Kemunculan sosok ibu dalam cerita One Piece merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi. Sebagian fans berpendapat bahwa Eiichiro Oda sepertinya tidak terlalu suka menghadirkan sosok atau peran ibu dalam cerita One Piece. Memang bukan tanpa sebab, karena hampir setiap karakter ibu diperlihatkan tewas atau tidak diketahui keberadaanya. Contoh yang paling nyata adalah informasi mengenai ibu dari Luffy.

Kita tahu bahwa Luffy merupakan anak dari Monkey D. Dragon dan cucu dari Monkey D. Garp. Kita juga tahu bahwa sedari kecil, Luffy sudah dibesarkan oleh sosok Dadan, di bawah pengawasan kakeknya. Dadan juga adalah orang yang membesarkan karakter lain seperti Sabo dan juga Ace. Mereka kemudian menjalin hubungan mendalam yang pada akhirnya membuat ketiganya menjadi saudara.

Dadan sendiri tidak pernah membicarakan mengenai ibu dari Luffy. Namun, beberapa waktu yang lalu hal mengenai ibu dari Luffy ini sempat dibahas oleh Oda Sensei. Pengisi suara Luffy dalam versi animenya, Mayumi Tanaka, sempat bertanya kepada Oda Sensei mengenai apa alasan sosok ibu Luffy tidak muncul dalam cerita. Menurut Oda, hal itu tidak ada kaitannya dengan cerita sehingga dia memutuskan untuk tidak menghadirkan sosok ibu Luffy.

Kesamaan Dalam Diri Luffy dan Roger Yang Tidak Disadari! | Greenscene

Berbicara mengenai sosok ibu Luffy, terdapat sebuah teori menarik yang sempat beredar di kalangan para fans One Piece. Dalam teorinya disebutkan bahwa ada kemungkinan jika ibu dari Luffy merupakan adik dari Gol D. Roger. Teorinya sendiri memiliki beberapa poin pendukung. Salah satu alasan yang paling di-highlight adalah adanya kemiripan antara sosok Gol D. Roger dan juga Monkey D. Luffy.

Harus diakui bahwa secara desain karakter, sosok Luffy memiliki kemiripan dengan Roger. Mulai dari wajahnya, bagaimana dia tersenyum, rambutnya, menggunakan topi jerami yang sama, memiliki tekad yang sama, mimpi yang sama, dan masih banyak lagi. Keduanya memiliki banyak sekali kesamaan dalam berbagai hal. Logikanya, seharusnya wajah Luffy lebih mirip dengan sosok Dragon atau Garp. Tetapi, justru yang terjadi adalah sebaliknya.

Geeks mungkin bertanya, bukankah Oda Sensei senang akan sebuah paralel dari sesuatu? Memang, ada kemungkinan juga bahwa kemiripan tersebut merupakan bagian dari paralel yang dimaksud. Namun, bisa jadi juga ada koneksi tersembunyi yang belum Oda Sensei sampaikan. Mengingat Luffy bukan anak dari Roger, namun mereka memiliki kemiripan, lalu apa yang terjadi? Bisa jadi ada sebuah hubungan biologis/keluarga antara Roger dan juga Luffy, melalui perantara ibunya, yang mana ibu Luffy adalah adik dari Roger.

Cintanna — Luffy's Mother theory

Apa yang terjadi kemudian adalah Roger mengatakan semua yang dia ketahui dan pelajari tentang abad yang hilang dan kerajaan kuno kepada Monkey D. Dragon. Inilah yang kemudian dianggap menjadi salah satu alasan Dragon kemudian membentuk Pasukan Revolusi, dan berusaha untuk menggulingkan Pemerintah Dunia. Ketika ibu Luffy hendak melahirkan, Dragon sudah mempersiapkan semua rencana untuk Pasukan Revolusi.

Kemudian ketika pihak Pemerintah Dunia memutuskan untuk menangkap keluarga Dragon, istri dari Dragon sudah sadar peristiwa tersebut akan terjadi, sehingga dia pun memutuskan untuk menitipkan anaknya kepada Garp. Tujuannya tentu untuk membesarkan Luffy dan melindunginya. Atau bisa jadi juga Dragon yang menitipkan Luffy kepada Garp, sedangkan nasib dari istrinya sendiri masih belum diketahui.

Mungkin inilah alasan mengapa kemudian sampai saat ini keberadaan ibu dari Luffy masih misterius. Bisa jadi sosoknya sudah tewas akibat dibunuh oleh pihak Pemerintah Dunia. Bisa jadi juga, sosoknya masih hidup sampai saat ini hanya saja keberadaanya disembunyikan atau dikurung. Teori mengenai ibu dari Luffy adalah adik dari Roger bisa kemudian menjelaskan dua hal.

Spoiler Anime One Piece Episode 958: Kilas Balik Insiden Lembah Dewa, Pertempuran Garp vs Roger - Kabar Lumajang

Pertama, ada kemungkinan bahwa alasan Garp mau menjaga dan merawat Ace, meskipun mereka musuh, adalah karena sebenarnya mereka terikat oleh tali keluarga. Selain karena alasan bahwa anak-anak tidak bisa menanggung dosa orang tuanya, Garp pun setuju merawat Ace karena pada dasarnya itu adalah bagian dari keluarganya, seperti halnya Luffy.

Kedua, terbentuknya Pasukan Revolusi. Seperti disebutkan di atas, bisa jadi Roger yang menjadi “dalang” terbentuknya Pasukan Revolusi. Di sisi lain, ini merupakan salah satu cara Dragon untuk membalas dendam atas apa yang terjadi kepada istrinya – dan Roger. Bagaimaan menurut kalian Geeks? Apakah kalian setuju dengan teori tersebut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.