Seperti yang sudah kita ketahui Karma adalah sebuah kekuatan yang bisa digunakan oleh anggota klan Otsutsuki. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki bisa menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari tubuh mereka. Segel tersebut mengandung data biologis dari sosok Otsutsuki tersebut, dan bertindak sebagai “data cadangan” jika suatu saat mereka terluka parah atau tewas dalam pertempuran.

Biasanya, seorang Otsutsuki sudah menentukan pilihannya untuk siapapun yang kemudian akan menjadi wadahnya atau akan diberikan kemampuan Karma. Namun, dalam kasus tertentu seperti Isshiki Otsutsuki, seperti yang dijelaskan Amado, Isshiki melakukannya dengan sangat terpaksa kepada Jigen karena dialah satu-satunya orang saat itu yang melintas di depannya. Kondisi Isshiki sendiri saat itu dalam keadaan sekarat.

Kekuatan Karma memberikan peningkatan tenaga, kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat kepada orang yang sudah terhubung dengan kekuatan ini. Namun di sisi lain, ada efek yang ditimbulkan dari hal tersebut yaitu perlahan namun pasti jika segel Karma tersebut terlalu lama menyatu dengan wadahnya maka tubuh orang tersebut akan kehilangan kendali dan akan menjadi sepenuhnya milik Otsutsuki tersebut.

Ternyata ada sebuah alasan besar di balik mengapa segel Karma bisa memberikan peningkatan yang sangat luar biasa dalam hal kekuatan terhadap wadah mereka. Hal ini diketahui dalam chapter terbaru Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapter 62, diperlihatkan bagaimana Boruto pada akhirnya ikut bertarung melawan Code demi membantu dan menyelamatkan Kawaki.

Tetapi, seperti yang sudah diduga sebelumnya oleh Kawaki, kemampuan dari sosok Boruto tidak cukup mampu untuk bisa menghadapi Code. Boruto terlalu lemah untuk bisa menandingi kekuatan Code. Di sisi lain, dalam pertarungannya melawan Boruto, Code sendiri menyadari siapa Boruto. Selain itu, Code pun menyadari bagaimana Boruto kurang mahir dalam menggunakan segel Karma miliknya.

Code sendiri melanjutkan pertarungannya dengan Boruto, sambil melihat bagaimana Boruto tidak bisa memanfaatkan dengan maksimal segel Karma Momoshiki dalam dirinya. Pada akhirnya, Code pun menjelaskan sebuah rahasia besar tentang Karma. Dia menjelaskan mengapa segel Karma bisa memberikan peningkatan kekuatan yang sangat dahsyat kepada tubuh penggunanya.

Menurut Code, ketika seseorang mengaktifkan segel Karma memang bisa meningkatkan kekuatan, stamina, tenaga, atau kemampuan fisik lainnya. Tetapi, bukan itu inti dari segel Karma. Terlalu mengandalkan hal tersebut tidak akan bisa membuat kemampuan segel Karma berada dalam puncak kekuatannya. Code lanjut menjelaskan bahwa ada “poin utama” dari kemampuan segel Karma, yaitu pengalaman bertarung.

Ternyata, yang menjadi inti dari segel Karma – selain data-data mengenai sosok Otsutsuki – adalah pengalaman bertarung dari klan Otsutsuki. Seperti yang kita ketahui, klan Otsutsuki sudah hidup ribuan tahun. Mereka semua bisa dibilang adalah makhluk abadi. Inilah salah satu alasan mengapa Code kemudian memuja mereka dan memandang mereka sebagai tuhan.

Dengan momen bertarung dari para Otsutsuki tersebut yang tentunya sudah tidak terhitung jumlahnya, kemudian momen tersebut berubah menjadi sebuah pengalaman dalam diri Otsutsuki. Dan pengalaman tersebut tertanam di dalam otak dan tubuhnya. Ketika ada seseorang menjadi wadah bagi Otsutsuki dan memiliki segel Karma, artinya orang tersebut bisa memanfaatkan pengalaman bertarung dari Otsutsuki tersebut.

Itulah kemudian yang menjadi alasan mengapa pengguna segel Karma bisa bertambah kuat. Dengan kata lain, mereka akan berubah menjadi sosok yang luar biasa, petarung handal, ketika Karma tersebut diaktifkan. Hal itu dikarenakan orang tersebut mengakses pengalaman bertarung dari sang Otsutsuki, dengan catatan orang yang mengakses kekuatan segel Karma tersebut mampu menggunakan kemampuannya dengan baik, dengan menggunakannya 100 %.

Ini tentunya menjadi sebuah fakta baru yang berkaitan dengan Karma. Seperti yang mungkin Geeks pahami, selama ini para fans masih dibuat penasaran dengan Karma. Meskipun ada beberapa penjelasan yang muncul dalam ceritanya, seperti penjelasan mengenai data-data Otsutsuki oleh Amado, namun para fans tetap penasaran tentang kekuatan dari Karma.