Mandarin adalah supervillain Marvel yang namanya sudah sangat terkenal di Marvel Comics. Sejak pertama kali diperkenalkan di Marvel Comics pada tahun 60-an, Mandarin adalah salah satu musuh bebuyutan Tony Stark alias Iron Man. Sebagai pengguna ilmu sihir dan “Mandarin’s Rings”, Mandarin selalu membuat Iron Man kewalahan. Bahkan dalam beberapa kesempatan Iron Man terpaksa bekerja pada Mandarin karena tidak mampu mengalahkannya secara langsung. Berbeda dengan di Marvel Cinematic Universe, di mana Mandarin asli baru melakukan debutnya di film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings.

Di film Shang-Chi, Mandarin adalah antagonis utama yang diperankan oleh Tony Leung. Mandarin hadir sebagai ayah kandung Shang-Chi sekaligus pemimpin organisasi misterius yang dikenal sebagai Ten Rings. Selain itu, dia juga mengenakan senjata Ten Rings, yang membuat karakternya makin hebat dan berbahaya. Walapun Mandarin asli baru muncul, sebenarnya organisasi Ten Rings sudah disinggung sejak film Iron Man (2008). Kemudian Mandarin palsu muncul di Iron Man 3 (2013), sebagai kedok supervillain Aldrich Killian. Marvel kembali menyinggung Mandarin di One-Shot: All Hail the King (2014).

Baru-baru ini, dalam buku The Story of Marvel Studios: The Making of the Marvel Cinematic Universe, produser Iron Man sekaligus Wakil Presiden Marvel Studios Jeremy Latcham mengungkapkan bahwa Marvel membatalkan debut Mandarin di film Iron Man.

Awalnya Mandarin digambarkan sebagai penjahat utama sekaligus saingan Tony Stark yang memiliki gedung di sebelah Stark Industries, sementara Obadiah Stane adalah penjahat kedua. Mandarin membuat lubang dari gedungnya yang tersambung ke bawah tanah Stark Industries, yang memungkinkannya untuk mencuri teknologi Tony Stark.

Tidak terbayang jika Mandarin benar-benar melakukan debut di film Iron Man, kisah Iron Man kemungkinan akan sangat berbeda dengan apa yang kita tahu sekarang. Begitu juga dengan Mandarin, jika saja dia muncul sebagai penjahat yang ingin mencuri teknologi Stark pada saat itu, Mandarin tidak akan dikenal seperti di film Shang-Chi, di mana dia hadir sebagai sosok yang erat dengan mitologi Tiongkok dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu karena kesaktiannya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.