Optimus Prime adalah simbol harapan bagi para Autobots, begitu juga bagi Bumi dan semua isinya. Prime hadir sebagai pemimpin sekaligus pemersatu Autobots yang bijaksana, tenang, tegas, karismatik, dan juga disukai oleh semua Autobots. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, sampai sekarang semua orang bisa dengan mudah mengenali Prime. Ciri khasnya adalah tubuh berwarna biru dan merah. Walaupun secara desain mungkin banyak mengalami perubahan, tetapi warna khasnya tidak dimiliki Transformers lain. Dari sekian banyaknya desain, berikut 5 desain terbaik Optimus Prime!

Optimus Prime – G1

Sebagai desain yang pertama kali dikenal oleh penggemar di serial kartun Transformers (1984), Optimus Prime G1 hadir dengan penampilan sederhana, kepala biru dan tubuh berwarna merah. Bagian mobilnya juga cukup jelas, dengan kaca depan mobil di dada, grill mesin di perut, roda depan di pinggang, dan knalpot samping di kedua bahunya. Sebagai pemimpin Autobots yang karismatik, bisa dibilang Optimus Prime G1 adalah Autobot terkuat dibanding robot-robot seukurannya. Dia sering terlihat membawa ion blaster besar dan Energon-Axe yang selalu dia gunakan untuk mengalahkan para Decepticons.

Optimus Prime – Star Convoy

Setelah Transformers terkenal di Amerika, Jepang menciptakan serial serupa dengan gaya anime. Sementara di awal serialnya Optimus Prime diceritakan mati, beberapa tahun kemudian Jepang memutuskan untuk membangkitkan kembali Prime. Diceritakan bahwa Autobots Battlestars mengambil jasad Prime dari Planet Lucifer, dan kemudian menggunakan energi Zodiac untuk menghidupkan kembali Prime, yang akhirnya terlahir kembali sebagai “Star Convoy”. Perubahan desainnya yang drastis sangat mencerminkan desain anime, dengan bintang emas di dadanya dan cannon di kedua bahunya.

Optimus Prime – Prime

Walaupun desainnya terkesan sedikit bulky, tetapi desain Optimus Prime di serial Transformers Prime (2010) sangat pas untuk gaya animasinya, dan membuatnya tampak lebih lincah dan sekaligus kuat. Walaupun begitu, pada dasarnya ciri khas Prime tetap sama, yaitu kaca depan truk di dadanya. Di serialnya, Optimus Prime diceritakan sebagai robot terakhir dari Tiga Belas Transformers asli. Sama seperti semua versi Prime, dia adalah sosok pemimpin yang tenang dan bijaksana. Hal itu yang membuat para Autobots melihatnya sebagai harapan terakhir saat menghadapi para Decepticons.

Optimus Prime – Live-action Transformers

Mungkin sebagian orang membenci desain Optimus Prime yang terlalu rumit di film live-action karya Michael Bay. Namun, dibanding semua desainnya di 5 film karya Michael Bay, Optimus Prime di film pertama Transformers (2007) adalah sebuah gebrakan awal lahirnya Prime versi live-action. Tampilan truk dengan corak api membuatnya lebih keren sekaligus sangar. Kaca depan dan pintu truk terlihat jelas di dadanya. Ditambah lagi pengisi suara Petter Cullen kembali mengisi suara Prime, setelah sebelumnya mengisi suara di serial kartunnya. Desain dan suara Prime sangat mencerminkan pemimpin Autobots sejati.

Optimus Prime – Rise of the Beasts

Dari semua desain Optimus Prime yang ada, mungkin desain di film Rise of the Beasts nanti adalah yang terbaik. Pertama kali diperlihatkan di film Bumblebee (2018), saat flashback War of Cybertron, tampilan Prime kali ini sangat memenuhi harapan banyak penggemar. Dengan tetap mengacu pada desain Prime di G1, sentuhan CGI modern membuat penampilan Prime sangat mustahil untuk dibenci. Kaca depan di dada, knalpot di bahu, adalah Prime yang selama ini ada diingatan penggemar. Kita nantikan aksi Optimus Prime di film Transformers: Rise of the Beasts, yang akan dirilis pada tanggal 24 Juni 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.