Pedang merupakan salah satu senjata yang paling banyak digunakan dalam cerita One Piece, selain pistol dan tentunya tangan kosong. Ada banyak sekali karakter yang digambarkan sebagai pengguna pedang, misalnya Roronoa Zoro yang terkenal akan gaya santoryu atau penggunaan tiga pedang, kemudian Brook, Mihawk, Shanks, dan masih ada banyak lagi karakter lainnya.

Gol D. Roger sang raja bajak laut juga ternyata merupakan karakter yang menggunakan pedang untuk pertempuran yang dia lakukan. Memang, Roger jarang diperlihatkan menggunakan pedang dalam setiap pertempurannya meskipun terlihat dia selalu membawa sebuah pedang. Tetapi, sama seperti Gryphon milik Shanks, tidak diketahui apa tingkatan atau jenis pedang dari Roger.

Saat bertarung melawan Shiki dan armadanya yang sangat banyak di Edd War, diperlihatkan bahwa Roger menggunakan sebuah pedang di salah satu tangannya dan sebuah pistol di tangan lainnya. Roger juga pernah diperlihatkan menggunakan pedang saat melawan kelompok bajak laut Rocks, ketika peristiwa God Valley berlangsung. Pada saat itu, Roger dipaksa bekerja sama dengan Garp untuk menghabisi Rocks.

Dia juga pernah diperlihatkan menggunakan pedang di beberapa pertarungan lainnya, misalnya ketika Roger dan Whitebeard bertarung selama tiga hari tiga malam di sebuah pulau tanpa berhenti. Dalam beberapa chapter lainnya dimana Roger menggunakan pedang, memang tidak diperlihatkan secara jelas bagaimana bentuk dan warna dari pedang Roger tersebut.

Namun, pada chapter 982 kita diperlihatkan sedikit bagaimana bentuk dari pedang Roger. Dari chapter tersebut terlihat bentuk pedang Roger memiliki kemiripan dengan struktur Black Blade, yaitu ketika pedang dengan level tertinggi seperti Shusui dan Murakumogiri dialiri oleh Armament Haki.

Seperti yang dijelaskan oleh Tenguyama, untuk bisa merubah pedang dengan level tertinggi menjadi Black Blade butuh usaha yang tinggi dan tidak bisa sembarangan. Harus ada keterkaitan antara pedang dan penggunanya. Si pengguna juga harus bisa mengendalikan kekuatan besar dari pedangnya dan yang lebih penting adalah harus sering digunakan.

Di chapter 912, dalam salah satu panel yang menjelaskan tentang 12 pedang dengan level supreme, terdapat satu pedang yang mirip pedang Roger. Dan setelah sekian lama menjadi misteri, kita akhirnya mendapatkan jawaban pasti dari Oda Sensei terkait dengan pedang milik Roger ini. Informasinya berasal dari Vivre Card terbaru yang dirilis pada Juli kemarin.

Ada dua hal menarik yang muncul dalam Vivre Card tersebut terkait dengan pedang dari Roger. Yang pertama, pedang Roger berjenis Cutlass atau pedang dengan ukuran mata pisau yang pendek. Pedangnya sendiri memang ternyata dikonfirmasi merupakan salah satu dari 12 pedang dengan level supreme. Roger juga sering kali melapisi pedangnya dengan Haki.

Jika melihat dari cerita masa lalunya, Roger kemungkinan mendapatkan pedang tersebut di tengah-tengah petualangannya. Dia menggunakannya di seluruh petualangannya menuju Laugh Tale, sampai kemudian dia hendak dieksekusi oleh Pemerintah Dunia. Fakta menarik kedua adalah ternyata pedang Roger tersebut bernama ‘Ace.’

HD wallpaper: One Piece, Edward Newgate, Gol D. Roger | Wallpaper Flare

Terdengar familiar? Nama ‘Ace’ yang menjadi nama pedang Roger sama persis dengan nama anak kandungnya, Portgas D. Ace. Roger sebelumnya mengatakan bahwa dia akan menamai anaknya Ace jika anak tersebut adalah laki-laki. Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah apakah memang nama pedangnya memberikan pengaruh besar terhadap pemberian nama anaknya.

Hal ini bisa membantah teori yang berkembang sebelumnya di kalangan para fans, yang menyebutkan bahwa pedang yang dimiliki oleh Roger adalah pedang yang digunakan oleh Shanks saat ini. Nama pedang Shanks sendiri berbeda, Gryphon. Meskipun sekilas mirip, pedang milik Shanks memiliki ukuran lebih panjang dibandingkan milik Roger.

Selain itu, hal ini juga mengingatkan kita akan sosok Blackbeard, yang menamai nama kapalnya Saber of Xebec yang bisa jadi juga diambil dari nama Rocks D. Xebec. Meskipun fakta ini menarik, mungkin Oda sebaiknya mengungkapkan hal ini di ceritanya. Kita nantikan saja informasi lainnya dari Oda Sensei terkait Roger dan masa lalunya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.