Apa yang dihadirkan dalam chapter 63 seri manga Boruto: Naruto Next Generation kemarin terkait dengan Karma Boruto benar-benar sangat luar biasa. Tanpa diduga, Karma Momoshiki kembali muncul dalam diri Boruto saat dia harus berhadapan dengan Code. Yang menarik adalah ada perbedaan besar yang muncul ketika Boruto mengaktifkan Karmanya. Apa yang membuat hal itu terjadi?

Seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya, dalam rapat para Kage, Gaara sempat bertanya kepada Naruto apakah dia siap untuk membunuh anaknya sendiri. Hal ini berkaitan dengan Karma dalam diri Boruto, dan juga apa yang terjadi kepada Sasuke saat menghadapi Isshiki. Meskipun dia mengakui siap, namun di lubuk hati terdalamnya dia tidak ingin hal itu terjadi.

Dia pun kemudian pergi menemui Amado untuk berdiskusi mengenai hal ini. Dan Amado kemudian memberikan satu botol berisi pil buatannya. Menurut penjelasan Amado, pil tersebut sengaja dia buat pada awalnya untuk melemahkan kekuatan Otsutsuki milik Isshiki, dengan cara menurunkan efektivitas dari Byakugan miliknya. Namun, dengan Isshiki yang sudah tewas, obat tersebut jadi tidak terpakai.

Link Baca Manga Boruto Chapter 63 Bahasa Indonesia dan Inggris di Mangaplus - Mantra Sukabumi

Amado sendiri mengingatkan pada Naruto bahwa efek samping pil ini masih belum diketahui secara pasti. Meskipun begitu, Amado mengingatkan bahwa resiko terbesar setelah mengkonsumsi obat tersebut adalah kematian. Karena itulah dia mengingatkan Naruto untuk tidak membiarkan Hinata dan Himawari meminum obatnya. Boruto sendiri sudah meminum satu pil tersebut, seperti diperlihatkan di chapter 58 kemarin.

Banyak para fans yang kemudian berteori mengenai apa yang kemungkinan menjadi efek samping dari obat yang diberikan Amado. Momen di mana Boruto mampu mengendalikan Karma saat menghadapi Code kemarin dianggap menjadi efek samping yang dimaksud. Sebenarnya, masih belum diketahui apakah Boruto memang mampu mengendalikan Karma miliknya.

Tetapi, dengan perbedaan kemunculan Karma dari yang diperlihatkan sebelumnya memberikan petunjuk bahwa mungkin memang kali ini Boruto mulai bisa memegang kendali. Boruto sendiri sejauh ini sudah diperlihatkan tiga kali menggunakan kemampuan Karma Momoshiki. Pertama, ketika Boruto berhadapan dengan Boro. Kedua, ketika Boruto tidak sengaja pingsan dan kehabisan tenaga saat berhadapan dengan Isshiki.

Dan pertarungan melawan Code menjadi yang ketiga kalinya kemunculan Karma tersebut. Dua kemunculan pertama Karma Momoshiki, Boruto selalu memiliki tanduk di kepalanya – meskipun hanya di salah satu bagian. Kemudian matanya pun diperlihatkan mirip dengan sosok Momoshiki. Berdasarkan penjelasan di ceritanya, dalam mode ini, tubuh dari wadah Otsutsuki berhasil diambil alih oleh Otsutsuki untuk sementara.

Namun, dalam pertarungan melawan Code kemarin, kita melihat sesuatu yang berbeda. Tidak ada tanduk di kepala Boruto dan juga salah satu bagian mata Boruto terlihat polos alias tidak memperlihatkan mata Momoshiki. Inilah yang kemudian memunculkan asumsi di kalangan fans, bahwa mungkin Boruto sudah mulai bisa mengendalikan Karma miliknya karena bisa dipastikan bahwa dia masih dalam keadaan sadar. Dan juga di sisi lain, mata polos tersebut bisa jadi juga adalah penggunaan Jougan.

Pertanyaan besarnya kemudian bagaimana hal itu bisa terjadi? Dalam momen pasca pertarungan melawan Isshiki, Boruto berhasil mengembalikan kembali tubuhnya setelah Momoshiki dipaksa menyerap chakra dari teknik ninja yang dilakukan oleh Kawaki. Hal itu membuat Boruto kembali sadar dan berusaha untuk mendapatkan kembali tubuhnya.

Sengeri Apa Kekuatan Boruto yang Kesurupan Momoshiki? Ini Analisisnya! - MediaRiau.com

Artinya Boruto cukup kuat untuk bisa mengendalikan tubuhnya dari Momoshiki. Dengan Boruto yang sudah meminum obat dari Amado, yang pada awalnya memang digunakan untuk melemahkan kekuatan Otsutsuki, bisa jadi kemampuan Momoshiki kembali berkurang dan Boruto kembali mampu mengendalikan atau menggunakan Karma sesuai keinginannya.

Jika memang Boruto mampu mengendalikan Karma Momoshiki berkat pil Amado, artinya Boruto hanya perlu terus meminum obatnya sampai dia benar-benar bisa mengendalikan Karma tersebut secara penuh. Seperti yang Amado ungkapkan, Karma tidak bisa dihilangkan dari tubuh seseorang, kecuali tubuh tersebut mati sebelum proses perubahannya selesai.

Saat ini, proses perubahan Momoshiki di tubuh Boruto sudah mencapai 80% yang mana ini bisa diartikan bahwa Boruto memang harus meminum pil Amado untuk bisa menahan proses Otsutsukifikasi. Dan di sisi lain, pil tersebut membuat Boruto bisa mulai belajar mengendalikan Karma miliknya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter mendatang ya Geeks!