Seorang bajak laut tidak akan menjadi bajak laut tanpa kehadiran kapal bajak laut yang digunakan untuk berpetualang melintasi samudera. Hal ini juga diterapkan dalam cerita One Piece, seri manga dan anime karya Eiichiro Oda yang bertema bajak laut. Oda Sensei banyak menghadirkan kapal-kapal menarik dalam ceritanya, mulai dari kapal biasa bahkan sampai kapal legendaris.

Thousand Sunny merupakan salah satu kapal yang populer di serinya. Sunny merupakan kapal yang digunakan oleh kelompok Topi Jerami dalam berpetualang. Melihat bagaimana Going Merry hancur akibat berbagai kerusakan yang ada, hal ini pun bisa terjadi juga terhadap Sunny. Dan jika itu terjadi, maka perlu ada pengganti dari Sunny. Apalagi, dengan mendekati cerita akhir serinya, diperlukan juga sebuah kapal yang memumpuni. Berikut adalah kapal yang bisa digunakan oleh kelompok Topi Jerami pada masa yang akan datang.

Oro Jackson

Dibuat oleh seorang ahli kapal legendaris dari Water Seven, Tom, Oro Jackson adalah sebuah maha karya yang luar biasa dari seorang Tom. Kapal ini sendiri dibangun dari material yang tidak biasa, yaitu kayu mustika Adam. Mengapa material ini istimewa, selain karena materialnya bisa dibilang material nomor satu dan tahan terhadap apapun, kayu dan pohon ini juga sangat langka. Bahkan disebutkan pohon Adam sendiri hanya ada beberapa buah dan baru bisa digunakan setelah 3000 tahun.

Selain materialnya yang kuat, Oro Jackson juga dilengkapi oleh persenjataan yang mumpuni. Posisi meriamnya sendiri terlihat di bagian depan kapal, yang juga kemungkinan ada di bagian samping. Oro Jackson sejauh ini menjadi satu-satunya kapal yang sudah berhasil melintasi seluruh Grand Line dan tiba di Laugh Tale. Setelah kru Roger dibubarkan, kapal Oro Jackson sendiri “menghilang” tanpa diketahui keberadaanya. Mungkin Rayleigh bisa memberi tahu di mana posisinya dan memberikan Luffy izin untuk menggunakan kapal tersebut.

Queen Mama Chanter

Queen Mama Chanter adalah kapal yang digunakan oleh kelompok bajak laut Big Mom, salah satu dari empat penguasa lautan. Menjadi kapal yang digunakan oleh Yonko, tentunya masuk akal jika Queen Mama Chanter menjadi salah satu kapal terkuat di seriesnya. Queen Mama Chanter sendiri sudah pernah mengarungi lautan yang terganas sekalipun tanpa mengalami kerusakan sedikit pun.

Mengenai kemampuan serangannya, Queen Mama Chanter diyakini lebih dari cukup untuk bisa menghadapi kapal milik angkatan laut. Yang unik adalah sama halnya dengan semua benda atau apa pun yang berada di bawah kekuasaan Big Mom, Queen Mama Chanter juga adalah kapal yang memiliki kenyamanan tinggi. Queen Mama Chanter juga pernah berhasil menghancurkan kapal milik Fishter Tiger dalam satu kali serangan. Saat ini, kapal Big Mom tersebut sedang “terdampar” di bawah air terjun Wano. Setelah Big Mom berhasil dikalahkan, Luffy bisa saja mengambil alih kapalnya.

Pluton

Sebelumnya, para fans diperkenalkan dengan konsep senjata kuno, yaitu tiga senjata terkuat di seri One Piece. Namun, tidak diketahui apa dan bagaimana senjata kuno tersebut. Oda Sensei kemudian menjelaskan dalam cerita bahwa salah satu diantaranya, Pluton, ternyata berbentuk kapal atau dengan kata lain Pluton adalah sebuah kapal laut terkuat yang menjadi salah satu senjata kuno.

Memang belum diketahui apa yang bisa dilakukan oleh Pluton, tetapi dijelaskan bahwa Pluton mampu menghancurkan pulau. Banyak yang mencoba mencari cetak biru dari Pluton, salah satunya adalah angkatan laut. Crocodile sendiri mengetahui di mana lokasi dari Pluton tersebut. Sayangnya, sampai saat ini masih Pluton masih belum diperlihatkan. Dengan Franky yang sempat memegang dan mengetahui cetak biru Pluton sebelum dia membakarnya, dia bisa saja membangun kapal Pluton untuk menggantikan Sunny dan menjadi persiapan menghadapi pertempuran terakhir.

Membuat Kapal Baru

Selain Pluton, Franky bisa saja mendesain sebuah kapal baru seperti halnya yang dia lakukan terhadap Thousand Sunny. Seperti yang kita ketahui, setelah Going Merry hancur Luffy dan yang lain kebingungan dengan kelanjutan petualangan mereka. Sampai kemudian Franky membuatkan kapal baru yaitu Sunny. Dan dengan adanya Franky yang menjadi bagian dari kru Luffy, artinya bisa saja dia membuat kapal baru setelah semua peperangan di Onigashima selesai.

Kapal tersebut bisa didesain dengan ukuran yang lebih besar dan lebih luas, sehingga dibuat nyaman. Dan yang tidak luga juga adalah kapal terbaru ini dilengkapi dengan berbagai hal seperi persenjataan yang mumpuni dan juga pertahanan yang dahsyat. Mungkin di Wano terdapat material untuk membuat kapal yang bisa mendukung proyek ini.