Rasanya sudah menjadi rahasia umum jika Uzumaki Naruto dan Uchiha Sasuke adalah rival seumur hidup. Meskipun sekarang mereka sudah menjadi rekan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi sejak dahulu kita tahu bahwa mereka selalu bersaing untuk menjadi yang terkuat. Naruto selalu berusaha untuk menjadi lebih kuat dari Sasuke, dan begitu juga dengan Sasuke yang ingin bisa lebih kuat dari Naruto.

Persaingan mereka rasanya tidak akan pernah berakhir. Dan hal ini dibuktikan sepanjang series Naruto dan Naruto Shippuden. Persaingan mereka sudah dimulai sejak masih kecil. Ketika Sasuke memiliki Chidori, maka Naruto memiliki Rasengan. Naruto dan Sasuke juga memiliki teknik Kuchiyose no Jutsu atau jurus pemanggil. Jika Naruto memiliki Kyuubi sebagai sumber kekuatannya, maka Sasuke memiliki Doujutsu Sharingan yang kemudian berkembang menjadi Rinnegan.

Intinya adalah setiap kali Naruto memiliki kemampuan baru atau teknik yang lebih tinggi, maka Sasuke juga akan memiliki hal yang serupa. Di seri manga Boruto chapter 51 dan pada episode 216 dan 217 versi animenya kita melihat bagaimana Naruto mendapatkan kekuatan baru berkat chakra Kyuubi, yang kemudian banyak dikenal sebagai mode final Naruto.

Naruto Gets A New Nine Tails Transformation (But At A High Cost)

Setelah kemenangan akhirnya berhasil diraih oleh para Shinobi terhebat Konoha saat bertarung melawan Isshiki Otsutsuki, namun di sisi lain mereka juga harus mendapatkan banyak sekali kehilangan. Kurama harus tewas setelah dia ternyata yang memberikan seluruh kekuatannya kepada Naruto untuk mengaktifkan mode Baryon. Di sisi lain, rekannya yaitu Sasuke juga harus mengalami kehilangan terbesar. Sasuke harus kehilangan sebelah penglihatannya dan juga kemampuan Rinnegan yang dia miliki, akibat mata kirinya ditusuk oleh Momoshiki yang merasuki tubuh Boruto.

Apakah Sasuke kemudian juga memiliki mode final seperti Baryon Mode milik Naruto? Banyak yang beranggapan bahwa Susanoo sempurna milik Sasuke adalah mode final yang bisa dilakukan oleh Sasuke. Namun, setelah melihat apa yang terjadi dalam pertarunyan melawan Isshiki kemarin para fans mulai bertanya-tanya apakah Sasuke masih memiliki satu mode terakhir untuk meningkatkan kekuatannya.

Kembali, para fans mencoba berspekulasi dan berteori apakah ada cara bagi Sasuke untuk kembali meningkatkan kekuatannya. Dan salah satu teori yang berkembang adalah Sasuke akan memiliki mode terbaru dari Susanoo miliknya. Sasuke sendiri sudah memiliki salah satu syarat utama untuk mengakses mode tersebut yaitu doujutsu Eternal Mangekyou Sharingan.

Susanoo merupakan salah satu peningkatan kekuatan terbesar Sasuke, setelah sebelumnya Naruto mampu mengaktifkan mode Kurama miliknya. Jika berpacu pada pendapat di atas tentang persaingan Sasuke dan Naruto, artinya dengan Naruto yang mampu mengantifkan mode terakhirnya, maka Sasuke pun kemungkinan akan mampu melakukannya.

Bedanya, Sasuke akan mampu menggunakan bentuk lain dari Susanoo. Mungkin Susanoo yang akan diaktifkan oleh Sasuke nanti, bukan lagi berbentuk raksasa melainkan digunakan seperti halnya baju pelindung. Lalu, kapan Sasuke akan mendapatkan mode terakhirnya tersebut? Hal ini kita lihat dari apa yang terjadi kepada Naruto, di mana perlu sosok yang lebih kuat – seperti Isshiki – untuk kemudian membuat Sasuke mengaktifkan mode terakhirnya.

Sasuke juga kemungkinan harus mencari tahu tentang mode terakhir tersebut sendiri, seperti yang terjadi kepada Madara Uchiha saat pertama kali mengaktifkan Eternal Mangekyou Sharingan. Tetapi, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan oleh Sasuke untuk bisa mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Yaitu dengan membicarakan masalah tersebut kepada “ahlinya.”

Sasuke And Susanoo

Ada tiga nama yang mungkin bisa membantu Sasuke untuk masalah ini; Katasuke, Amado, dan Orochimaru. Namun, dibandingkan dengan Amado dan Katasuke, Orochimaru dianggap lebih bisa membantu memecahkan masalah Sasuke ini. Katasuke dianggap belum menguasai tentang hal Doujutsu, sedangkan Sasuke tidak terlalu percaya dengan sosok Amado yang dikenal memiliki rencana tersembunyi.

Seperti yang kita ketahui, ketika Sasuke masih kecil, Orochimaru berhasil menguasai diri Sasuke dengan menempelkan sebuah segel kutukan. Orochimaru saat itu berusaha menjadikan Sasuke sebagai wadah barunya, karena dia menganggap Sasuke adalah sosok yang sempurna. Ketika Sasuke kemudian sempat menjadi penerusnya, Orochimaru terus melakukan penelitian tentang DNA.

Hal inilah yang kemudian berhasil mengembalikan Sasuke saat dia tewas dalam pertempuran melawan Kaguya. Artinya, Orochimaru dipastikan memiliki data genetik dari Sasuke, yang bisa membantu Sasuke dengan hal ini. Yang menjadi masalah terakhir adalah mata siapa yang akan digunakan oleh Sasuke untuk melengkapi Eternal Mangekyou miliknya.Sasuke Susanoo Armor by OfficialBlueNova on DeviantArtMeskipun ada beberapa pilihan, namun yang dianggap bisa dan pas untuk membangkitkan mode baru Susanoo Sasuke adalah Eternal Mangekyou milik Madara Uchiha. Sayangnya, keberadaan matanya sendiri masih misterius. Bisa saja Sasuke melakukan pencarian terhadap mata tersebut. Tetapi, di sisi lain, dengan adanya bantuan dari Orochimaru, mungkin dia bisa melakukan penyesuaian atau melakukan “replikasi” dari Eternal Mangekyou Madara.

Jika Orochimaru bisa membuat banyak Sharingan di tubuh Shin-Uchiha dan membuat manusia buatan tersebut membangkitkan Mangekyou Sharingannya sendiri, artinya ada kemungkinan bahwa Orochimaru bisa memberikan solusi atau jalan bagi masalah ini.