Apa yang Akan Terjadi di Planet Arrakis?

Dengan kekuasaan Atreides di Arrakis yang sekarang sudah sirna, artinya House Harkkonen akan kembali berkuasa di planet tersebut. Salah satu rencana besar yang dihadirkan dalam ceritanya adalah tentang keluarga Harkkonen yang mencoba menghancurkan House Atreides. Sang kaisar merasa terancam dengan kepopuleran dari Duke Leto Atreides di Landsraad – dewan politik Great Houses. House Atreides sendiri memiliki dua rencana besar di Arrakis, pertama adalah menghilangkan ancaman sang kaisar dan juga melayani pertempuran dengan House Harkkonen.

Cerita Selanjutnya di Dune 2?

Masih ada banyak hal yang akan dihadirkan oleh Denis Villeneuve dalam cerita Dune. Bahkan, film pertamanya sendiri masih belum menyentuh kompleksitas dan mengeksplor lebih jauh dari suku Fremen. Dune 2 kemungkinan akan menggali lebih dalam mengenai hal tersebut. Karena, Paul dan Jessica saat ini sudah diterima menjadi bagian dari mereka, dan keduanya akan mendapatkan dukungan dari suku Fremen.

Dengan mendapatkan dukungan dari suku Fremen, Paul akan mampu mengumpulkan seluruh kelompok Fremen yang ada untuk kemudian menghancurkan House Harkkonen. Para penduduk Arrakis dan Paul memiliki motivasi dan musuh yang sama kali ini. Sebelum kemunculan House Atreides, House Harkkonen berkuasa selama 80 tahun, mengancam keselamatan suku Fremen, dan mengeruk kekayaan alam mereka yaitu Melange.

Arti Sebenarnya dari Cerita Akhir Dune

Bagian pertama dari filmnya memperlihatkan perjalanan Paul sebagai seorang pahlawan, dan hal itu sepertinya memang disengaja. Frank Herbert sendiri melakukan dekonstruksi karakter Paul Atreides di bagian kedua Dune dan juga seri lainnya. Villeuneve sepertinya akan melakukan hal yang sama seperti Frank Herbert. Bagaimana Paul dipaksa harus menghabisi nyawa seseorang menjadi awal dari berbagai keputusan sulit yang harus dialami dan diambil oleh Paul di kemudian hari.

Ini juga menjadi bukti bahwa perjalanan Paul menjadi seorang pahlawan tidak 100% heroik. Kepemimpinan Paul akan menghasilkan jutaan kematian, tetapi hal tersebut akan menjadi awal dari misi balas dendam terhadap mereka yang sudah menghabisi keluarganya – House Harkkonen dan sang kaisar. Cerita akhir Dune bukanlah cerita akhir yang membahagiakan dan juga memang tidak diharapkan seperti itu.

Semua yang dihadirkan di seri Dune sebenarnya menghadirkan ide dari Frank Herbert yang coba dihadirkan dalam cerita, yaitu tidak ada yang namanya seorang pahlawan sejati, semuanya adalah seorang pahlawan dalam cerita mereka masing-masing.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.