Artikel ini Mengandung Spoiler Film Eternals!

Thanos adalah “Big Bad Villain” Marvel Cinematic Universe dari mulai Fase pertama sampai Fase ketiga. Kehadirannya sudah lama disinggung sejak awal-awal film MCU, termasuk film The Avengers (2012), saat Loki menyerang kota New York dengan pasukan yang “dipinjamkan” Thanos. Sejak saat itu dia terus muncul di film-film MCU lainnya, seperti Guardians of the Galaxy (2014) dan Avengers: Age of Ultron (2015). Thanos akhirnya unjuk kekuatannya di Avengers: Infinity Wars (2018), di mana dia berhasil mengumpulkan Infinity Stones dan memusnahkan setengah populasi kehidupan di alam semesta.

Sementara Thanos di timeline utama akhirnya mati dipenggal oleh Thor di film Avengers: Endgame (2019), begitu juga dengan Thanos dari timeline lain yang akhirnya musnah karena jentikan jari Iron Man, Arc Infinity Saga berakhir dengan absennya Thanos beserta semua pengikutnya. Namun, apakah hal itu akan berlaku untuk selamanya? Menariknya, baru-baru ini terungkap bahwa di film Eternals yang akan datang, muncul satu karakter yang bisa membangkitkan Thanos, seperti kisah di Marvel Comics. Karakter tersebut adalah Eros yang diperankan oleh bintang pop Harry Styles.

Seperti yang sudah lama kita tahu, Thanos sebenarnya adalah keturunan Eternals dari Planet Titan. Dia adalah anak Eternal A’Lars dan Sui San. Walaupun kisah latar belakangnya ini tidak disinggung secara langsung, pada akhirnya semua penggemar tahu bahwa ada darah Eternals mengalir dalam darah Thanos. Menariknya, di Marvel Comics ternyata Thanos mempunyai saudara yang bernama Eros. Eros sama sekali tidak mirip seperti Thanos, dia justru mempunyai sifat yang lebih peduli pada alam semesta, tidak seperti Thanos yang sangat ingin memusnahkan setengah kehidupan alam semesta.

Kisah kebangkitan Thanos oleh Eros ini diceritakan di komik Guardians of the Galaxy karya Donny Cates, yang dirilis sebanyak 12 episode pada tahun 2019-2020. Setelah Thanos sempat dibunuh oleh Gamora, Eros alias Starfox menemukan fakta bahwa Thanos akan dibangkitkan kembali. Mengetahui fakta mengerikan tersebut, dia kemudian membentuk tim Dark Guardians bersama Nebula, Rider, Gladiator, dan Wraith, untuk mencegah kebangkitan Thanos. Dark Guardians percaya bahwa tubuh Gamora membawa jiwa Thanos, dan akan sangat berbahaya jika Gamora mendekati jasad asli Thanos di Knowhere.

Sementara para Dark Guardians berusaha untuk membunuh Gamora agar Thanos tidak bangkit, ternyata terungkap bahwa Eros lah yang sebenarnya dibutuhkan untuk kebangkitan Thanos. Kabar mengejutkan ini diungkap oleh Hela saat pertempuran terakhir di Knowhere, di mana Eros juga baru pertama kali mendengar kabar tersebut. Setelah terlibat dalam pertempuran besar, akhirnya Gamora terpaksa membunuh Eros. Gamora kemudian meminta maaf kepada pamannya tersebut. Namun, kematian Eros justru mengarah pada lahirnya Thanos dengan pikiran yang dipenuhi kesedihan.

Kisah kebangkitan ini bisa saja terjadi di MCU, mengingat jasad Thanos utama mungkin saja masih ada, atau bahkan sudah ada yang menyimpannya di suatu tempat. Tinggal menunggu waktu sampai Eros mendekati jasad Thanos tersebut, dan akhirnya Thanos bangkit. Mungkin penggemar sudah merasa cukup dengan Kang the Conqueror sebagai “Big Bad Villain” MCU yang baru, tetapi kehadiran Thanos bisa membuat cerita kedepannya makin menarik. Misalnya, Thanos digambarkan menjadi sosok yang bertobat setelah melihat upaya Avengers menyelamatkan universe.

Jika jasad Thanos ada di Knowhere versi MCU, berarti semua fondasi kebangkitan Thanos telah tersedia. Namun, perlu dicatat juga bahwa Eros muncul di adegan pasca-kredit Eternals, sehingga mungkin waktunya terlalu singkat untuk menceritakan kebangkitan Thanos. Bisa saja kisah kebangkitan Thanos ini diceritakan di sekuel Eternals pada masa depan MCU. Kemunculan Thanos di serial animasi What If…? baru-baru ini, membuktikan bahwa masih ada ruang bagi Thanos di MCU dan juga di hati penggemar.

Atau jika pada akhirnya Thanos memang tidak pernah dibangkitkan, dan Eros terus melanjutkan kisahnya di MCU. Tampaknya hal itu juga bukan ide yang buruk, mengingat Eros adalah karakter yang menarik untuk dieksplorasi. Di Marvel Comics, Eros adalah salah satu anggota dari Avengers. Sehingga di MCU masih banyak ruang untuk Eros, termasuk di tim Avengers berikutnya. Bagaimana pun kedepannya, pada akhirnya semua kembali lagi pada Presiden Marvel Studios Kevin Feige bersama timnya di Marvel Studios. Yang paling penting, keduanya merupakan teori yang menarik untuk masa depan MCU.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.