Transformers adalah ras robot yang umumnya terbagi menjadi dua kelompok, Autobots dan Decepticons. Masing-masing dari kelompok tersebut memegang teguh prinsipnya, Autobots dengan perjuangannya untuk melindungi alam semseta, dan Decepticons dengan upayanya untuk menaklukan alam semesta. Setiap kelompok Transformers dipimpin oleh robot kuat, di mana para anggotanya sangat menghormati dan menuruti semua perintahnya. Namun, dalam berbagai kisah Transformers, ada juga robot-robot yang justru memilih untuk membelot dan melawan mantan pemimpinnya. Berikut 10 robot Transformers pengkhianat!

Drift Menjadi Autobots

Drift sebenarnya sejak awal bukan lah Autobots, dia adalah robot Decepticons bernama Deadlock. Namun, dijelaskan di komik All Hail Megatron Karya penulis Shane McCarthy, bahwa pada akhirnya Deadlock memilih untuk bergabung dengan Autobots karena beberapa kejadian dan mengganti namanya menjadi Drift. Drift adalah robot samurai yang sangat ahli dalam pertarungan jarak dekat. Selain dua pedang yang disimpan di sarung pinggangnya, Drift juga membawa pedang besar yang menyedot energi penggunanya. Karena itu Drift hanya menggunakan pedang tersebut hanya untuk keadaan darurat.

Jetfire Menjadi Autobots

Mempunyai nama asli Skyfire, robot ini awalnya adalah seorang Decepticons yang merupakan sahabat dari Decepticons Starscream. Di kartun Transformers, diceritakan bahwa Skyfire hilang di Bumi pada jutaan tahun yang lalu. Walaupun dia ditemukan kembali oleh Decepticons, pada akhirnya dia tahu bahwa Autobots adalah tempat ternyaman baginya. Setelah bergabung dengan Autobots, Skyfire mengganti namanya menjadi Jetfire, dan menjadi Autobots pertama yang bisa terbang. Selain bisa terbang, Jetfire juga terkenal karena pistol cannon-nya yang sangat kuat.

Knock Out Menjadi Autobots

Sebagai robot medis Decepticons yang sangat hebat, Knock Out adalah robot yang licik dan sombong. Namun semuanya berubah ketika Megatron merasa kemampuan medis Knock Out sangat tidak cocok dengan Decepticons yang seharusnya kuat dalam pertarungan, bukan penyembuhan. Pertama kali diperkenalkan di serial animasi Transformers: Prime, Knock Out berjuang untuk menjadi Decepticons yang diakui, tetapi tidak pernah berhasil. Sampai akhirnya ketika dibebastugaskan oleh Strascream, Knock Out langsung membenci Decepticons dan bergabung Autobots, di mana dia lebih dihargai.

Megatron Menjadi Autobots

Siapa yang tidak mengenal Megatron? Dia adalah pemimpin Decepticons yang terkenal bengis. Siapa sangka ternyata dia pernah berada di tim protagonis Autobots. Kisahnya diceritakan di komik Dark Cybertron karya James Roberts dan John Barber pada tahun 2014. Bumblebee dan Ratchet berhasil meyakinkan Megatron bahwa yang selama ini dilakukan oleh Decepticons justru telah menindas sesama robot Transformers. Megatron yang sadar kemudian menjadi seorang Autobots. Masuknya dia menjadi Autobots benar-benar menambah kekuatan tempur pasukan Optimus Prime.

Starscream Menjadi Autobots

Sama seperti Megatron, robot terpenting kedua di Decepticons ini sejak awal sangat membenci Autobots. Namun, karakter favorit penggemar ini akhirnya mendapat penebusan di serial kartun Transformers: Armada (2002). Sebagai robot yang terkenal egois dan jahat, Starscream hadir sebagai robot berhati baik yang mencoba untuk bergabung dengan Autobots. Sementara dia berhasil berteman dengan manusia bernama Alexis, dia justru gagal untuk berbaur dengan Autobots dan kembali ke Decepticons. Namun, pada akhirnya Starscream melakukan pengorbanan heroik saat para Transformers melawan Unicron.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.