukup sulit untuk dilakukan, sehingga Kamala jarang menggunakannya.

Kekuatan Ms. Marvel di Marvel Cinematic Universe

Setelah sekian lama tidak ada kabar terbaru dari serial Ms. Marvel, baru-baru ini, Pyramid International menjual sebuah produk poster dengan gambar karakter Ms. Marvel di situsnya. Dalam poster tersebut, karakter Ms. Marvel yang mengenakan kostum MCU-nya ini terlihat mengeluarkan kekuatan semacam energi tinju. Banyak penggemar yang kaget dengan kekuatan barunya ini, mengingat Ms. Marvel sama sekali tidak mempunyai kemampuan pengendalian energi di Marvel Comics. Secara fungsi mungkin masih sama, di mana tinjunya tersebut sangat besar dan mampu mementalkan musuh-musuhnya.

Namun, jika dilihat dari bentuk kemampuan di MCU-nya sangat jauh berbeda. Belum diketahui apakah tinju tersebut bisa memanjang juga seperti kemampuan polimorf Ms. Marvel di komiknya. Sekilas kemampuannya di MCU ini lebih mirip seperti kemampuan “Proyeksi Energi” dari superhero DC bernama Green Lantern, di mana Hal Jordan bisa memproyeksikan kekuatan pikirannya menjadi nyata. Walaupun tidak identik sama, tetapi kemampuan baru Ms. Marvel ini ada kemungkinan berhubungan dengan kekuatan pikirannya, di mana dia bisa mengatur panjang atau besar energinya.

Sejauh ini Marvel masih belum menganggapi bocoran kekuatan Ms. Marvel tersebut. Namun, ada kemungkinan perbedaan kekuatan di Marvel Comics dan di MCU ini sengaja dilakukan agar Ms. Marvel terlihat lebih unik. Mengingat kekuatan pengubah ukuran sudah dimiliki oleh Ant-Man, kemudian kekuatan berubah bentuk sudah dimiliki oleh bangsa Skrull, dan terakhir kekuatan elastis seperti karet tampaknya disiapkan khusus untuk Mister Fantastic yang akan hadir di film Fantastic Four mendatang. Menurut kalian bagaimana kekuatan baru Ms. Marvel di MCU ini, Geeks?