Menjadi seorang ahli pedang adalah impian terbesar dari Roronoa Zoro yang saat ini masih coba dia wujudkan bersama Luffy, dan kru Topi Jerami. Dalam cerita One Piece, memang ada banyak sekali karakter yang menggunakan pedang sebagai senjata mereka. Mulai dari bajak laut biasa sampai angkatan laut, semuanya ada yang menggunakan pedang.

Meskipun begitu, tidak semua dari mereka mampu menggunakan pedang secara baik. Sebagian diantaranya mampu memaksimalkan potensi mereka untuk menggunakan pedang dan menjadi yang terbaik. Ketika seseorang memegang sebuah pedang, tidak serta merta membuat orang tersebut bisa disebut sebagai ahli pedang sejati. Ada hal yang lebih kompleks dari apa yang sudah diperlihatkan sejauh ini.

Hal tersebut juga bisa menjadi alasan untuk menjelaskan mengapa Kaido dan Big Mom, terlepas dari kekuatan mereka yang luar biasa, tidak akan mampu menandingi kemampuan dari sosok “Ahli Pedang Terbaik di Dunia.” Ada banyak petunjuk tentang menjadi sosok ahli pedang terbaik. Contohnya adalah ketika Zoro bertemu dengan Dracule Mihawk.

One Piece General Discussion: Wano Kuni | VS Battles Wiki Forum

Saat Zoro bertanya tentang Yoru, Mihawk mengatakan bahwa tidak ada kekuatan dalam sebuah pedang tanpa kelembutan. Kemudian Koushiro juga pernah menyebutkan pendapatannya tentang menjadi ahli pedang sejati. Menurutnya, ahli pedang sejati bukan tentang kemampuan seseorang untuk bisa memotong besi, melainkan tentang kekuatan untuk melindungi dan bisa menentukan apa yang seharusnya bisa dipotong.

Menurut Koushiro juga, pedang yang melukai apa yang disentuhnya bukanlah sebuah pedang. Referensi lainnya pun kemudian dihadirkan di Wano ketika Luffy berada di penjara Udon. Sejauh ini memang tidak ada informasi yang cukup tentang apa yang sebenarnya membuat seseorang bisa menjadi ahli pedang terbaik di dunia, tetapi bisa dipastikan bahwa menjadi seorang ahli pedang bukanlah seperti Kaido yang menggunakan pedang dan kemudian mengayunkannya sampai musuhnya tewas.

Discussion - Haki Thread | Page 28 | MangaHelpers

Ada hal lainnya yang juga terlibat di sini, terdapat sebuah “ide” yang bisa menentukan tentang apakah seseorang tahu dan tidak menjadi seorang ahli pedang, apa yang kemudian membuat dia bisa dianggap sebagai ahli pedang, dan sebagainya. Jadi, setelah penjelasan di atas, pertanyaan besarnya kemudian apa yang membuat seseorang bisa disebut sebagai ahli pedang?

Dari apa yang diketahui sejauh ini, seorang ahli pedang sejati mesti memiliki kecerdasan atau kemahiran (finesse). Sosok tersebut juga harus memiliki kekuatan yang cukup untuk bisa melindungi orang lain dan juga bertahan dari berbagai serangan atau musuh yang datang. Pedangnya pun harus bisa menjadi sebuah pedang yang tidak bisa dihancurkan, dengan cara mengubahnya dan menempanya menjadi sebuah pedang hitam (black blade).

ONE PIECE, CHAPTER 1023 – SPITTING IMAGE - One Piece Manga Online

Hanya mereka yang memang benar-benar merupakan ahli pedang sejati yang kemudian bisa memegang gelar “Ahli Pedang Terbaik/Terkuat di Dunia.” Sejauh ini, sosok Roronoa Zoro sudah memperlihatkan dua hal yang menjadi syarat untuk bisa menjadi ahli pedang sejati. Dia memiliki kecerdasan dan teknik, Zoro juga memiliki kemampuan untuk bisa melindungi orang lain dan bertahan dari serangan musuh.

Meskipun belum ada konfirmasi resmi, tetapi ada kemungkinan bahwa persyaratan ketiga akan terjadi saat ini di Wano. Banyak teori yang menyebutkan bahwa Zoro akan membuat pedang Enma menjadi pedang hitam ketika semua yang terjadi di Wano selesai. Dan ketika Zoro pergi meninggalkan Wano, Zoro sudah satu langkah lebih siap untuk bisa menghadapi Dracule Mihawk, sosok ahli pedang terbaik yang memang menjadi incaran dari Zoro. Sanggupkan Zoro melakukannya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.