World War Hulk adalah salah satu kisah Marvel Comics paling menarik yang berfokus pada karakter Hulk. Serial komik 5 edisi yang dirilis pada tahun 2007 ini ditulis oleh Greg Pak dan digambar oleh John Romita Jr. Cerita komiknya dimulai dengan Hulk yang menaruh dendam dan amarah pada tim super Illuminati. Hal itu karena tim yang beranggotakan para superhero genius tersebut telah melemparkan Hulk ke Planet Sakaar agar jauh dari Bumi. Mengetahui bahwa Hulk ingin mencoba untuk kembali, pada superhero melihatnya sebagai ancaman serius bagi Planet Bumi.

Saat di Sakaar, Hulk tumbuh makin kuat dan makin marah pada Illuminati, khususnya pada Iron Man, Mister Fantastic, Doctor Strange, dan Black Bolt. Di Sakaar, Hulk membuat pesawat ruang angkasa bersama kelompoknya yang disebut Warbound. Setelah pesawat tersebut selesai dan mengudara, di ruang angkasa dendam Hulk makin menguasainya pikirannya, dia menyalahkan Illuminati atas kematian istrinya yang sedang mengandung, yaitu Caiera Oldstrong. Melalui mimpi Jennifer Walters alias She-Hulk, para superhero mengetahui bahwa Hulk sedang menuju ke Bumi untuk balas dendam.

Sebelum masuk ke Bumi, Hulk menyempatkan diri untuk mendatangi Bulan, di sana dia menemukan Black Bolt, dan pertarungan mereka pun tidak terhindarkan. Sementara awalnya Black Bolt tampak menang, ternyata Hulk jauh lebih kuat dari sebelumnya. Hulk yang memenangkan pertarungan kemudian menuju Kota New York dan memperlihatkan Black Bolt yang babak belur. Dia meminta kehadiran Illuminati, di mana hal itu membuat seluruh penduduk New York yang ketakutan untuk melakukan evakuasi.

Menyadari bahwa ancamannya sangat serius, Iron Man dan Doctor Strange meminta bantuan pada Sentry untuk menghentikannya ketika waktunya tiba. Beberapa saat kemudian, Hulk kembali ke New York dan langsung disambut oleh Iron Man yang mengenakan Hulkbuster yang telah disempurnakan. Setelah pertarungan mereka menyebabkan kehancuran yang cukup besar di New York, pada akhirnya Hulk berhasil melumpuhkan Iron Man.

Sementara tim Avengers yang tersisa dikalahkan oleh Hulk bersama Warbound-nya, Hulk mengamuk pada Mister Fantastic dan anggota Fantastic Four yang lain, seperti Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing. Lagi-lagi tidak ada yang bisa mengalahkan Hulk, justru mereka semua babak belur. Dari keempat Illuminati yang diincarnya, sekarang tinggal tersisa Doctor Strange. Saat para Avengers sudah tidak tersisa, Strange mencoba memanipulasi pikiran Hulk untuk melawannya di alam mimpi. Namun, di dalam mimpi tersebut, justru Hulk meremukan tangan Strange agar tidak bisa menggunakan sihir.

Hulk bersama Warbound-nya kemudian mengubah Madison Square Garden di New York menjadi arena gladiator seperti Sakaar. Di Sanctum Sanctorum, Doctor Strange diburu oleh Warbound Hiroim dan Elloe yang berhasil mengalahkan Iron Fist, Ronin dan Echo. Doctor Strange kemudian memanggil Zom untuk memulihkan tangannya. Setelah mengganti tangannya dengan gada berduri, Strange mengalahkan Hiroim. Di arena gladiator, Doctor Strange menantang Hulk dan menyerangnya. Namun, setelah melalui pertarungan yang sengit, Hulk pun berhasil membuat Strange pingsan.

Hulk kemudian memasang Obedience Disks Sakaar pada para superhero agar mereka mematuhinya. Selanjutnya Hulk menyuruh para superhero untuk saling bertarung, termasuk mengadu mereka dengan monster Devil Corker dari Sakaar. Sampai akhirnya Sentry merasa jengah dan mulai menghampiri Hulk untuk menghentikannya. Mereka pun kemudian bertarung, dan dampak kehancurannya jauh lebih besar dari pertarungan-pertarungan Hulk sebelumnya.

Saat Hulk dan Sentry saling melempar pukulan, tidak terasa energi yang mereka gunakan mengalir deras dan membuat mereka berdua kembali ke wujud manusianya masing-masing. Salah satu anggota Warbound, yaitu Miek, berteriak bahwa Hulk belum selesai membalas dendam. Miek kemudian berniat menusuk Bruce Banner, tetapi Rick Jones menyelamatkannya dan malah tertusuk, membuat Banner kembali menjadi Hulk. Miek mengungkapkan bahwa dia adalah penyebab kematian massal di Sakaar, termasuk istri Hulk.

Sementara Miek langsung dibunuh oleh Hulk, Kota New York mulai berguncang hebat karena langkah kaki Hulk yang makin mengamuk. Tony Stark kemudian menggunakan sinar yang meniadakan radiasi gamma di satelit untuk mengalahkan Hulk. Hulk pun akhirnya kembali menjadi Banner dan pingsan, disaksikan oleh para superhero Bumi yang tersisa. Di akhir, terungkap bahwa Hulk disimpan dalam keadaan koma di pangkalan bawah tanah. Sementara di Sakaar, sesosok raksasa hijau lain yang berambut panjang muncul dari permukaan planet, dia adalah Skaar, putra Hulk yang selamat dari kematian ibunya.

Kisah World War Hulk pun akhirnya selesai dengan memperlihatkan betapa ganasnya Hulk, serta betapa kuatnya Hulk sampai tidak ada satu pun superhero yang bisa menghentikannya, bahkan oleh Sentry yang digadang-gadang sebagai superhero terkuat di Marvel Universe. Rumornya, kisah World War Hulk ini akan diadaptasi oleh Marvel Studios untuk sebuah film Marvel Cinematic Universe mendatang. Mark Rufallo akan kembali sebagai Hulk dengan film solonya sendiri. Kita nantikan saja kebenaran rumor ini pada masa yang akan datang ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.