Seperti yang sudah kita ketahui, Yonko merupakan istilah untuk menyebutkan empat orang bajak laut penguasa samudera. Mereka adalah penguasa wilayah di New World, dan bajak laut terkuat. Yonko sendiri memiliki wilayah kekuasaannya masing-masing di New World, dan dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, wajar jika mereka adalah ancaman terbesar bagi Pemerintah Dunia.

Satu hal yang spesial dari seorang Yonko adalah level kekuatan mereka sangat dekat dengan sang raja bajak laut, Gol D. Roger. Banyak yang berteori bahwa Yonko sendiri adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Pemerintah Dunia, yang mana artinya bisa jadi adanya pergantian (rolling) dari titel ini. Dan hal ini sudah kita lihat dengan adanya pergantian anggota dari Whitebeard ke Blackbeard, setelah Whitebeard tewas di Marineford.

Namun, yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah sistem Yonko ini akan terus berjalan sampai akhir cerita? Besar kemungkinan bahwa sistem Yonko ini akan dihapuskan. Terdapat sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa Oda kemungkinan akan menghapus sistem Yonko pasca apa yang terjadi di pertempuran Onigashima. Ada dua alasan utama dari penghapusan sistem tersebut.

Post | Greenscene | FIlm | Komik | Series | Anime | Game | Halaman 128Pertama, adanya perubahan generasi dari generasi lama ke generasi baru. Hal ini sebenarnya sudah beberapa kali diberikan petunjuk oleh Oda Sensei dalam ceritanya. Contohnya adalah ketika Marco mengatakan bahwa saat ini merupakan eranya generasi baru untuk maju. Kemudian hal ini pun muncul dalam ramalan yang ditulis dalam buku catatan Kozuki Oden.

Seperti yang diungkapkan oleh Yamato, dalam buku catatan Oden tersebut menyebutkan bahwa akan muncul sebuah kekuatan baru (generasi baru) yang mampu menghancurkan kekuatan Kaido dan membawa cahaya baru bagi Wano. Perlu dicatat bahwa ini merupakan tulisan dari 20 tahun lalu, yang mana bisa jadi tulisan tersebut berasal dari catatan Poneglyph yang ada di Laugh Tale. Artinya ramalan tersebut jauh lebih lama lagi usianya.

Kemudian petunjuk terakhir muncul di chapter 1029 kemarin. Ketika Hawkins bertarung dengan Killer, dia sempat menggunakan kemampuan kartu tarotnya. Pertama dia menggunakan kartu Straw Man, yang mana hal tersebut tidak terlalu membantu. Kemudian Hawkins mengeluarkan kartu “Tower” yang mana hal itu membuat Hawkins terkejut.

onepiece1029spoilers - Twitter Search / Twitter

Kartu “Tower” sendiri bisa diartikan sebagai hancurnya sebuah generasi atau era. Bisa jadi juga merupakan pertanda buruk bagi seseorang. Bagi Hawkins, kartu tersebut menjadi pertanda bahwa dia akan kalah – dan benar saja dia kemudian kalah oleh Killer. Di sisi lain, hancurnya generasi yang dimaksud bisa jadi adalah hancurnya generasi lama yang diwakili oleh kekalahan Big Mom dan Kaido.

Alasan kedua, koneksi atau hubungan yang terjalin diantara para generasi baru ini pun menjadi kunci “hancurnya” sistem Yonko. Para Yonko saat ini – Big Mom, Kaido, Shanks, dan Blackbeard – merupakan bagian dari generasi lama. Mereka saling membenci satu sama lain. Meski pun beberapa diantara mereka ada juga yang saling menghormati, namun pada dasarnya mereka saling membenci.

Contohnya adalah Big Mom, Kaido, dan Whitebeard yang dahulunya adalah bagian dari kelompok Rocks D. Xebec, pernah saling bertarung satu sama lainnya. Mereka mencoba untuk menghabisi nyawa rekan mereka sendiri. Shanks sendiri memiliki sosok yang menjadi idolanya yaitu Gol D. Roger, sedangkan Blackbeard memiliki sosok idola Rocks D. Xebec. Keduanya saling bertentangan dalam hal tujuan.

LINK BACA dan SPOILER Manga One Piece Chapter 1022 Perang Puncak Tersisa 15 Menit, Eustass Kapten Kid Mati? - Portal Jember

Pada intinya, para Yonko ini tidak memiliki hubungan baik diantara mereka. Dan tentunya akan sangat masuk akal jika masing-masing mereka menganggap bahwa Yonko lainnya adalah ancaman besar. Di sisi lain, generasi baru sangatlah berbeda. Generasi baru ini dipimpin oleh Luffy, Kidd, dan Law. Mereka akan mengambil alih “titel” Yonko tersebut, dan membangun kekuatan dan peran mereka sendiri.

Namun, yang membedakan adalah hubungan yang terjadi diantara mereka (para generasi baru). Mereka melihat sosok lainnya sebagai rival, bukan musuh. Mereka (para generasi baru) juga sepertinya memiliki tujuan dan mimpi yang sama, sehingga tidak jarang para generasi baru ini justru saling membantu. Contohnya adalah seperti yang terjadi di Onigashima ini, di mana ketiganya saling membantu mengalahkan Kaido dan Big Mom.

Dengan berbagai perbedaan antara dua generasi tersebut, ada kemungkinan bahwa istilah “Yonko baru” sebenarnya tidak lagi efektif. Karena, sistem Yonko tersebut akan hancur dengan sendirinya. Luffy pada akhirnya akan mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut. Sedangkan Law dan Kidd akan menjadi bajak laut yang sangat berpengaruh di lautan. Hubungan yang terjadi diantara mereka pun bisa dipastikan akan semakin erat, meski pun mereka tetap menganggap masing-masing sebagai rival.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.