Sebagian fans dari One Piece beranggapan bahwa Shanks tidak memiliki kekuatan yang setara dengan Big Mom. Hal ini dikarenakan nilai buruannya yang cukup jauh berbeda dengan Big Mom dan Kaido. Namun, benarkah demikian? Shanks merupakan salah satu bajak laut yang populer di seri ini, dan juga merupakan salah satu dari empat kaisar lautan alias Yonko.

Nilai buruan dari Shanks sendiri adalah 4,048,900,000 Belly. Sedangkan Big Mom sendiri nilai buruannya 4,388,000,000 Belly dan Kaido 4,611,100,000 Belly. Nilainya memang cukup jauh berbeda. Selain nilai buruan yang lebih rendah dibandingkan Big Mom dan Kaido, yang juga menjadi pertanyaan adalah mengapa sosok Shanks memiliki nilai buruan terlepas dari reputasinya selama ini?

Seperti yang kita ketahui jika umumnya pihak angkatan laut dan pemerintah dunia begitu membenci bajak laut, mereka justru sangat menghormati sosok Shanks. Bahkan, di salah satu chapter kita sempat melihat bagaimana Shanks pergi ke Mary Geoise dan berbicara kepada lima tetua bintang. Shanks disambut begitu hangat seolah dia merupakan tamu dan juga seolah memang Shanks memiliki reputasi yang cukup tinggi.

Sampai sejauh ini memang masih menjadi sebuah misteri yang besar mengapa Shanks begitu dihormati. Banyak fans yang kemudian berteori tentang hal tersebut. Salah satu teori yang berkembang di kalangan para fans adalah bahwa Shanks merupakan keturunan kaum naga langit. Teori tersebut menyebutkan bahwa Shanks merupakan salah satu kaum naga langit yang memutuskan untuk “berbeda.”

Seperti yang kita ketahui, kaum naga langit dikenal sebagai sosok yang arogan, egois, selalu memandang rendah orang lain. Tetapi, dari sekian banyak kaum naga langit yang banyak mendapatkan tanggapan negatif tersebut ada beberapa dari mereka yang justru memiliki sifat sebaliknya. Mereka justru tidak nyaman dengan hidup seperti itu dan memutuskan untuk berbeda dari yang lain.

Contohnya adalah Mjosgard yang memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise. Dan ada juga kaum naga langit yang memutuskan untuk berada di pihak “sebrang” dari angkatan laut. Mereka memutuskan menjadi seorang bajak laut demi meraih kebebasan, dan bisa jadi salah satunya adalah Shanks. Lalu, kembali, mengapa Shanks memiliki nilai buruan?

Dengan keputusan Shanks untuk menjadi seorang bajak laut, maka artinya ada resiko yang harus dia terima. Salah satunya adalah memiliki nilai buruan yang dibuat Pemerintah Dunia. Lagi-lagi kita pun masih belum tahu bagaimana sejarah dari kelompok bajak laut Rambut Merah. Namun, kemungkinan besar mereka tidak melakukan kejahatan atau hal mengerikan lainnya seperti bajak laut lain.

Seperti yang pernah dibahas di artikel lain, nilai buruan seseorang memang ditentukan oleh kekuatan. Tetapi, itu bukanlah faktor utama. Ada faktor lainnya yang menentukan seperti seberapa besar mereka menjadi ancaman bagi pemerintah, seberapa besar pengaruhnya terhadap dunia, bagaimana pengaruhnya, seberapa besar sekutunya, dan lain-lain.

Shanks memang tidak sering melakukan tindakan mengerikan atau kegiatan melanggar hukum menurut pendapat pihak angkatan laut. Namun, bisa jadi nilai buruan tersebut bisa setara dengan para Yonko adalah karena sejarah masa lalu Shanks. Shanks sempat menjadi bagian dari kru bajak laut Roger, yang mana bagi pihak angkatan laut, kelompok Roger adalah sebuah aib.

When was it first shown that Shanks was in XXX's crew? - Anime & Manga Stack Exchange

Mereka berusaha menumpas sisa-sisa dari kelompok bajak laut Roger, contohnya membunuh Ace atau memburu sosok Rayleigh. Namun, mengapa tidak dengan Shanks? Seperti dijelaskan di atas, ada kemungkinan bahwa Shanks memiliki reputasi tinggi di kalangan Gorosei atau Pemerintah Dunia. Bisa juga karena Shanks sebenarnya merupakan keturunan atau bagian dari kaum naga langit.

Kemungkinan lainnya, yang juga menjadi salah satu teori yang banyak berkembang, adalah Shanks merupakan sosok yang ditunjuk oleh pihak Pemerintah Dunia. Seperti halnya para Shichibukai, Shanks mungkin ditunjuk langsung oleh Pemerintah Dunia untuk menjadi bagian dari mereka. Untuk tujuan apa? Dalam teorinya disebutkan bahwa mungkin Shanks ditugaskan untuk menjaga Laugh Tale. Bisa jadi juga sebenarnya Shanks memiliki niat lain – yang masih ada kaitannya dengan Pemerintah Dunia.

Jadi, kesimpulannya adalah Shanks memiliki nilai buruan karena pada dasarnya dia adalah bajak laut. Dia memutuskan untuk menjadi bajak laut, yang mana bajak laut merupakan musuh bagi Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Tetapi, meskipun Shanks memiliki nilai buruan dan dianggap bajak laut, pihak Pemerintah Dunia sepertinya masih menaruh hormat terhadap Shanks, yang mana masih belum kita ketahui apa alasannya. Kita nantikan saja ya Geeks mungkin Oda Sensei akan menjelaskan lebih lanjut tentang Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.