Sony Pictures adalah perusahaan hiburan Amerika Serikat yang sudah sejak tahun 90-an memegang hak atas Spider-Man dan semua yang berhubungan dengannya. Sementara Disney dan Marvel Studios akhirnya mendapatkan hak atas X-Men dan Fantastic Four setelah mengakuisisi perusahaan 20th Century pada tahun 2019, sampai sekarang Sony masih cukup aktif mengembangkan waralaba Marvel versinya sendiri. Bahkan Sony mempunyai universe Marvelnya sendiri yang disebut Sony’s Spider-Man Universe.

Sony hanya memperbolehkan perusahaan lain untuk menampilkan Spider-Man setelah melalui proses kesepakatan bersama, seperti yang dilakukannya bersama Disney terkait karakter Spider-Man versi Marvel Cinematic Universe yang diperankan oleh Tom Holland. Saat ini Sony telah sukses dengan tayangan Marvelnya, seperti Venom (2018), Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018), dan yang terbaru Venom: Let There Be Carnage (2021). Kedepannya Sony masih akan merilis film Morbius dan sekuel Spider-Man: Into the Spider-Verse pada tahun 2022, serta Kraven the Hunter pada tahun 2023.

Dan sekarang, Sony telah menambahkan dua jadwal film baru untuk tahun 2023, di mana keduanya diisi oleh film Marvel Sony yang masih dirahasiakan. Selain film Kraven the Hunter yang dijadwalkan pada bulan Januari 2023, dua jadwal baru film Marvel Sony tersebut ditetapkan pada tanggal 23 Juni 2023 dan 6 Oktober 2023.

Sebelumnya pada tahun 2020, Deadline sempat mengabarkan bahwa sutradara Olivia Wilde akan mengarahkan sebuah film yang berfokus pada karakter manusia laba-laba versi wanita, yang kemungkinan Spider-Woman. Kemudian rumor lain juga menyebutkan bahwa Sony berencana membuat film animasi spin-off Spider-Man: Into the Spider-Verse dengan Spider-Gwen sebagai fokus utamanya, di mana dia akan membentuk tim super yang terdiri dari superheroin laba-laba wanita dari Spider-Verse, seperti Silk dan Spider-Woman

Selain itu, belum lama ini juga jurnalis Anthony D’Alessandro mengungkap bahwa Sony sedang menyiapkan Sinister Six versi mereka sendiri. Walaupun ketiganya belum ada konfirmasi resmi dari Sony, bisa saja kedua jadwal baru tersebut akan diisi oleh film-film yang telah dirumorkan sebelumnya. Apapun filmnya, cukup jelas bahwa tahun 2023 akan menjadi tahun yang sangat penting bagi Sony dalam pengembangan Sony’s Spider-Man Universe-nya. Kita nantikan saja kabar tentang SSU selanjutnya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.