Sepertinya hampir semua orang mengenal aktor Robert Downey Jr., terutama dalam perannya di Marvel Cinematic Universe sebagai Tony Stark alias Iron Man. Pada tahun 2006, Marvel mengumumkan bahwa Downey Jr. terpilih sebagai pemeran Iron Man di film yang tayang dua tahun kemudian, yaitu Iron Man (2008). Sejak saat itu, Marvel dan Downey Jr. saling “menyelamatkan” satu sama lain, Downey Jr. kariernya semakin cemerlang dan Marvel akhirnya bangkit kembali dengan sebuah Cinematic Universe baru yang terkenal sampai saat ini.

Selama hampir 13 tahun lamanya bekerja sama dengan Marvel Studios, Robert Downey Jr. mengakhiri perannya sebagai Iron Man di film Avengers: Endgame (2019), di mana karakternya diceritakan melakukan pengorbanan heroik untuk menyelamatkan alam semesta. Sejak terlibat dengan film-film MCU, Downey Jr. melebarkan sayapnya di dunia akting dengan beberapa film sukses lainnya, termasuk Tropic Thunder (2008) dan waralaba Sherlock Holmes (2009-2011). Namun, ternyata jauh sebelum Downey Jr. seterkenal sekarang, dia pernah hampir perankan karakter Marvel lain, yaitu Doctor Doom.

Dalam buku The Story of Marvel Studios: The Making Of The Marvel Cinematic Universe, sutradara Iron Man, Jon Favreau mengungkap fakta menarik terkait Robert Downey Jr. ketika MCU baru pertama kali berdiri. “Marvel sudah pernah bertemu dengan [Robert Downey Jr.] sebelumnya, saya pikir, untuk memerankan Doctor Doom,” ungkap Favreau.

Doctor Doom yang dimaksud adalah supervillain Victor Von Doom di film Fantastic Four (2005) yang diproduksi oleh 20th Century Fox jauh sebelum MCU lahir. Filmnya disutradarai oleh Tim Story, serta dibintangi oleh Ioan Gruffudd sebagai Reed Richards, Jessica Alba sebagai Sue Storm, Chris Evans sebagai Johnny Storm, Michael Chiklis sebagai Ben Grimm, dan Julian McMahon sebagai Victor Von Doom.

Tidak jelas apakah Robert Downey Jr. membatalkan peran Doctor Doom tersebut atau justru Fox yang pada akhirnya lebih memilih aktor Julian McMahon. Pada tahun 2005, Downey Jr. baru saja kembali dalam dunia akting setelah sebelumnya tersangkut kasus penyalahgunaan narkoba. Reputasinya hancur setelah dia ditangkap pada tahun 2000 dan 2001. Jadi, cukup masuk akal jika pada tahun 2005 banyak perusahaan film yang tidak ingin mengambil risiko dengan melibatkan Downey Jr.

Syukurnya, pada saat itu Jon Favreau bersikeras ingin Downey Jr. menjadi Tony Stark di filmnya. Sebuah pilihan yang berisiko, tetapi melihat hasilnya sekarang, tampaknya tidak ada penyesalan bagi Downey Jr., Favreau, dan Marvel Studios. Sampai saat ini, Robert Downey Jr. masih tetap aktif sebagai aktor Hollywood yang akan terlibat dengan berbagai proyek menarik pada masa depan. Kita nantikan saja film-film selanjutnya dari Downey Jr. ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.